4 Cara Mengamankan Data Center

neuCentrIX - 26/08/2020 09:00

Data center merupakan fasilitas yang kritikal dan vital untuk membantu operasi bisnis kita sehari-harinya. Maka dari itu, keamanan pada data center yang kita miliki harus menjadi prioritas utama.

Kenapa sistem keamanan penting pada data center?

Karena data center menyimpan data pribadi dan informasi sensitif seperti properti intelektual, data customer, catatan finansial dan lain-lain sehingga data center menuntut keamanan baik secara digital maupun fisik.

Keamanan secara fisik merujuk pada cakupan yang besar pada proses dan strategi untuk mencegah gangguan dari luar. Sedangkan keamanan secara virtual memungkinkan kita mencegah para pelaku cybercrime dalam memasuki jaringan kita dengan cara melewati firewall, meretas password, atau dari celah virtual lainnya.

Cara untuk mengamankan dan melindungi data center:

  • Menentukan lokasi data center

Menentukan lokasi strategis untuk data center dibutuhkan untuk memproteksi fasilitas data center dari gangguan fisik. Kita bisa memprediksinya berdasarkan historis frekuensi banjir, gempa bumi, mungkin angin puting beliung dan kebencanaan lainnya.

 

  • Penggunaan akses sistem keamanan

Saat ini, sistem keamanan biometrik menjadi salah satu yang populer. Seperti contohnya fingerprint yang diterapkan oleh NeuCentrIX. Selain fingerprint, NeuCentrIX juga menyediakan kartu akses yang tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung sehingga harus melapor pada pihak keamanan untuk mendapatkan akses tersebut.

 

  • Petugas keamanan

Sebagai pengguna data center, pasti kita tidak ingin ada orang asing yang masuk ke wilayah data center kita. Maka dengan mempekerjakan petugas keamanan 24/7 akan mencegah orang asing masuk ke data center kita. Selain itu, kita bisa menambahkan CCTV untuk memperkuat keamanan di area data center.

 

  • Redundansi penyimpanan

Redudansi penyimpanan mengacu pada level tambahan dari jaringan keamanan data center. Umumnya penyedia data center akan menawarkan akses redundansi pada infrastruktur lain, tergantung pada kebutuhan sekuritas dari pengguna.

Pastikan Anda mengikuti 4 tips mengamankan data center di atas agar terhindar dari ancaman pada lingkungan data center. Semoga bermanfaat good people, tetap di rumah saja dan patuhi protokol Kesehatan ketika ingin bepergian disituasi pandemi ini.