neuCentrIX Resmi Bergabung dengan IDPRO: Kolaborasi untuk Meningkatkan Kemampuan Digital Indonesia

neuCentrIX - 29/07/2021 18:02

Pada tanggal 16 Juli 2021, neuCentrIX resmi bergabung dengan Indonesia Data Center Provider Organization atau IDPRO.

 

IDPRO sendiri didirikan pada bulan Juni 2016 dengan tujuan mulia, yaitu menyatukan dan menyelaraskan semua organisasi di industri data center di Indonesia dan membuka potensi mereka untuk mendukung Indonesia sebagai negara digital, negara dengan kedaulatan data terbesar di kawasan. Kini, bersama dengan tokoh IDPRO lainnya, neuCentrIX akan turut berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan mulia tersebut.

 

IDPRO adalah asosiasi dari berbagai organisasi dan individu yang bergerak di industri data center yang sedang berkembang pesat di Indonesia, mulai dari vendor dan penyedia (penyedia data center, internet service providers, dll), perusahaan dan institusi (lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dll.), hingga para ahli dan profesional industri. IDPRO, yang saat ini berkantor pusat di Jakarta, didirikan oleh tujuh organisasi paling berpengaruh di industri untuk mendukung implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Oleh karena itu, salah satu agenda utama IDPRO adalah mempersiapkan, menetapkan, dan mengimplementasikan Standardisasi Nasional Data Center Indonesia serta Sertifikasi bagi para pelaku data center di Indonesia.

 

IDPRO dipimpin oleh Hendra Suryakusuma (CEO salah satu perusahaan data center terkemuka di Indonesia) sebagai Chief, bersama dengan Teddy Sukardi (seorang Konsultan IT dan Ketua Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia) sebagai Sekretaris Umum, dan Stephanus Oscar (seorang Profesional IT di salah satu perusahaan data center terbesar di tanah air) sebagai Bendahara. Dengan pengalaman yang luas di industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), jajaran pimpinan ini dipercaya mampu membawa IDPRO dan anggotanya untuk berkontribusi secara aktif dalam pengembangan ekosistem TIK Indonesia.

 

Untuk menjadi anggota IDPRO, sebuah organisasi harus memenuhi dua persyaratan utama. Pertama, harus berbentuk badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Kedua, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan, penyediaan, atau layanan infrastruktur data center ATAU lembaga pemerintah ATAU lembaga pendidikan di Indonesia. Saat ini, IDPRO memiliki lebih dari sepuluh anggota yang terdiri dari beberapa data center dan internet service providers terkemuka di tanah air, termasuk neuCentrIX. Dalam perkembangannya, IDPRO bermaksud untuk menjalin kerja sama dengan lebih banyak perusahaan, institusi, akademisi, dan profesional, termasuk instansi pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pertahanan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kamar Dagang Indonesia (KADIN), dan Masyarakat Telekomunikasi (MASTEL).

 

Sebagai anggota IDPRO, neuCentrIX akan menerima sejumlah manfaat. Pertama, neuCentrIX akan diprioritaskan dalam upaya percepatan setiap keputusan terkait regulasi yang mempengaruhi perkembangan industri data center tanah air. Kedua, neuCentrIX akan menerima informasi terbaru terkait industri data center di tanah air, termasuk draft regulasi dan proposal, regulasi dan keputusan terbaru, dan informasi penting lainnya. Ketiga, neuCentrIX akan menerima informasi tentang keterlibatan IDPRO di tingkat regional dan internasional. Selanjutnya, neuCentrIX akan dapat berpartisipasi dalam acara eksklusif dengan jumlah peserta yang terbatas, seperti acara pelatihan, program pendidikan, dan pameran yang diselenggarakan oleh mitra IDPRO. Terakhir, neuCentrIX akan dapat mengembangkan koneksi dan jaringan bisnis dengan para pelaku utama di industri data center di Indonesia.

 

Akhir kata, bergabung dengan IDPRO merupakan peluang besar bagi neuCentrIX untuk dapat tumbuh dan menjadi organisasi yang lebih unggul. Melalui IDPRO, neuCentrIX akan mampu membuktikan komitmennya dalam mengembangkan ekosistem digital dan TIK bangsa, meningkatkan kemampuan digital, dan mempercepat transformasi digital di Indonesia.