Kolaborasi ISP dan Content Delivery Networks

neuCentrIX - 07/09/2022 10:00

Content Delivery Network (CDN) dan Internet Service Providers (ISP) memiliki potensi agar para pengguna memiliki pengalaman internet terbaik. Namun, teknologi tersebut menghadapi tantangan yang datang dari kebijakan lokasi server CDN.

CDN memiliki dominasi lalu lintas internet yang tinggi. Hal itu menyebabkan ISP kesulitan menggunakan dan mengubah shift karena permintaan lalu lintas. Pada artikel ini, kita akan melihat CDN mendominasi lalu lintas internet yang meningkat serta solusi untuk tantangan yang dihadapi antara kolaborasi CDN dan ISP. Selain itu, kita akan melihat bagaimana neuCentrIX akan memberi Anda aplikasi CDN terbaik.

Dominasi Content Delivery Network (CDN) terhadap Lalu Lintas Internet

Sebagian besar lalu lintas internet datang dari CDN. Jumlah ini menakjubkan, dan penyedia layanan CDN terus mengembangkan infrastruktur modern untuk menangani lalu lintas tersebut.

Hal ini menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi penyedia CDN, akan tetapi juga menghasilkan beberapa tantangan karena dominasinya. Tak mudah bagi CDN untuk mencakup peta semua konsumen ke server jaringan yang benar. Ingat, CDN harus melakukannya sambil memperhatikan status jaringan lokasi pengguna dan operasi ISP.

Solusi untuk Tantangan Kolaborasi antara CDN dan ISP

ISP dan CDN cenderung kesulitan bekerjasama untuk memastikan aliran layanannya berjalan lancar. Masalah ini datang dari tingginya pergeseran lalu lintas yang datang dari kebijakan lokasi server dinamis ketika menjalankan CDN.

Hal ini menjadi kesulitan bagi ISP untuk menangani perubahan. Namun, masalah ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk kerjasama antara dua sektor. Mari lihat solusi di bawah ini :

1. Mengimplementasikan Content-aware Traffic Engineering (CaTE)

ISP dan CDN bisa menggunakan infrastruktur distribusi jaringan network guna meningkatkan persediaan layanan. Mereka bisa menggunakan CaTE untuk membantu bekerja sama di lokasi server untuk meningkatkan teknik lalu lintas.

CaTE adalah teknologi yang menyesuaikan pemilihan server dengan konten yang dihosting oleh CDN melalui arahan ISP tetapi dalam skala kecil. Ditambah lagi, CaTE membuat CDN mengembangkan pengalaman pengguna serta ISP memenuhi berbagai tujuan manajemen lalu lintas internet.

2. Network Platform as Service (NetPaas)

CDN dan ISP menjadi rekan untuk memanfaatkan skalabilitas CDN. ISP menggunakan perangkat seperti data center mikro di jaringan untuk mendukung fungsi virtualisasi. Beberapa fokus utama ISP adalah persetujuan server end-user dan alokasi server dalam jaringan. Hal itu berjalan lancar bagi mereka melalui sistem prototipe andal yang dihosting oleh NetPaaS.

Selain itu, NetPaaS membuat CDN lebih kuat bahkan ketika permintaan lalu lintas meningkat, memungkinkan ISP bekerja dengan CDN, dan mempromosikan kecepatan pengunduhan internet yang lebih baik. Aspek-aspek ini mendukung ISP maupun CDN.

3. Provider-aided Distance Information System (PaDIS)

PaDIS meningkatkan penugasan end-user ke server CDN. PaDIS merupakan sistem dari ISP yang menyebabkan dampak ke penetapan pengguna ke server dengan memanfaatkan kondisi jaringan dan lokasi end-user.

Selain itu, PaDIS bekerja dengan menggunakan keanekaragaman server yang datang dari proses pemilihan server. Jadi, karena dua sisi terus bekerjasama dengan baik, PaDIS juga membuat pengalaman end-user menjadi semakin baik dengan meningkatkan kecepatan pengunduhan.

NeuCentrIX Menyediakan CDN sebagai Pemecah Masalah

Jika Anda ingin perusahaan Anda memiliki layanan CDN dengan Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE), pilihlah yang berasal dari neuCentrIX. Anda akan menikmati transmisi data dari server menuju pengguna.

Selain itu, Anda juga mendapatkan cloud yang akan menghosting web Anda berdasarkan aplikasi. Lupakan tentang keterlambatan yang berasal dari produk dan layanan dengan angka lalu lintas online yang tinggi. CDN dari neuCentrIX memungkinkan Anda untuk menghosting banyak pengguna dengan sekali jalan tanpa hambatan apapun.

NeuCentrIX akan memberi Anda opsi bayar sesuai yang Anda gunakan ketika berlangganan perangkat lunak CDN. Selain menyelesaikan masalah pada penyediaan layanan, hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya.

CDN dan ISP memiliki potensi untuk menyediakan layanan pelanggan terbaik ketika mereka berkolaborasi. Ingat, lalu lintas internet sekarang ini menjadi luas karena CDN. Walaupun tak mudah bagi CDN dan ISP bekerjasama karena kebijakan seleksi servernya, kedua belah pihak masih memiliki banyak kesempatan untuk membentuk pakta besar. Perusahaan harus mempercayai neuCentrIX untuk memberikan mereka perangkat lunak CDN terbaik yang berjalan sangat baik dengan berbagai macam ISP.