Semua yang Anda Perlu Ketahui Tentang Ruang Server

neuCentrIX - 30/11/2022 10:00

Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan ruang server di tiap perusahaan atau organisasi yang berinvestasi pada teknologi. Hal tersebut perlu dipertimbangkan jika bisnis Anda belum memiliki ruang tersebut.

Mungkin Anda masih awam mengenai hal ini dan tidak tahu cara kerja ruangan tersebut. Anda juga mungkin belum paham bagaimana perkembangan teknologi perusahaan bisa terkena dampak positif karenanya.

Dengan demikian, di artikel ini, Anda akan mengerti segala hal tentang ruang server. Mari kita mulai dari pengertiannya.

Apa itu Ruang Server?
Ruang server merupakan bagian penting dalam bangunan suatu perusahaan atau organisasi yang di dalamnya terdapat perangkat keras yang penting pula seperti server dan komputer. Fitur dan peralatan di ruangan ini memungkinkan bisnis Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Ruangan ini sangat penting dan hanya beberapa pegawai yang memiliki akses untuk masuk. Pada ruangan ini juga data penting sebagian besar organisasi disimpan. Disini terdapat banyak komputer dan koneksi jaringan guna menjaga semuanya terkontrol dengan pengguna lainnya.

Peralatan Apa yang Ada di Ruang Server?
Apa yang perusahaan Anda akan tangani bergantung pada kebutuhan bisnisnya. Ketika Anda membangun ruangan server yang layak, yang harus diingat adalah hanya ada beberapa barang yang boleh masuk ke dalamnya. Ruang server yang lengkap memiliki beberapa item berikut:

1. Server Komputer
Di dalam rak server, komponen utamanya adalah server fisik. Anda bisa memiliki server yang berdiri sendiri, server virtual, atau server blade. Masing-masing jenis server berperan penting di jaringan dan perlindungan data perusahaan Anda.
2. Rak Server
Peralatan ini berguna untuk meletakkan server, router, kabel dan saklar. Tergantung pada jenisnya yang berbeda, rak server melindungi perangkat keras dan mengatur panas ruang server.
3. Saklar dan Router
Pegawai dan pelanggan Anda akan menikmati aliran data yang lancar di dalam dan luar ruang server. Kualitas dan kecepatan jaringan Anda berbagi dengan router yang Anda gunakan.
4. Bermacam-macam Kabel
Tanpa sistem pengkabelan yang rapi dan layak, maka ruang server tidaklah lengkap. Jadi, kabel melengkapi fungsi router. Agar transmisi data semakin cepat, Anda bisa menggunakan CAT-5 atau kabel serat optik.
5. Alat Pengelolaan Kabel
Terkadang, Anda bisa saja kurang terampil dalam pengkabelan yang layak. Maka dari itu, agar bisa menempatkan kabel-kabel di port dan dengan bentuk yang benar, Anda perlu berinvestasi di alat pengelola kabel seperti resleting dan lubang tali.

Aspek Rancangan Unik Ruang Server
Ruang server yang beragam membedakan fitur yang ada di dalamnya. Berikut beberapa item tertentu yang harus dipastikan oleh server bahwa item tersebut bekerja dengan baik.

1. Aliran Udara yang Lancar
Ruang server harus memiliki aerasi yang tepat di setiap detiknya. Mesinnya menghasilkan panas karena menopang pengguna di jaringan. Jika aliran udaranya lancar, maka kemungkinan besar suhunya tidak akan merusak perangkat keras.

2. Pemeliharaan Lingkungan yang Aman
Selain memastikan ruangan memiliki ventilasi yang layak, gunakan sensor panas dan kelembaban. Agar teknologi menjadi semakin baik, Internet of Things (IoT) memungkinkan perkembangan peralatan ini.
Alat-alat ini bisa mendeteksi panas ruangan dan perubahan kelembaban yang tak normal yang bisa merusak server. Anda bisa mengambil tindakan pencegahan yang benar dengan tepat waktu setelah adanya peringatan.

3. Pengelolaan Kabel yang Ideal
Pengkabelan yang rapi membuat ruangan tampak indah dan aman. Memperbaiki kabel ke port yang benar bisa mendeteksi kerusakan lebih cepat.

4. Power Distribution Unit (PDU)
Agar bisa berjalan dengan baik kapan saja, ruang server wajib memiliki pasokan daya yang stabil. Gunakan lonjakan listrik yang redundan guna menghindari lonjakan listrik pada server Anda. 

Mengatur Ruang Server
Ketika mengatur ruang server Anda, terlebih dahulu pertimbangakan keamanan mesin dan operatornya. Ruang server harus memiliki level suhu dan kelembaban yang sesuai tiap saat.

Maka dari itu, untuk memperoleh level panas yang sesuai, ruang server harus memiliki pengisian angin yang baik. Jangan letakkan rak server di sebelah dinding karena kelembabannya bisa membahayakan peralatan.

Selain itu, dinding bisa menimbulkan lebih banyak panas, apalagi ketika cuaca panas. Letakkan server di ruangan yang luas agar bisa mendapatkan aliran udara yang cukup. Hal tersebut akan mengurangi panas yang dihasilkan server ketika sedang bekerja.

Keamanan di ruang server sangatlah penting. Ruangan tersebut tidak boleh diakses oleh sembarang orang. Pastikan ruang server terkunci untuk mencegah tindakan pencurian.

Pasang kamera CCTV di sekitar ruangan. Kamera CCTV memberikan sistem pengawasan 24 jam. Akan mudah melacak pelaku kriminal jika terjadi pencurian.

Jangan biarkan kabel-kabel tergeletak sembarangan di ruangan. Jika tidak, dikhawatirkan akan ada yang tersandung, menimbulkan bahaya pada pegawai serta kerusakan ruang server. Ingatlah, memindahkan server dan perangkat lain di ruangan memakan biaya yang tidak murah.

Berinvestasi pada ruang server untuk bisnis Anda sangatlah baik jika dilakukan dengan benar. Anda perlu mengatur ruang TI dengan baik agar cocok dengan server dan perangkat keras lainnya. Setiap peralatan harus terlindungi dari pencurian atau bahaya fisik. Harus ada aerasi yang tepat guna mencegah kerusakan item di dalam ruangan.

Jadi, jika Anda ingin memiliki ruangan server yang bagus dan stabil atau jika Anda ingin meningkatkan ruang server yang Anda punya sekarang, silahkan lihat paket neuCentrIX kami. Anda akan menikmati paket data center untuk kolokasi di ruang IT dan juga paket penyedia operator.