NeuCentrIX, Edge Data Center Canggih di Indonesia, dari Telkom

neuCentrIX - 01/04/2022 10:00

Data center adalah bagian yang tak terpisahkan dari berbagai macam tren teknologi yang telah meningkat di beberapa tahun terakhir, seperti Internet of Things, big data, cloud, jasa streaming, dan lain-lain. Data center mendukung kelancaran pelaksanaan dan akses tren-tren teknologi ini. Tetapi, dengan adanya kecepatan pertumbuhan terkini, pengelola data center dihadapkan dengan masalah yang dapat mempengaruhi pengalaman penggunanya seperti latensi.

Saat ini, para penyedia dan end user membutuhkan akses dimanapun dan kapanpun untuk aplikasi, jasa dan data mereka. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masalah seperti latensi tidak boleh terjadi lagi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah edge data center.

Apa itu Edge Data Center?

Edge data center adalah sebuah fasilitas kecil yang didirikan untuk mengirimkan sumber daya komputasi cloud dan konten yang di-cache kepada end user atau populasi yang dekat dengan fasilitas tersebut. Fasilitas ini biasanya terhubung kepada pusat atau beberapa data center. Karena pengolahan data dan jasa disediakan dekat dengan end-user, edge data center dapat  mengurangi latensi sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

Keuntungan dari Edge Data Center

Edge data center memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya unik dan bernilai untuk bisnis.

·         Meminimalisir  Latensi

Seperti yang disebutkan di atas, latensi tidak boleh menjadi masalah dengan kecepatan pertumbuhan tren-tren teknologi yang ada. Edge data center memungkinkan pengguna untuk mengurangi latensi dengan meminimalisir waktu transmisi data dari cloud data center pusat ke perangkat end-user.

·         Meningkatkan Keamanan dan Privasi

Data yang ada di dalam pengiriman rentan terhadap serangan siber. Namun, solusi ini dapat mengurangi jumlah data yang harus melakukan perjalanan melalui jaringan setiap kali diakses. Karena itu, edge data center juga membantu meningkatkan keamanan data. End-user juga memiliki kontrol lebih terhadap data mereka karena lebih sedikit data diunggah ke cloud, dan sebagian besar data diproses di perangkat.

·         Meningkatkan  Reabilitas

Reabilitas jaringan akan semakin membaik dengan penerapan edge data center karena data penting dan workload didistribusikan ke seluruh rantai data center yang lebih kecil. Karena itu, tekanan pada edge data center pusat akan berkurang dan tidak akan dipaksa untuk melebihi kapasitasnya.

Karakteristik sebuah Edge Data Center

Macam-macam definisi edge data center bisa membedakan tergantung peran, industri dan prioritas. Bagaimanapun, terdapat karakteristik-karakteristik penting yang serupa, sebagai berikut:

·  Edge data center diletakkan secara lokal, yang berarti dibangun di area yang dekat dengan area pengguna dan dapat dikelola dari jarak jauh.

·  Komponen-komponennya mirip dengan data center tradisional. Edge data center dikemas menjadi footprint yang lebih kecil.

·       Sebuah edge data center adalah salah satu dari banyaknya jaringan yang kompleks.

·  Menyimpan data, aplikasi, dan layanan yang krusial untuk penyimpanan dan pengolahan yang berbasis tepi.

NeuCentrIX Edge Data Center di Indonesia

Jika Anda membangun bisnis di Indonesia dan membutuhkan data center yang handal dan terpercaya, neuCentrIX adalah pilihan yang tepat. NeuCentrIX menyediakan carrier-neutral data center dan one-stop-solution untuk kolokasi, cloud, dan internet exchange.

NeuCentrIX membantu bisnis membangun data center yang terkoneksi secara seamless, dapat diandalkan, serta dapat menyimpan dan mengakses data yang aman. Selain itu, neuCentrIX akan membangun data center dengan cakupan, konektivitas dan pengoptimalan yang terbaik. NeuCentrIX terletak di 13 kota besar di Indonesia dan siap untuk mengembangkan ekosistem bisnis digital.

Dengan adanya pertumbuhan berkelanjutan perangkat dan aplikasi IoT, platform OTT dan virtual reality, edge data center merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi karena akan membantu bisnis mempercepat performa dan pengiriman konten aplikasi.

Edge data center neuCentrIX bisa bermanfaat untuk berbagai macam industri seperti pertanian, perbankan, pertahanan, kesehatan dan bahkan pertambangan. Sebagai contohnya di sektor pertanian, edge data center bisa bermanfaat untuk membuat analisis pertanian untuk pencegahan penyakit menular.

Di industri 4.0, edge data center dapat membantu mengembangkan pabrik pintar yang menggunakan pemeliharaan prediktif dan manajemen kualitas prediktif untuk operasi dan perawatan yang lebih baik. Dengan banyak kemungkinan di berbagai macam bidang, edge data center dari neuCentriIX memiliki masa depan yang cerah untuk industri di Indonesia.