Topping-off Ceremony Menandai Pembangunan neuCentrIX HyperScale Data Center

neuCentrIX - 15/06/2021 15:37

Bersiaplah, Indonesia! Tak lama lagi, Indonesia akan memiliki hyperscale data center bersertifikat internasional. Pembangunan Campus 1 neuCentrIX HyperScale Data Center (HDC) telah memasuki tahap akhir. Hal ini ditandai dengan digelarnya topping-off ceremony yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Juni 2021. Acara tersebut dipimpin oleh Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, yang didampingi oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko, dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia, Bogi Witjaksono. Pada kesempatan ini, hadir pula Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Arkonin, dan CEO IBM Indonesia. Dapat dipastikan bahwa penyelesaian tahap pertama pembangunan neuCentrIX HDC telah sesuai dengan jadwal dan target yang ditetapkan sebelumnya.

 

Adapun kompleks neuCentrIX HDC terletak di lahan bebas banjir seluas 65.000 m2 di area Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan akan memiliki tiga campus data center dengan total kapasitas hingga 10.000 rak. Kompleks ini akan menjadi tempat bagi data center Tier 3 dan Tier 4 yang mampu memberikan pelanggan jaminan uptime yang tinggi serta pengumpulan data dan kapasitas pemrosesan yang kuat. Tak hanya itu, neuCentrIX HDC juga mengusung konsep green data center dengan tajuk ECO (Evolve, Connected, & Origin). Dengan memanfaatkan pembangkit listrik berbahan bakar gas dan panel surya untuk memberi daya pada area publik dan kantor, neuCentrIX HDC dirancang sebagai kompleks data center yang dapat meminimalkan emisi gas karbon dioksida agar dapat berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

 

Menurut Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko, neuCentrIX HDC memberikan dua keunggulan utama kepada pelanggan, selain fasilitas skala internasionalnya. Pertama, neuCentrIX HDC menawarkan netralitas operator yang memungkinkan pelanggan memiliki beberapa layanan jaringan pada saat bersamaan. Kedua, fasilitas tersebut terhubung ke seluruh jaringan yang dimiliki oleh Telkom Indonesia Group. Hal ini membuat ruang lingkup kerja hyperscale data center menjadi yang terbesar di Indonesia.

 

Kehadiran neuCentrIX HDC di Indonesia semakin menguatkan posisi Telkom Indonesia sebagai market leader di industri data center. Saat ini, Telkom Indonesia memiliki dan mengelola 26 data center yang tersebar di berbagai kota besar di tanah air, yaitu 5 data center internasional, 18 data center neuCentrIX, serta 3 data center Tier 3 dan 4. Dengan dukungan seluruh data center yang ada, Telkom Indonesia siap mengakomodasi kebutuhan telekomunikasi dan digital masa depan bangsa Indonesia, termasuk dalam perkembangan teknologi 5G dan blockchain edge.

 

Dalam upacara tersebut, Presiden Direktur Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, menyatakan bahwa neuCentrIX HDC dibangun dengan semangat pertumbuhan, inovasi, dan transformasi berkelanjutan untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di tanah air. Ia juga berharap bahwa neuCentrIX HDC akan memainkan peran kunci sebagai enabler bagi bisnis digital untuk mempercepat berbagai layanan dan solusi ICT yang akan menguntungkan perusahaan dari berbagai sektor, baik regional maupun multinasional.


“Kami meyakini bahwa keberadaan Telkom HyperScale Data Center dapat memberikan dampak yang besar dalam upaya peningkatan jumlah korporasi yang go digital dan semakin berdaya saing di era digital. Hal ini sekaligus mengukuhkan posisi Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi dan penyedia layanan digital terkemuka di Indonesia,” sambung Ririek.