Bergerak Menuju Virtual Data Center

neuCentrIX - 31/12/2021 14:00

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan cloud computing. Hal ini dapat dilihat dari fakta bahwa, menurut Gartner, pengeluaran global untuk infrastruktur IT cloud diperkirakan akan mencapai $104 miliar pada tahun 2024. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh komputasi adalah data center yang tervirtualisasi.

Apa yang dimaksud dengan Virtual Data Center?
Virtual data center (VDC) adalah kumpulan komponen infrastruktur cloud (server, prosesor, memori, ruang penyimpanan, dan unit jaringan) yang dirancang khusus untuk mendukung bisnis dengan kemampuan komputasi. Pada dasarnya, VDC merupakan representasi virtual — atau jika meminjam istilah dalam rekayasa perangkat lunak merupakan abstraksi perangkat lunak — dari data center fisik, sehingga sering disebut data center yang dibentuk perangkat lunak atau berbasis perangkat lunak. Sebagai produk dari model pengiriman cloud IaaS, VDC dapat menyediakan komputasi, penyimpanan, jaringan, dan aplikasi sesuai permintaan, yang semuanya dapat diintegrasikan ke dalam infrastruktur IT yang Anda miliki dengan mudah.

VDC dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menghindari penyiapan dan menjalankan on-premise data center. Alih-alih memiliki server fisik dan semua infrastruktur terkait bisnis, Anda akan memiliki satu set server virtual yang tersedia kapan pun Anda membutuhkannya. Biasanya, Anda dapat mengakses VDC melalui internet atau VPN meskipun kompatibel dengan jaringan fisik.

Sama seperti data center fisik pada umumnya, VDC menyediakan kemampuan komputasi yang mendukung aplikasi dan aktivitas bisnis, termasuk berbagi file, aplikasi komunikasi dan kolaborasi, operasi email, produktivitas, operasional database, Big Data, CRM dan platform ERP, serta AI dan machine learning. Meskipun begitu, VDC telah dilengkapi dengan sejumlah keunggulan tambahan.

Apa saja manfaat yang ditawarkan oleh Virtual Data Center?
Jika Anda berminat menggunakan VDC di kemudian hari, Anda bisa mendapatkan lima manfaat utama berikut.

1. Efektivitas biaya
Menggunakan VDC memungkinkan Anda menghemat uang dengan cara menghilangkan kebutuhan untuk menyiapkan dan melengkapi fasilitas, menghilangkan biaya pembelian dan pemeliharaan hardware, menghilangkan biaya listrik, dan mengurangi jumlah teknisi yang diperlukan. Tak hanya itu, layanan VDC ditawarkan berdasarkan penggunaan, memungkinkan Anda untuk menambahkan sumber daya sesuai kebutuhan dan membayarnya sesuai dengan layanan yang Anda gunakan. Cara ini akan membantu Anda memperkirakan biaya operasional dengan lebih akurat dan menyusun biaya modal dengan lebih efisien.

2. Fleksibilitas dan Skalabilitas
VDC bersifat fleksibel. Anda dapat menambah dan menghapus komponen virtual dengan lebih sederhana, cepat, dan murah, memungkinkan Anda untuk meningkatkan — dan mengurangi — kebutuhan sesuai keinginan untuk memenuhi permintaan bisnis Anda. Jika bisnis Anda berkembang pesat, atau jika Anda sering mengalami fluktuasi dalam aktivitas bisnis, Anda harus mempertimbangkan VDC.

3. Penyediaan yang Cepat
VDC memungkinkan tim Anda mengimplementasikan komponen baru hanya dalam hitungan menit — bukan lagi dalam hitungan minggu atau bulan. Dengan VDC, administrator IT dapat menyiapkan server dan desktop virtual secara cepat menggunakan gambar yang telah dikonfigurasi sebelumnya, prototipe master, atau dengan mengkloning mesin virtual yang sudah ada.

4. Manajemen yang Lebih Sederhana
Jika Anda menggunakan layanan VDC, penyedia cloud akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengelolaannya. Tim Anda hanya perlu mengontrol dan melacak fitur virtual data center yang dapat dilakukan dari jarak jauh secara cepat dan real time dengan bantuan alat dan interface yang terpusat.

5. Sistem Keamanan yang Lebih Sederhana
Dengan VDC, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan fisik. Sebagian besar penyedia VDC mendukung bisnis Anda dengan berbagai layanan keamanan siber dan juga pemulihan bencana serta layanan kelangsungan bisnis. Anda juga dapat mengatur kebijakan dan pendekatan keamanan Anda sendiri sesuai kebutuhan yang lebih spesifik.

Kesimpulannya, di masa mendatang, VDC bisa menjadi cara alternatif terbaik bagi Anda untuk memanfaatkan keunggulan cloud, mulai dari biaya IT yang lebih optimal, peningkatan keamanan, hingga skalabilitas. Sebagai produk model pengiriman IaaS, VDC dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk mengadopsi cloud sebelum beralih ke layanan komputasi cloud yang lebih canggih.