Pentingnya Interkoneksi Data Center

neuCentrIX - 02/08/2022 10:00

Seiring meningkatnya permintaan untuk harga terjangkau, efisien dan konektivitas data center yang dapat diandalkan, interkoneksi data center menjadi tren yang melesat naik di industri telekomunikasi. Hasilnya, Data Center Interconnect (DCI) telah menarik minat developer jaringan penyedia layanan, mendorongnya agar mempertimbangkan pembagian beban dan beban kerja yang tersebar.

Interkoneksi berada di antara langkah-langkah yang paling diandalkan untuk mendapatkan waktu muat yang lebih baik, kecepatan dan bandwidth yang baik. Artikel ini memberitahu Anda tentang interkoneksi data center, tipe-tipenya yang berbeda dan pentingnya untuk data center.

Apa itu Interkoneksi Data Center?

Interkoneksi data center adalah konektivitas yang ditentukan oleh perangkat lunak melintasi data center, memungkinkan aplikasi, data dan pelanggan Anda terhubung dengan cara yang andal dan tepat waktu. Fasilitas data center menyediakan layanan interkoneksi, yang memungkinkan klien untuk terhubung ke fasilitas lain melalui jaringan metropolitan atau nasional.

Bekerja dengan perusahaan yang menawarkan konektivitas data center memungkinkan Anda membawa sumber daya lebih dekat ke pelanggan melalui backhaul, Ethernet dan gelombang radio. Hal ini mengurangi latensi dan meningkatkan pengalaman online pelanggan Anda. Ketika penekanannya bertautan dengan penyedia tingkat-1, banyak data center yang bisa langsung menghubungkan ke pasar tingkat dua dan tingkat tiga.

Lokasi yang saling berhubungan ini menyediakan kesempatan untuk mengelola sumber daya dalam satu atap. Menawarkan kesempatan bagus untuk kolokasi, layanan cloud dan pembagian aset jaringan. Selain itu, mencari pemrosesan dan cakupan di lokasi tertentu mungkin membidik para pemasok dengan data center yang dekat dengan pelanggan Anda. Terdapat beberapa jenis interkoneksi data center yang disertai dengan bebagai macam desain dan gaya untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Apa saja jenis-jenis interkoneksi?

Seperti yang sudah kita ketahui, interkoneksi penting untuk konektivitas. Berikut beberapa jenis interkoneksi yang ditawarkan oleh neuCentrIX.

1. IP Transit
Jenis interkoneksi ini menjamin bandwidth 1:1 untuk layanan internet domestik maupun internasional. Menggunakan sumber internet yang dimiliki pelanggan dan dimaksudkan untuk klien yang yang ditempatkan di dalam neuCentrIX.

2. Astinet
Interkoneksi ini menggunakan sumber internet dengan IP & ASN – yang dimiliki Telkom. Juga menawarkan layanan internet global dan domestik dengan rasio bandwidth 1:1.

3. Specific Content Connectivity (SCC)
Tipe interkoneksi yang mirip dengan IP Transit namun tipe ini menawarkan konten internet secara spesifik yang tersedia di CDN dan komunitas konten Telkom lainnya.

4. Content Aggregator Connectivity (CAC) 
Merupakan tipe interkoneksi B2B,  menawarkan peering bilateral yang saling menguntungkan baik untuk Telkom maupun pelanggan.

5. Internet Exchange
Internet exchange berada di antara interkoneksi data center terbaik yang menghubungkan telekomunikasi, penyedia konten dan penyedia cloud. Jenis ini merupakan interkoneksi yang sesuai yang menawarkan performa dan jaringan berkecepatan tinggi. NeuCentrIX adalah satu data center dengan IP peering, cloud, konektivitas kelas atas serta layanan CDN.

Apa yang terjadi ketika data center Anda tidak saling terhubung?
Data center yang tidak saling terhubung cenderung lebih banyak memiliki kekurangan termasuk tidak memiliki solusi carrier-neutral. Data center tersebut juga tidak memiliki kepadatan ekosistem yang baik dengan bermacam-macam penyedia layanan. Karena sedikitnya interkoneksi, data center bisa mengalami latensi yang tinggi dan rendahnya permintaan waktu respons.

Kesimpulannya, interkoneksi sangat penting bagi data center yang ingin meningkatkan operasinya. Interkoneksi meningkatkan pembagian sumber daya, mendorong kecepatan internet dan menawarkan infrastruktur yang lebih baik untuk kolokasi.