Masa Depan Pekerjaan di 2021: Bagaimana Data Center Kolokasi dan Layanan Cloud Mendukung Work-from-Anywhere

neuCentrIX - 15/01/2021 16:02

Hampir satu tahun berlalu sejak wabah COVID-19 muncul. Meskipun pengembangan vaksin terlihat menjanjikan, jumlah kasus terus saja mengalami peningkatan. Terhitung sejak akhir tahun 2020, sudah banyak perusahaan mengumumkan bahwa sistem bekerja jarak jauh akan menjadi pilihan yang berkelanjutan untuk karyawan mereka sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus. Dua raksasa teknologi, Facebook dan Twitter, sudah mulai mengizinkan sebagian besar karyawan mereka untuk melakukan penyesuaian dalam pekerjaan mereka secara permanen sehingga memungkinkan mereka untuk bekerja jarak jauh. Facebook bahkan telah mulai membuat sebagian besar lowongan pekerjaan di Amerika Serikat tersedia untuk perekrutan jarak jauh dan mulai menerima lamaran untuk pekerjaan jarak jauh secara tetap untuk karyawan.

 

Kebangkitan WFX

Berbagai prediksi tentang ragam pekerjaan masa depan di tahun 2021 telah dibuat. Sejumlah pendiri dan CEO dari sebuah platform papan tulis digital untuk kolaborasi virtual memprediksi bahwa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) akan berubah menjadi bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFX) dan hal ini akan menjadi transformasi digital yang masif. Prediksi ini berdasar pada fakta bahwa basis pengguna platform tersebut telah berlipat ganda, dari 3,7 juta menjadi 9 juta, terhitung sejak Maret 2020. Tak hanya itu, ketika bepergian kembali diperbolehkan pun, akan ada banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerja jarak jauh dari lokasi baru, seperti di kampung halaman, tempat yang jauh dari perkotaan, atau bahkan dari lokasi destinasi wisata.

 

Sejak tahun lalu, sebagian besar perusahaan yang telah beralih dari work from office (WFO) ke work from home (WFH) mulai mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka untuk berinvestasi di teknologi yang memungkinkan mereka untuk berkolaborasi secara virtual. Namun, jika WFX menjadi sesuatu untuk antisipasi pada tahun 2021, penting bagi sebuah perusahaan untuk mengambil langkah besar dan memastikan peningkatan teknologi yang lebih signifikan dan berkelanjutan, seperti melakukan migrasi fungsi divisi IT mereka ke data center kolokasi atau di cloud, atau bahkan keduanya.

 

Data Center Kolokasi dan Layanan Cloud Sebagai Pilihan

Layanan kolokasi menawarkan fleksibilitas yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai transformasi digital yang sebenarnya. Menyewa server di layanan kolokasi adalah pilihan tepat bagi perusahaan yang lebih memilih server fisik, tetapi dengan pemeliharaan dan alokasi sumber daya yang minimal. Dengan menghilangkan infrastruktur divisi IT di kantor dan memilih berbagi ruang di data center kolokasi, perusahaan dapat sepenuhnya melakukan pekerjaan dari jarak jauh dan mengurangi anggaran dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, dengan solusi pencadangan dan kemampuan pemulihan bencana, penyedia layanan kolokasi dapat membantu perusahaan menjaga ruang kerja jarak jauh mereka agar tetap aktif, apapun yang terjadi. Terlebih lagi, dengan netralitas operator jaringan dan beberapa redundansi bawaan dalam komponennya, termasuk sistem daya dan pendingin, data center kolokasi dapat membantu cloud dengan memastikan keandalan waktu operasional 100% agar karyawan yang bekerja jarak jauh selalu memiliki akses ke server yang menampung data dan aplikasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka.

 

Di sisi lain, cloud, sebagai versi jarak jauh dari data center, menyediakan cara agar karyawan selalu bisa terhubung dan produktif di manapun mereka bekerja. Melalui cloud, setiap karyawan dapat terus terhubung dan berbagi. Hal tersebut penting untuk meningkatkan kualitas kerja yang dihasilkan serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Menggunakan cloud untuk kolaborasi juga memastikan kontrol terhadap proyek ditingkatkan, aksesibilitas dokumen dan kemampuan untuk mengerjakan proyek dari mana saja, koordinasi dan sinkronisasi pekerjaan lebih mudah, pembaruan terkini untuk meningkatkan produktivitas dan penjadwalan proyek, serta komunikasi yang lebih mudah.

 

Secara singkat, implementasi WFX dinilai akan terjadi dalam waktu dekat dan sudah saatnya perusahaan mulai mempersiapkan diri untuk melakukan transformasi dan mempertahankan posisi yang kuat agar tetap bisa bersaing di masa yang akan datang. Menggunakan infrastruktur data center kolokasi yang andal dengan konektivitas cloud yang kuat memungkinkan perusahaan menghilangkan kebutuhan akan kantor fisik sekaligus mampu menjaga karyawan tetap produktif di manapun mereka bekerja.