Penyimpanan Multicloud untuk Sistem Perusahaan

neuCentrIX - 03/10/2022 10:00

Pada kalangan perusahaan, tren Multicloud berkembang pesat dan menjadi tren besar di era teknologi informasi saat ini. Teknologi tersebut memungkinkan perusahaan Anda menangani dan mengamankan data melalui penggunaan lebih dari satu cloud, dan juga di lokasi yang berbeda-beda.

Seperti apa Multicloud yang di idamkan oleh banyak perusahaan ini? Artikel kali ini akan membahas pada keuntungan serta pro dan kontra penyimpanan Multicloud dalam bisnis perusahaan. Mari kita mulai dengan membahas apa yang dimaksud dengan penyimpanan Multicloud.

Apa itu Penyimpanan Multicloud?
Penyimpanan Multicloud adalah penggunaan aplikasi cloud untuk menjaga dan menganalisa data dengan cara yang lebih praktis. Hal ini untuk mengelola dan mendistribusikan data ke seluruh cloud menggunakan berbagai macam infrastruktur dan prosedur yang ada.

Cloud ini bisa bersifat publik, privat, atau campuran keduanya. Fasilitas penyimpanan cloud ini banyak membawa keuntungan bagi perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Pro dan Kontra Penyimpanan Multicloud

Pro

Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan teknologi penyimpanan Multicloud :

1. Data yang Aman 
Data perusahaan dijamin lebih aman melalui penggunaan berbagai macam aplikasi cloud. Jika ada peretas yang mencoba menerobos salah satu sistem, perusahaan akan lebih mudah untuk menjauhi serangan dan menyimpan cadangan lainnya.

2. Mempromosikan Fleksibilitas
Organisasi yang menggunakan cloud dari berbagai macam penyedia layanannya, akan aman dari masalah penguncian vendor. Mereka juga bisa mengakses berbagai macam layanan teknologi cloud dari penyedia layanan yang berbeda-beda.

3. Biaya Optimisasi yang Rendah
Penggunaan berbagai aplikasi cloud dari penyedia layanan yang berbeda-beda, memungkinkan Anda menyesuaikan cara kerjanya. Hal ini menyebabkan Anda bisa mengelola anggaran dengan baik untuk pilihan biaya, tergantung pada kepentingan Anda dan bukan berdasarkan penyedia layanan. Pada akhirnya, Anda akan memilih harga terbaik untuk layanan cloud yang akan digunakan. 

Kontra
Teknologi Multicloud juga disertai dengan hambatan untuk bisnis perusahaan Anda. Sebagian besar kerugian yang umum terjadi adalah sebagai berikut :

1. Beberapa APIs bisa menjadi masalah
Aplikasi cloud bergantung pada Application Programming Interfaces (APIs) untuk bekerja sama. Beberapa APIs bisa menguntungkan perusahaan Anda, sedangkan yang lain bisa merugikan. Hal itu karena APIs memiliki beberapa bahasa aturan yang berbeda. Untuk itu, Anda akan membutuhkan kemampuan kustomisasi yang tepat untuk aliran datanya.

2. Membutuhkan Kemampuan Manajerial yang Tepat
Agar layanan multicloud berfungsi dengan baik, harus ada transparansi dalam operasinya. Namun, hal itu membutuhkan pengawasan data yang tepat seperti akses dan kontrol identitas. Jika tidak, akan menghasilkan masalah konfigurasi dan keamanan.

3. Masalah kecocokan
Beberapa layanan penyimpanan cloud mungkin saja tidak cocok dengan yang lain untuk aliran data yang tepat. Perlu diingat bahwa aplikasi cloud butuh kemampuan untuk menyimpan jumlah data yang sama serta memungkinkan integrasi menggunakan alat serupa.

Manfaat Penyimpanan Multicloud untuk Sistem Perusahaan
Mari simak lebih lanjut mengenai hal apa yang perusahaan akan dapatkan dari teknologi penyimpanan Multicloud :

● Keamanan yang Meningkat
Data perusahaan Anda akan lebih aman jika menggunakan teknologi multi-cloud. Tampilan terpusat dari multicloud, akan mendorong kontrol yang tepat serta tampilan informasi yang lengkap. Ditambah lagi, penyedia layanan cloud bisa memandu perusahaan untuk menggunakan cloud guna melindungi data mereka.

● Mempromosikan Inovasi
Teknologi multi-cloud memungkinkan perusahaan untuk menetapkan beban kerja yang sesuai dengan berbagai layanan cloud. Hal tersebut mengurangi masalah dan kinerja performa yang rendah pada operasionalnya. Tindakan ini memberi ruang bagi perusahaan untuk memanfaatkan aplikasi cloud sepenuhnya.

● Lebih banyak Penyebaran
Teknologi ini bekerja dengan baik dan lebih cepat. Para pengembang perusahaan bisa membangun dan menyebarkan aplikasi cloud cukup cepat. Hal ini menyebabkan mereka tidak terlalu mengkhawatirkan konfigurasi dan cara bagaimana mendapatkan versi terbaru.

● Menghilangkan Masalah IT Bayangan
Perusahaan dapat menangani aplikasi, perangkat dan layanan bayangan yang tidak mereka setujui di antara pengguna dan karyawan. Berbagai penelitian menunjukkan bawah 40% yang dihabiskan perusahaan di sektor TI digunakan untuk menangani masalah TI bayangan. Akan tetapi, melalui teknologi multi-cloud, penggunaan “Single Pane of Glass View” mengurangi risiko dengan margin yang cukup besar. Hal ini juga membantu mengawasi data dan beban kerja di seluruh cloud.

Multicloud di berbagai perusahaan mendominasi sektor modern TI. Platform ini hadir untuk mengurangi berbagai masalah perusahaan ketika berinvestasi di layanan cloud yang lebih aman. Perusahaan yang telah berinvestasi pada sistem ini, akan mendapatkan kinerja, keamanan dan kontrol cepat terhadap data mereka. Ditambah lagi, sistem multi-cloud mengerti bagaimana teknologi tersebut dapat berjalan dengan baik dan membantu organisasi Anda lebih maju.