Komputasi Cloud untuk “Smart City”

neuCentrIX - 02/11/2022 10:00

Komputasi cloud telah menjadi hal yang sangat penting bagi semua aktivitas di internet, termasuk pengelolaan, penyimpanan dan transmisi data. Teknologi ini juga merupakan teknologi yang digunakan untuk implementasi kota pintar atau dikenal dengan istilah smart city. Bila secara tradisional, perusahaan akan memasang data center kecil untuk menjalankan server dan database. Akan tetapi, komputasi cloud membawa pengalaman baru yang memungkinkan perusahaan mengelola data melalui cloud dengan cara yang jauh lebih mulus dan lebih aman.
Teknologi ini merupakan teknologi sama yang digunakan untuk mengembangkan smart city di seluruh dunia. Pada artikel kali ini,akan dibahas apa itu smart city, infrastruktur yang dibutuhkan serta bagaimana komputasi cloud digunakan untuk mengimplementasikan proyek kota inovatif tersebut.

Apa kesamaan Smart City?
Smart City adalah sebuah kotamadya yang pada hakikatnya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan yang ditawarkan untuk penghuninya. Singkatnya, tujuan dari smart city adalah membuat kehidupan kota lebih maju secara teknologi dan memicu pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan teknologi guna memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi penduduknya.

Kapasitas sebuah kota yang cerdas untuk mengembangkan kemitraan yang kuat dengan pemerintah dan sektor bisnis adalah kesuksesannya. Kemitraan ini sangat penting karena sebagian besar tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga masyarakat digital berbasis data terjadi di luar sektor pemerintahan. Komponen seperti sistem kamera dan database dari bisnis lain dapat digunakan untuk memantau jalanan yang ramai. Fitur-fitur seperti itu lah yang membuat smart city menjadi sangat efisien.

Mengapa kita membutuhkan Smart City saat ini?
Smart city sangat dibutuhkan karena memiliki banyak manfaat penting. Selain mendigitalkan kehidupan kota dan membuat administrasi lebih efisien, smart city memiliki manfaat penting lainnya, seperti berikut :

● Lebih efisien dan menawarkan pengambilan keputusan berbasis data.
● Meningkatkan keterlibatan pemerintah dengan penduduknya.
● Menawarkan pengembangan komunitas yang lebih aman.
● Mengurangi polusi lingkungan dengan cara mengurangi jejak karbon.
● Menawarkan transportasi yang lebih baik.
● Meningkatkan jumlah ekuitas digital.
● Memberikan kesempatan bagi proyek pembangunan ekonomi baru.
● Perbaikan besar infrastruktur.
● Meningkatkan efisiensi utilitas publik.
● Meningkatkan keterlibatan tenaga kerja.

Infrastruktur Smart City
Smart city terdiri dari enam dimensi utama yang harus didigitalkan sepenuhnya. Hal ini termasuk ekonomi inovatif, mobilitas pintar, lingkungan pintar, hidup pintar, masyarakat pintar dan pemerintah pintar. Semua ini membutuhkan infrastruktur yang intens demi mendirikan ekosistem luar biasa yang menggabungkan penduduk, perusahaan, dan pemerintah secara teknologi.

Bagaimana Implementasi Komputasi Cloud pada Proyek Smart City
Dikarenakan smart city menuntut kebutuhan akan infrastruktur yang sangat canggih, berarti komputasi cloud akan sangat dibutuhkan. Komputasi cloud tidak hanya menawarkan penyimpanan tak terbatas bagi data yang dibutuhkan untuk menjalankan institusi-institusi ini secara efektif, tetapi juga memberikan ruang untuk transmisi dan otomatisasi data. Berikut beberapa cara komputasi cloud membantu mengembangkan smart city :

● Menawarkan kinerja internet yang tinggi.
● Memberikan skalabilitas ekonomi.
● Menawarkan analisis data dan layanan penyimpanan.
● Memiliki akses mudah kapan saja dan cocok dengan perangkat pintar manapun.

Smart city adalah masa depan dan beberapa perusahaan sudah memulai proyek ini. Komputasi cloud disertai dengan infrastruktur canggih memastikan proyek kota cerdas ini berjalan secara efisien. neuCentrIX menawarkan banyak produk komputasi cloud guna memastikan Anda mendapatkan layanan yang fleksibel, bisa disesuaikan, dan sangat terukur. Anda dapat mempelajari solusi cloud kami untuk pemahaman yang lebih baik.