Peluncuran neuCentrIX Pekanbaru dan Digital Corner Pertama Telkom Indonesia

neuCentrIX - 21/12/2020 17:01

Menyusul peluncuran neuCentrIX Candi di Semarang November lalu, bulan ini Telkom Indonesia dengan bangga meluncurkan data center berikutnya, neuCentrIX Pekanbaru. Acara commercial launching dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Desember 2020, dan dihadiri secara on-site dan online oleh perwakilan Dewan Komisaris, Direksi, dan EVP Telkom Indonesia, bersama dengan anggota APJII dan mitra Telkom Indonesia, serta para klien. neuCentrIX Pekanbaru diresmikan oleh Bapak Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris Telkom Indonesia), Ibu FM Venusiana (CRO Telkom Group), dan Bapak Machsus Kusuma Apriyono (EVP Telkom Regional I), dan dilanjutkan dengan acara penandatanganan dan tur fasilitas singkat.

 

Terletak di Jalan Sudirman, salah satu kawasan paling strategis di Pekanbaru, neuCentrIX Pekanbaru merupakan fasilitas neuCentrIX ketiga di Sumatera, setelah Medan dan Batam. Dengan kapasitas sebanyak 20 rak, neuCentrIX Pekanbaru diharapkan dapat mewujudkan visi Telkom Indonesia untuk mengembangkan ekosistem teknologi informatika dan komputer di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau.

 

neuCentrIX Pekanbaru juga merupakan data center Telkom Indonesia pertama yang menyediakan DiCo (Digital Corner), fasilitas co-working space yang berfungsi sebagai tempat para praktisi digital lokal untuk bertemu dan berkolaborasi. Untuk menonjolkan atmosfer digitalnya dan mendorong ekosistem digital yang kuat, DiCo dilengkapi dengan dinding interaktif yang menampilkan berbagai informasi dan demo layanan wholesale digital Telkom Indonesia. Dengan diluncurkannya Digital Corner pertama di neuCentrIX Pekanbaru, diharapkan Telkom Indonesia dapat mengukuhkan perannya sebagai ikon digital bangsa.

 

neuCentrIX Pekanbaru memiliki beberapa sumber komponen data center termasuk backbone power, sehingga ketika salah satu komponen mengalami kendala, fungsinya dapat langsung diambil alih oleh komponen lain. Artinya, pelanggan tidak perlu khawatir akan gangguan dan interupsi. Seperti yang juga disampaikan oleh Bapak Machsus Kusuma Apriyono, fasilitas baru ini memiliki tujuh lapis backbone ring yang memastikan konektivitas yang konstan dan menjamin pemulihan yang cepat jika terjadi sesuatu. Selain itu, neuCentrIX Pekanbaru menerapkan berbagai langkah keamanan tingkat tinggi, termasuk pendataan personel yang harus diisi sebelum ada yang memasuki fasilitas. Bapak Machsus juga menyebutkan bahwa untuk melengkapi manfaat neuCentrIX Pekanbaru, sumber daya dan aktivitas pemeliharaan juga akan disediakan oleh Telkom. “Pelanggan tidak perlu khawatir tentang sumber daya untuk pemeliharaan, karena kami menyediakan layanan. Pelanggan hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis mereka sendiri,” tegasnya.

 

Berkat komitmen tersebut, PT Alga Jaya Solusi, PT Sarana Pembangunan Siak, PT Globalriau Data Solusi, Politeknik Negeri Bengkalis, dan PT Citra Reksa Tama dengan percaya diri menandatangani perjanjian kerja sama dengan Telkom Indonesia. “NeuCentrIX Pekanbaru diharapkan hadir dengan membawa semangat digital baru, menjadi lokasi kolaborasi bisnis antara Telkom Group, government, para pemain digital bisnis. Dengan kehadiran neuCentrIX ini akan mempercepat pula pendistribusian konten bisnis di jaringan lokal maupun global dengan performa terbaik,” ”tegas Ibu Venusiana dalam sambutannya.

 

Setelah neuCentrIX Pekanbaru yang hadir sebagai data center ke-12, Telkom Indonesia berencana meluncurkan dua data center lagi pada tahun 2021, yakni di Jakarta Meruya dan Banjarmasin Ulin. Bapak Marsudi Wahyu Kisworo menyatakan, “Memasuki era 5G, pusat data lokal sangat penting [untuk bisnis] untuk menyediakan akses yang lebih cepat dan mengurangi latensi. Bahkan pemerintah daerah yang berencana merealisasikan konsep Smart City membutuhkan layanan colocation data center, sebab membangun data center sendiri akan menjadi langkah yang mahal, tidak ekonomis, dan tidak efisien.” Lebih lanjut ia juga menyebutkan, “Ke depannya, Telkom Indonesia akan menjadi penyedia yang berbasis solusi, bukan hanya berbasis produk, karena kami ingin memastikan permasalahan pelanggan kami teratasi dengan segala yang dapat kami berikan.”