Lapisan Keamanan Hyperscale Data Center neuCentrIX

neuCentrIX - 23/12/2021 09:00

Di era ekonomi data, data dianggap sebagai new gold atau new oil dan menjadi sangat berharga bagi perusahaan atau lembaga mana pun. Setiap informasi sensitif dan hak milik (rahasia dagang, hak cipta, ide, desain, kekayaan intelektual seperti paten, informasi pribadi dan keuangan pelanggan, dll.) dapat menjadi faktor penentu yang mampu menciptakan atau menghancurkan sebuah bisnis.

Sayangnya, seperti barang berharga lainnya, data dapat dicuri atau rusak karena berbagai alasan, seperti faktor manusia, serangan siber, pelanggaran fisik, serta bencana alam. Segala bentuk paparan atau kehilangan data dapat menyebabkan masalah besar, termasuk pencurian ide dan plagiarisme, kerugian finansial yang menyebabkan hilangnya pendapatan, serta berkurangnya kepercayaan pelanggan. Itulah alasan mengapa keamanan data sangat penting. Bayangkan jika Anda memiliki setumpuk emas batangan dan mengetahui bahwa ada pencuri yang berusaha mengambilnya. Apakah Anda akan dengan sengaja meletakkannya di meja ruang tamu atau akan segera menyimpannya di brankas?

Tiga Cakupan Lapisan Keamanan Hyperscale Data Center NeuCentrix

Jika data adalah tumpukan emas yang Anda miliki, data center colocation adalah safe deposit box bank atau perusahaan penyimpanan pihak ketiga. Para penyedia colocation, termasuk neuCentrIX, umumnya menerapkan langkah-langkah keamanan secara menyeluruh untuk membantu melindungi data pelanggan mereka dari berbagai ancaman, baik fisik maupun virtual. neuCentrIX tidak pernah menganggap enteng masalah lapisan keamanan, terutama untuk Hyperscale Data Center (HDC) yang kini tengah dibangun. Dengan sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management System (ISMS), HDC neuCentrIX menerapkan praktik terbaik dalam keamanan untuk memastikan perlindungan data dan manajemen risiko yang lebih baik.

Lapisan Keamanan Jaringan
ISO 27001:2013 menuntut langkah-langkah keamanan jaringan yang kuat. HDC neuCentrIX menerapkan protokol ketat untuk patch dan pembaruan sistem, memastikan bahwa hanya software terbaru yang diinstal untuk melindungi kerentanan jaringan. HDC neuCentrIX juga menggunakan enkripsi tingkat jaringan untuk mengamankan data klien saat berpindah di antara titik akhir dan enkripsi tingkat server untuk melindungi data saat tidak digunakan.

Dalam hal akses virtual, HDC neuCentrIX mengimplementasikan Zero Trust Model yang menganggap setiap pergerakan data mencurigakan. Selain memantau perilaku jaringan, aliran data, dan anomali, akses digital juga dibatasi dengan meninjau izin pengguna secara berkala.

Lapisan Keamanan Fisik
ISO 27001:2013 juga mencakup langkah-langkah keamanan fisik. Dengan sertifikasi ini, HDC neuCentrIX telah menerapkan sistem keamanan yang komprehensif. HDC neuCentrIX mendistribusikan sistem CCTV yang terdiri dari sejumlah besar kamera dengan cakupan area yang luas dan dipantau selama 24/7. Tak hanya itu, sistem kunci berlapis dan otorisasi juga diterapkan untuk membatasi akses ke data yang disimpan, mulai dari sistem kontrol kartu ID, sistem keamanan biometrik, pintu mantrap, gerbang otomatis, bollard, dan pemblokir lalu lintas. Sementara itu, untuk manajemen personalia, neuCentrIX HDC menyimpan log akses lengkap yang dapat diperiksa dan diaudit kapan pun diperlukan.

Dengan kata lain, neuCentrIX telah menerapkan berbagai upaya untuk mencegah pelanggaran fisik yang tidak diinginkan. Tak hanya dengan pemantauan berkala dan pembatasan akses, tetapi juga dengan menerapkan mekanisme pertahanan berlapis untuk memastikan para penyusup tidak dapat mencapai data berharga atau aset hardware di ruang server. 

Peringatan Bencana Alam dan Penanganan Darurat
Keamanan data center juga memerlukan strategi dan protokol untuk perlindungan terhadap bencana alam. Lokasi yang aman adalah persyaratan mendasar data center Tier 4. Oleh karena itu, HDC neuCentrIX dibangun di area bebas banjir untuk meminimalkan risiko banjir yang merupakan salah satu bencana paling umum di Indonesia. neuCentrIX HDC juga menempatkan sistem sensor dengan sensitivitas tinggi untuk mendeteksi asap, api, air, suhu, kelembaban, listrik, dan kebocoran pada tahap awal. Ketika menangkap hal yang mencurigakan, sensor ini akan mengirim pemberitahuan kepada orang yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah dengan cepat. Untuk kasus kebakaran, neuCentrIX HDC juga memasang sistem sprinkler dan sistem pencegah kebakaran INERGEN.

neuCentrIX HDC juga memiliki sistem pencadangan data dan komponen infrastruktur berlebih — daya, konektivitas internet, sistem pendingin — yang siap digunakan jika mengalami keadaan darurat. Dengan demikian, semua informasi penting tidak akan hilang atau rusak dan masih dapat diakses, bahkan ketika terjadi bencana.

Poin-poin di atas membuktikan bahwa sebagai data center Tier 4, HDC neuCentrIX telah menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan yang mengandalkan aplikasi mission-critical dan sensitif terhadap downtime. Dalam perkembangannya, HDC neuCentrIX tidak hanya menjadi salah satu data center paling kuat dan mutakhir di Indonesia, tetapi juga salah satu yang paling aman.