neuCentrIX Banjarmasin-Ulin: Data Center Telkom Indonesia Kedua di Kalimantan

neuCentrIX - 13/04/2021 15:00

Dalam komitmennya mengembangkan ekosistem digital bangsa, mendongkrak kapabilitas digital, dan mempercepat transformasi digital di Indonesia, Telkom Indonesia bergerak cepat melalui layanan neuCentrIX. Tidak butuh waktu lama bagi Telkom Indonesia untuk meluncurkan data center lainnya—kali ini di luar Jawa—setelah sebelumnya meluncurkan neuCentrIX Meruya pada bulan Maret.

 

Pada hari Kamis, 8 April 2021, Telkom Indonesia resmi meluncurkan data center terbarunya, yaitu neuCentrIX Banjarmasin-Ulin. Terletak di Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin, neuCentrIX Banjarmasin-Ulin adalah fasilitas data center Telkom Indonesia kedua di Kalimantan—setelah di Batu Ampar, Balikpapan.

 

neuCentrIX Banjarmasin-Ulin diresmikan oleh Bapak Dian Rachmawan (Direktur Wholesale & International Service Telkom), Bapak Riyanto Utomo (EVP Telkom Regional VI Kalimantan), Bapak Tri Nugroho (VP Wholesale Product & Service), Bapak Muhammad Rofik (VP Strategy Planning & Performance), Bapak Erik Orbandi (Executive Vice President Telkom DWS), dan Bapak Arief Hidayat (VP Wholesale Solution & Customer Management). Acara commercial launching tersebut bertema “Menjadikan Telkom Wholesale sebagai Content Delivery and Interconnect Partner” dan dihadiri secara online dan offline oleh lebih dari 50 peserta termasuk EVP Telkom Regional I-VII, Kepala Bappeda Pemprov Kalimantan Selatan, Kepala Bappeda Pemprov Kalimantan Selatan, Kepala Kominfo Pemprov Kalimantan Selatan, Kepala Kominfo Pemprov Kota Banjarmasin, dan Kepala Kominfo Pemkab Tanah Laut.

 

Telkom Indonesia melihat potensi besar Kalimantan dan memproyeksikan kebutuhan penetrasi dan konektivitas digital yang akan meningkat pesat dalam waktu dekat. Dengan kapasitas 30 rak, carrier neutrality, dan eyeball access terbesar di Indonesia, neuCentrIX Banjarmasin-Ulin siap melayani permintaan pengguna layanan digital lokal dan regional termasuk instansi pemerintah, penyedia layanan internet, dan perusahaan startup dengan empat layanan: Colocation, Cloud, Connectivity, dan CDN. Selain itu, neuCentrIX Banjarmasin-Ulin juga didesain menjadi meeting point dan rumah kreatif bagi kolaborator digital yang berbasis di Kalimantan. Fasilitas ini mendukung kerjasama Telkom Indonesia dengan komunitas startup lokal melalui co-creation, mentoring, dan coaching untuk mendorong pertumbuhan digital dan menciptakan ekosistem digital yang kuat di kawasan ini.

 

Dalam sambutannya, Bapak Dian Rachmawan menekankan peran neuCentrIX sebagai penyedia layanan satu atap (one-stop services) bagi konsumennya. Chief Dian menyatakan, "Tren tidak berhenti pada migrasi dari on-premise data center ke colocation. Di era cloud, pengguna data center hanya perlu mengonsumsi. Itulah mengapa neuCentrIX membangun IaaS (Infrastructure-as-a-Service). Semua server dan jaringan siap dan tersedia. Kami menyediakan bandwidth internasional dan Internet exchange points. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan konsumen adalah terkoneksi, dan Anda tidak perlu mencari di tempat lain. neuCentrIX sudah cukup, karena semua kebutuhan IT Anda terpenuhi sehingga Anda juga dapat menghemat biaya.”

 

Bapak Riyanto Utomo selaku tuan rumah juga menyinggung tentang peran Kalimantan dalam mengawali kedaulatan digital Indonesia. Karena menyangkut kepemilikan data dan aset digital, serta pertimbangan bagaimana aset tersebut digunakan, kedaulatan digital sangat penting untuk keamanan, privasi, dan perlindungan data masyarakat di era digital. Kedaulatan digital harus diterapkan tidak hanya pada basis individu tetapi juga terhadap bangsa. Membangun pusat data di seluruh nusantara menjadi salah satu cara Telkom Indonesia mendukung bangsa dalam menegakkan kedaulatan digital.

 

Menutup acara, Bapak Dian Rachmawan menyatakan kembali pesannya, “Jadikan neuCentrIX menjadi rumah para pelaku ekosistem digital untuk percepatan transformasi digital yang merata di NKRI.”