Cara Mengevaluasi Teknologi Keamanan Cloud Anda

neuCentrIX - 07/11/2022 10:00

Komputasi cloud adalah tipe komputasi dimana data dan informasi disimpan di internet. Hal ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, dengan menyediakan kita sarana yang bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa terdapat beberapa risiko pada prosesnya. Salah satu risiko yang paling signifikan adalah keamanan. Perusahaan harus memastikan data dan informasi mereka aman kapan saja, yang berarti harus mencari solusi keamanan cloud yang terbaik bagi mereka.

Evaluasi keamanan harus sering dilakukan guna memastikan tak ada pelanggaran pada data. Pada artikel kali ini, akan membahas lebih lanjut mengenai kriteria evaluasi dan beberapa langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan keamanan cloud.

Kriteria untuk Mengevaluasi Keamanan Cloud
Walaupun cloud menawarkan layanan yang sangat baik untuk perusahaan dan data center yang menyimpan, mengelola dan mengirimkan data, cloud juga disertai dengan ancaman keamanan. Ketika berlangganan layanan cloud, penting untuk mengikuti kriteria saat mengevaluasi keamanan cloud, seperti :

1. Meninjau kebijakan keamanan penyedia layanan cloud.
2. Memeriksa ketentuan kebijakan privasi mengenai lokasi data center milik penyedia layanan cloud.
3. Baca tinjauan dari pengguna layanan cloud lainnya dan periksa komentar dari mereka mengenai keamanan. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari hal-hal seperti laporan analisis atau laporan yang dibuat oleh majalah industri.
4. Periksa Service Level Agreement (SLA) dan perhatikan kepatuhan keamanan penyedia.
5. Periksa apakah penyedia layanan cloud Anda memenuhi ketentuan hukum mengenai standar dan kebijakan keamanan di sekitarnya.

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keamanan Cloud pada Teknologi
Terdapat beberapa cara yang perusahaan bisa lakukan agar mendapatkan keamanan cloud yang lebih baik. Berikut diantaranya :
Menggunakan Multi-Factor Authentication (MFA): Gabungan nama dan password pengguna yang biasa tak lagi memadai untuk keamanan cloud yang baik. Multi-Factor Authentication merupakan teknologi baru yang bisa mengunci peretas dan memastikan data Anda aman.
Manajemen akses pengguna: Pada kebanyakan kasus, tak perlu mengizinkan semua anggota staf untuk mengakses informasi yang tidak diperlukan. Perusahaan harus menggunakan akses terkontrol dan mengatur tingkat otorisasi yang tepat.
Manfaatkan pemantauan aktivitas pengguna otomatis: Memiliki pemantauan aktivitas pengguna yang biasa dan real-time akan membantu Anda mengetahui pola abnormal. Agar membuatnya lebih baik, perangkat lunaknya membantu Anda mengetahui aktivitas semacam ini dan melacak usaha apapun yang bertujuan untuk melanggar sistem keamanan.
Memiliki off-boarding karyawan keluar yang komprehensif: Penting untuk memastikan bahwa karyawan tidak memiliki akses ke sumber cloud perusahaan ketika mereka keluar. Hal ini mencegah mereka melakukan pelanggaran keamanan.

Komputasi cloud telah menjadi pencetus ketika berbicara mengenai penggunaan internet. Teknologi ini sudah digunakan oleh perusahaan dan banyak pihak di seluruh dunia. Akan tetapi, penting untuk memiliki kebijakan keamanan yang layak guna mencegah ancaman potensial. neuCentrIX mempunyai layanan cloud terbaik yang menawarkan solusi yang sangat fleksibel, terukur, dapat dioptimalkan serta dibuat khusus untuk bisnis Anda. Kunjungi situs web kami untuk menjelajahi solusi cloud lebih lanjut.