Strategi Sukses Membangun Ekosistem Internet yang Tangguh

neuCentrIX - 07/09/2021 14:16

Pandemi telah membuat gaya hidup masyarakat semakin digital dan mendorong terjadinya lonjakan penggunaan internet secara signifikan. Peningkatan mendadak ini menimbulkan konsekuensi yang tidak main-main, di antaranya beban infrastruktur internet yang menjadi lebih besar. Itulah sebabnya Internet Service Provider (ISP) modern dan penyedia lainnya mengandalkan Internet Exchange (IX) untuk melakukan manajemen lalu lintas yang lebih baik sekaligus mempertahankan efisiensi biaya. Selain itu, IX yang andal memiliki peran penting dalam menciptakan ekosistem internet yang tangguh sehingga mampu memberdayakan komunitas lokal dengan akses internet yang lebih baik dan mendorong mereka untuk menciptakan lebih banyak inovasi.

 

Setelah mengikuti sesi pleno yang diadakan oleh RWS 5 x Telkom DWS berjudul “Strategi Sukses Membangun Ekosistem Internet yang Tangguh”, mari kita ulas bagaimana cara membangun IX yang sukses.

 

Siapa Saja yang Terlibat dalam Ekosistem Internet?

 

Sebuah ekosistem internet terdiri atas beberapa pihak dengan peran yang berbeda-beda. Menurut Associate Professor Dr. Joko Suryana, Ketua Program Magister Teknik Telekomunikasi STEI ITB, ada enam pemangku kepentingan dalam ekosistem internet, mulai dari badan standar teknis yang bertanggung jawab atas pengembangan ekosistem, organisasi yang bertanggung jawab atas penamaan dan penanganan global, lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan, organisasi yang bertanggung jawab atas pendidikan dan pengembangan kapasitas, perusahaan yang menyediakan layanan infrastruktur jaringan (IX berada dalam kelima pemangku kepentingan ini), hingga individu dan organisasi yang menggunakan internet. Kelompok-kelompok ini bekerja sama untuk menumbuhkan ekosistem dan membuatnya tangguh.

 

Apa Tantangan Terbesar dari Pertumbuhan Ekosistem Internet?

 

Jumlah pengguna internet, termasuk di Indonesia, terus berkembang dengan pesat dan konstan. Dengan pertumbuhan yang seperti ini, tantangan terbesar dalam mengembangkan ekosistem internet adalah menjaganya agar tetap gesit, terukur, dan tangguh untuk dapat menangani situasi yang tidak terduga, seperti lonjakan lalu lintas internet.

 

Apa yang Dimaksud dengan Internet Exchange Point dan Apa Manfaat Apa yang Bisa Ditawarkan?

 

Menurut Bambang Wibowo, CEO PT Abhinawa Sumberdaya Asia, IX adalah lokasi yang mempertemukan dan menghubungkan para pencari lalu lintas (penyedia layanan internet, penyedia konten, dll.) dan pencari konten (pengguna akhir). Tanpa IX, salah satu pihak biasanya perlu menggunakan direct peering untuk terhubung dengan pihak lain. Namun, terlalu banyak menggunakan koneksi langsung bisa membuat berantakan. Dengan menyediakan ruang yang lebih nyaman bagi pihak-pihak tersebut bertukar lalu lintas, IX telah menjadi solusi terbaik untuk mengatasi persoalan ini.

 

IX tidak hanya menguntungkan perusahaan besar yang sudah mapan, tetapi juga bermanfaat untuk startup. IX menjamin rute data yang lebih pendek dengan latensi minimum yang dapat memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Tak hanya itu, IX juga menawarkan akses ke basis pengguna akhir yang lebih besar melalui koneksi dengan anggota IX lainnya. Kedua manfaat ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau yang penting bagi perusahaan startup.

 

Tren Apa yang Akan Memengaruhi Pertumbuhan IX?

 

Menurut penuturan Bambang, perkembangan IX dapat dilihat dari dua faktor, yaitu volume lalu lintas dan jumlah IX. Faktor pertama mengacu pada peningkatan volume lalu lintas IX yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna internet, sedangkan faktor kedua mengacu pada peningkatan jumlah IX yang tersedia.

 

Ada beberapa tren yang dapat mempengaruhi peningkatan volume lalu lintas IX. Pertama, meningkatnya gaya hidup digital dan konsumsi konten yang tidak hanya mendorong pertumbuhan jumlah pengguna, tetapi juga jumlah penyedia. Kedua, perkembangan cloud. Saat ini, cloud computing memungkinkan perusahaan kecil maupun besar mengembangkan aplikasi baru dan mengarahkan lalu lintas internet mereka dengan lebih mudah dan lebih murah. Singkatnya, dengan adanya peningkatan jumlah pengguna dan penyedia, permintaan terhadap IX juga akan meningkat sehingga jumlah IX yang tersedia juga kemungkinan meningkat.

 

Apa Faktor yang Membuat IX Sukses?

 

Muhammad Rifqi, Spesialis DC di neuCentrIX Telkom Indonesia, menyebutkan bahwa saat ini internet harus menjadi sesuatu yang umum dan sangat mudah diakses, dan keberadaan IX harus mendukung konsep ini. Berdasarkan pemikiran ini, ada dua kriteria yang dapat memengaruhi keberhasilan IX. Pertama, IX harus mendukung anggotanya melalui jaringan dan konektivitas yang kuat dan stabil — bandwidth besar, rute data pendek, lalu lintas lokal, latensi minimum, dan waktu tunggu nol. Kedua, layanan yang ditawarkan IX harus sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai jenis dan tingkatan organisasi.

 

Kualitas Apa yang Menarik Calon Anggota untuk Berinvestasi pada IX?

 

Rifqi memberikan analogi antara IX dan pasar. Untuk menarik penjual dan pembeli, pasar harus memiliki kualitas tertentu, begitu juga IX. Sebuah IX harus ditempatkan di lokasi yang strategis. IX yang terletak di area dengan basis pengguna yang besar pasti akan menarik lebih banyak pencari lalu lintas, seperti ISP dan penyedia konten. IX juga harus memberikan kenyamanan kepada anggotanya, seperti konektivitas yang kuat, ketersediaan  yang tinggi, dan aksesibilitas, untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten setiap saat .

 

Strategi Apa yang Diterapkan Telkom Indonesia untuk Menciptakan IX yang Efektif?

 

Telkom Indonesia telah menerapkan sejumlah strategi untuk membangun IX yang efektif. Pertama, IX Telkom dekat dengan para pengguna akhir. Data center neuCentrIX — tempat IX berada — mengusung konsep edge data center atau data center tepi. Daripada hanya mengandalkan satu pusat data center di satu lokasi tertentu, neuCentrIX akhirnya membangun 14 data center yang berlokasi strategis di 13 kota di seluruh negeri. Hal ini membantu memudahkan bisnis untuk menjangkau audiens lokal dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi mereka. Kedua, IX Telkom bersifat netral dan inklusif; tidak hanya memfasilitasi brand yang sudah mapan, tetapi juga dapat memfasilitasi brand yang masih baru dan berskala kecil. Bahkan, Telkom Indonesia pun bersedia memfasilitasi para kompetitor mereka.

 

Dengan strategi dan konsep yang diterapkan, IX Telkom Indonesia memainkan peran kunci sebagai katalis pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dengan menyediakan infrastruktur digital dan akses internet yang lebih baik kepada sebanyak mungkin pengguna, Telkom Indonesia juga membantu menciptakan ekosistem internet yang tangguh yang dapat memenuhi berbagai permintaan, bahkan yang paling tidak terduga sekalipun.