Cara Kerja dan Manfaat Penting dari Internet Exchange Point

neuCentrIX - 21/09/2020 16:46

Internet Exchange telah hadir dan berkembang di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Pada 2016, Internet Exchange Point (IXP) di Indonesia merupakan Internet Exchange Point terbesar ketiga di dunia dan telah membantu penyedia layanan Internet menghemat biaya hingga Rp 4,4T per tahun. Hingga saat ini, Internet Exchange Point telah memfasilitasi Internet Service Provider (ISP) untuk menghemat biaya dan memberikan biaya berlangganan yang lebih rendah bagi penggunanya.

 

Definisi Internet Exchange Point

Internet Exchange Point (IXP) adalah sebuah infrastruktur fisik di mana operator, ISP, jaringan pengiriman konten, perusahaan web, perusahaan hosting, dan penyedia cloud terhubung secara lokal. Internet Exchange Point memungkinkan anggota yang berpartisipasi untuk melakukan interkoneksi secara langsung dan bertukar lalu lintas Internet melalui peering ketimbang langsung mengandalkan jaringan pihak ketiga untuk membawa lalu lintas internet untuk mereka.

 

Meskipun memiliki berbagai ukuran dan kompleksitas, Internet Exchange Point pada dasarnya berisi router, server, dan satu atau beberapa kontak jaringan yang menyediakan lalu lintas antara jaringan anggotanya. Untuk memenuhi tujuannya, Internet Exchange Point harus ditempatkan di lokasi yang netral dan biasanya tersebar di berbagai negara agar jaringan lokal dapat bertukar lalu lintas secara efisien.

 

Manfaat Penting Internet Exchange Point

Internet Exchange Point penting karena kehadirannya membantu memperkuat konektivitas internet lokal. Kemudahan bertukar lalu lintas dengan anggota Internet Exchange Point lainnya memungkinkan perusahaan jaringan memperpendek jarak yang harus ditempuh sekelompok data dari suatu sumber ke tujuan, menjaga lalu lintas lokal, sehingga mengurangi lag dan meningkatkan waktu perjalanan pulang pergi suatu data. Internet Exchange Point juga memungkinkan stabilitas dan keberlanjutan akses yang lebih baik melalui kemampuannya mengarahkan lalu lintas internet saat ada masalah konektivitas jaringan. Dengan menyediakan koneksi jaringan yang langsung dan lebih cepat, Internet Exchange Point meningkatkan kualitas akses bagi produsen dan konsumen konten lokal.

 

Manfaat lain menggunakan Internet Exchange Point untuk perusahaan adalah berkurangnya biaya pengoperasian. Dengan menggunakan berbagai metode, anggota Internet Exchange Point dapat berbagi biaya pemeliharaan infrastruktur fisik dan layanan terkait. Anggota juga dapat menghemat biaya dengan memastikan lalu lintas antara pengirim dan penerima lokal menggunakan sambungan lokal yang relatif murah, dibandingkan sambungan internasional. Biaya pengoperasian yang lebih rendah berarti biaya akses internet yang lebih terjangkau untuk sejumlah besar pengguna lokal Internet Exchange Point.

 

Karena tawaran ini, Internet Exchange Point sangat dibutuhkan dalam pengembangan ekosistem internet lokal dan memicu lebih banyak inovasi dan peluang bisnis sehingga meningkatkan daya saing. Keberadaan Internet Exchange Point di lingkungan lokal menarik berbagai layanan terkait, seperti server nama domain dan konten serta cache web. Ketika jenis layanan ini dilokalkan, mereka mengurangi kebutuhan bandwidth dan meningkatkan kecepatan dan keandalan akses internet untuk pengguna lokal. Hal ini dapat berfungsi sebagai motivasi bagi pengembang lokal untuk memproduksi dan memberikan konten dan aplikasi lokal yang lebih relevan yang mengarah pada pengalaman online yang lebih baik bagi konsumen lokal. Secara keseluruhan, seluruh proses membuat internet lebih bermanfaat secara sosial dan ekonomi di suatu area, kota, dan negara.

 

Beberapa Jenis Internet Exchange Point

Seringkali, Internet Exchange Point dijalankan dan dikelola oleh sekelompok pihak yang akan mendapat manfaat dari keberadaan Internet Exchange Point. Sejumlah Internet Exchange Point memang bersifat komersial, namun beberapa lainnya ada yang bertujuan nirlaba. Terlepas dari itu, poin kunci dari kepemilikan dan pengelolaan Internet Exchange Point adalah netralitasnya.

 

Secara umum, ada lima kategori Internet Exchange Point berdasarkan tujuan dan gaya manajemennya:

  1. Internet Exchange Point yang dikelola oleh organisasi nirlaba

  2. Internet Exchange Point yang dikelola oleh asosiasi formal dan informal ISP

  3. Internet Exchange Point yang didukung oleh pusat penelitian, universitas, dan badan pemerintah

  4. Perusahaan komersial

  5. Internet Exchange Point yang disediakan oleh penyedia colocation seperti NeuCentrIX

 

Untuk menjaga netralitasnya, sebuah Internet Exchange Point tidak bisa dimiliki secara langsung oleh anggotanya. Ini juga berarti bahwa Internet Exchange Point tidak boleh bersaing dengan sesama anggota atau pelanggannya dalam aktivitas apa pun termasuk peluang bisnis.