neuCloud dediCa, elastiCa, dan multiCa: Mana yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

neuCentrIX - 03/12/2021 10:00

neuCloud adalah brand layanan cloud computing dari Telkom Indonesia yang merupakan bagian dari layanan neuCentrIX. neuCloud memiliki kemampuan IaaS, PaaS, dan SaaS dan dua model penyebaran, yaitu private dan public. Kemampuan ini membuat neuCloud cocok untuk berbagai jenis bisnis dan sektor industri. Meskipun begitu, untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan bisnis, neuCloud menawarkan tiga jenis layanan yang berbeda. Masing-masing layanan menawarkan sejumlah keuntungan tertentu untuk setiap ukuran dan tahapan bisnis. Untuk memastikan Anda memilih layanan yang tepat, mari kita simak pengertian setiap layanan dan pengguna idealnya.

 

neuCloud dediCa

 

neuCloud dediCa adalah layanan private cloud computing neuCentrIX yang mengandalkan hosting khusus. Dengan jenis layanan ini, Anda akan mendapatkan server khusus tanpa harus berbagi dengan pengguna lain. Sebagai layanan private cloud dengan hosting khusus, neuCloud dediCa menawarkan satu manfaat utama: kontrol. Ketika Anda tidak harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain, Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan konfigurasi, sistem, dan protokol untuk memenuhi persyaratan spesifik bisnis Anda, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan performa, fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan.

 

Siapa yang cocok menggunakan layanan ini?

Sebagai jenis layanan cloud computing premium neuCentrIX, biaya untuk neuCloud dediCa tentu lebih mahal daripada jenis layanan lainnya. Namun, performa dan kualitas yang Anda dapatkan akan sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Jika Anda memiliki perusahaan besar dan membutuhkan performa yang tinggi untuk mengatasi volume lalu lintas dan beban kerja yang juga tinggi, neuCloud dediCa cocok untuk Anda. Dengan kemampuannya, neuCloud dediCa juga sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki data sensitif dan persyaratan keamanan tinggi, seperti lembaga pemerintah, perusahaan jasa keuangan, dan perusahaan layanan kesehatan. Seperti yang sudah sering disebutkan, neuCloud dediCa merupakan private cloud yang didedikasikan untuk setiap kebutuhan dan dioptimalkan dengan fitur serta kemampuan terbaik yang sesuai dengan operasional bisnis Anda.

 

neuCloud elastiCa

 

neuCloud elastiCa juga merupakan layanan private cloud computing. Namun, berbeda dengan dediCa, neuCloud elastiCa mengandalkan shared hosting. Shared hosting mengacu pada beberapa pengguna yang berbagi sumber daya yang sama, termasuk berbagi sejumlah ruang server dan bandwidth. Hal ini berarti bahwa sumber daya akan menjadi sangat terbatas dan tergantung pada penggunaan pengguna lain sehingga mengarah pada performa yang tidak stabil. Di sisi lain, hal inilah yang membuat neuCloud elastiCa lebih terjangkau daripada dediCa; Anda dapat membayar harga yang lebih murah karena biaya operasional akan ditanggung bersama dengan pengguna lain.

 

Siapa yang cocok menggunakan layanan ini?

Dengan menjadi opsi private cloud yang lebih terjangkau, neuCloud elastiCa sangat ideal untuk bisnis kecil hingga menengah atau perusahaan dari berbagai industri. Jika Anda biasanya menangani volume lalu lintas dan beban kerja yang rendah - yang sebenarnya tidak memerlukan hosting khusus - tetapi tetap ingin memilih private cloud computing, neuCloud elastiCa tentu cocok untuk Anda. Seperti yang sudah sering kami sampaikan, neuCloud elastiCa adalah private cloud fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan menyediakan sumber daya bersama yang lebih hemat biaya.

 

neuCloud multiCa

 

neuCloud multiCa adalah layanan cloud neuCentrIX yang memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa layanan cloud, baik private maupun public (dari berbagai penyedia cloud seperti AWS, Microsoft Azure, Google Cloud, dan AliCloud), berdasarkan kebutuhan dan preferensi bisnis Anda. Dengan neuCloud multiCa, Anda dapat memperoleh manfaat dari private dan public cloud dengan lebih nyaman melalui dasbor self-service tunggal dan lebih terjangkau dengan opsi bayar sesuai penggunaan setiap bulan.

 

Siapa yang cocok menggunakan layanan ini?

Jika bisnis Anda termasuk kategori bisnis skala menengah atau perusahaan berskala besar yang mengharapkan pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun ke depan, neuCloud multiCa paling tepat untuk Anda. Layanan ini juga ideal untuk Anda yang memiliki cukup keahlian dan sumber daya teknologi yang memungkinkan Anda mengatur dan mengelola lingkungan hybrid.

 

Dengan menyediakan tiga layanan neuCloud berbeda, neuCentrIX memastikan bahwa Anda memiliki opsi yang tepat untuk kebutuhan dan preferensi bisnis Anda. Meskipun demikian, hal paling penting yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah menetapkan kebutuhan bisnis Anda dan memahami perbedaan setiap layanan agar bisa memilih layanan yang paling tepat.