5 Fitur yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Data Center yang Tepat untuk Perusahaan Anda

neuCentrIX - 19/01/2021 10:08

Saat ini, data center memegang peranan penting bagi sebuah perusahaan, mulai dari perusahaan berskala kecil hingga berskala besar. Data center yang dapat diandalkan mampu menawarkan sejumlah keuntungan yang dapat mendukung kebutuhan digital perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka dengan menyediakan penyimpanan data, komputasi, perlindungan, dan jaringan. Data center dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe berdasarkan pada pemilik dan bagaimana cara mereka bekerja.  

 

Enterprise Data Center

Sebuah data center yang dibangun, dimiliki, dan dioperasikan oleh perusahaan yang didukungnya. Enterprise data center ini paling sering ditempatkan di lingkungan kantor perusahaan itu sendiri, meski tidak menutup kemungkinan ditempatkan di lokasi tertentu di luar kantor.

 

Managed Services Data Center

Data center jenis ini dikelola oleh pihak ketiga atas nama perusahaan yang didukungnya. Alih-alih membeli, perusahaan akan menyewa segala perangkat dan infrastruktur yang diperlukan.

 

Colocation Data Center

Data center kolokasi dapat disewa oleh banyak perusahaan sekaligus. Pemilik layanan data center kolokasi akan menyediakan infrastruktur termasuk ruang, peralatan, keamanan, dan bandwidth. Tipe data center ini memungkinkan perusahaan menyediakan komponen,seperti server dan penyimpanan, dan mengelolanya sendiri, tergantung kesepakatan yang dilakukan pemilik layanan data center dan perusahaan sebagai klien.

 

Cloud Data Center

Ini adalah bentuk virtual dari sebuah data center. Data dan aplikasi akan di-hosting, disimpan, dan diproses oleh penyedia layanan Cloud.

 

Untuk memilih data center yang tepat, perusahaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan rencana jangka panjang perusahaan itu sendiri. Terdapat lima fitur yang perlu diperhatikan saat memilih jenis dan penyedia data center yang tepat untuk perusahaan Anda.

 

1. Lokasi

Lokasi atau keberadaan suatu data center dapat menentukan banyak hal, termasuk kemudahan akses dan risiko yang mungkin ditimbulkan oleh faktor geologis, seperti bencana alam. Hal ini juga akan menentukan apakah data center memiliki akses ke sumber daya yang sesuai dan layanan broadband yang andal untuk mendukung operasionalnya.

 

2. Infrastruktur dan Redundansi

Penting bagi perusahaan untuk memiliki jenis infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebelum memilih, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis dan pengaturan server yang digunakan oleh data center. Redundansi – ketersediaan backup power, tindakan pencegahan berlapis, ketersediaan beberapa jaringan – juga tak kalah penting untuk mencegah kegagalan dan kehilangan data jika terjadi sesuatu.

 

3. Keandalan dan Keamanan

Keandalan data center merupakan hal yang tak kalah penting. Dalam dunia data center, keandalan diukur sebagai uptime, dan data center yang andal harus memiliki uptime 9 detik yang artinya minimal 99,99% untuk dapat melindungi fungsi perusahaan Anda. Sisi keamanan data juga sangat vital, karenanya langkah-langkah keamanan fisik dan virtual harus ketat dan berlapis. Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan penyedia data center, penting untuk melihat portofolio, masukan pelanggan, sertifikasi, daftar mitra, serta protokol keamanan mereka.

 

4. Skalabilitas

Setiap perusahaan perlu berkembang, sehingga harus ada ruang untuk pertumbuhan penyimpanan data seiring perkembangan bisnis perusahaan. Sebuah data center perlu memiliki rencana untuk perluasan di masa yang akan datang dan mampu memberikan akses serta sumber daya kepada perusahaan dengan cepat ketika dibutuhkan.

 

5. Jaringan

Perusahaan perlu memiliki data center yang dapat memperoleh dan memelihara sambungan jaringan berkecepatan tinggi ke situs. Selain itu, untuk pemeliharaan ketersediaan jaringan, data center juga harus menempatkan redundansi jaringan sebagai faktor utama dan harus menggunakan dua atau lebih penyedia layanan hulu untuk memastikan ketersediaan tetap terjaga.

 

Fitur-fitur yang telah disebutkan penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan sebelum memutuskan jenis data center yang mereka cari dan memilih penyedia layanan jika diperlukan. Di Indonesia sendiri terdapat beragam penyedia data center lokal yang memiliki layanan dan fasilitas kelas dunia, salah satunya adalah neuCentrIX. Sebagai salah satu penyedia data center terbesar, neuCentrIX hadir sebagai solusi tepercaya dan andal untuk segala kebutuhan digital perusahaan.