CDN untuk Streaming Secara Langsung

neuCentrIX - 15/08/2022 10:00

Para konten kreator menghabiskan banyak waktu mencoba membuat konten yang baik untuk pengikut mereka. Namun, harus ada beberapa perencanaan kritis yang mengarah pada penyampaian konten kepada penonton. Tentu saja tiap pemilik konten ingin kontennya ditonton oleh banyak orang. Disinilah content delivery networks (CDNs) berperan.

Ketika tersedia banyak solusi untuk streaming langsung, penyedia streaming harus mempertimbangkan elemen teknis untuk memaksimalkan pengalaman penyiarannya. Silahkan baca artikel ini karena kami mengungkap lebih banyak tentang CDNs, cara kerjanya dan mengapa Anda harus menggunakannya untuk pengalaman video streaming.

Apa itu CDN?

Sebuah Content Delivery Network (CDN) adalah serangkaian server yang terdistribusi secara geografis untuk membantu mengirimkan file media. Jarak fisik antara penyedia streaming dan server file ketika streaming video mempengaruhi waktu pengiriman konten layar.

Distribusi data center di seluruh dunia bekerja dengan baik dalam mengurangi waktu bandwidth dan meningkatkan kecepatan pengiriman. Hal ini berguna bagi semua pengguna tanpa mempedulikan jarak dekat ke server pusat. Agar hal ini berjalan, data center menggunakan sistem caching yang menyimpan salinan file di server yang dekat dengan pengguna – yang mempercepat waktu loading.

Bagaimana Video CDN Bekerja?

CDNs mengirim konten dengan berbagai macam bentuk – termasuk gambar, video, teks dan masih banyak lagi. Namun, CDN lebih terkenal karena mendistribusikan file besar.

CDN memanfaatkan koneksi streaming langsung yang tersebar luas untuk konten. Pada kasus ini, ketika pengguna meminta konten, mereka diarahkan ke server yang terdekat dengan mereka – juga disebut dengan “server edge”. Menggunakan alamat IP penonton, CDN mengarahkan, server mana yang akan mereka tuju.

Pengguna yang jauh dari server-server ini berpotensi mengalami latensi yang lebih tinggi. Namun, dengan CDN kelas atas, penonton bisa mendapatkan streaming video langsung dengan kualitas tinggi serta sedikit buffering.

Kecepatan streaming ditentukan oleh faktor selain kecepatan koneksi internet. Contohnya, kecepatan dipengaruhi oleh jumlah server yang video lalui sebelum sampai ke penonton. Selain itu, ketika data di-host di server yang lebih lama atau jauh, data bisa memuat lebih lama walaupun koneksi di titik akhir sangatlah kuat.

CDN yang bagus bisa merevolusi dan menyederhanakan proses unduh. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada penyediaan konten berkualitas tinggi untuk audiens.

Keuntungan Menggunakan CDN Video untuk Streaming

Hampir semua platform konten membutuhkan CDNs untuk performa yang lebih baik. Selain itu, CDNs menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk audiens Anda di seluruh dunia, dari toko online hingga situs web baru. Selain itu, terdapat beberapa keuntungan utama streaming dari CDN.

Lebih banyak keandalan: CDN bekerja dengan cara merutekan pengguna ke server terdekat menggunakan alamat IP. Hal ini membantu mengurangi banyak beban di server pusat karena terlalu banyak permintaan data. Juga meningkatkan bandwidth jaringan dan mengurangi latensi.

Kualitas video yang lebih baik: Kualitas video sangat penting ketika streaming. Dengan CDNs, waktu pulang dan pergi saat pengiriman video berkurang untuk meningkatkan kualitas.

Lebih terukur: CDNs membantu platform streaming video agar bisa menangani lebih banyak lalu lintas. Caranya dengan mengurangi buffering dan jeda waktu saat streaming – yang cocok dengan penonton.

Kesimpulannya, CDNs sangat baik baik untuk streaming dan membantu banyak dalam meningkatkan kualitas video yang diterima penonton. CDNs juga mengurangi waktu muat (loading) dan mendorong kualitas video karena singkatnya waktu pulang-pergi di antara server.