Peluncuran neuCentrIX Candi, Data Center ke-11 dari Telkom Indonesia, di Semarang

neuCentrIX - 18/11/2020 09:35

Telkom Indonesia selalu berkomitmen untuk terus membuka potensi Indonesia yang lebih besar agar mampu menjadi pembangkit digital berikutnya di Asia dan dunia. Dengan membangun infrastruktur dan platform, serta memberikan akses konektivitas digital yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat, Telkom Indonesia berkontribusi pada pengembangan kapabilitas dan ekosistem digital Indonesia, dengan harapan membantu bangsa menjadi bagian penting dari ekonomi digital dunia.

 

Sebagai bagian dari komitmen ini, Telkom Indonesia dengan bangga meluncurkan Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) Candi, data center ke-11 dan terbaru pada 11 November 2020 lalu. Terletak di Candisari, jantung kota Semarang, neuCentrIX Candi adalah data center pertama di wilayah Jawa Tengah dan merupakan yang kedua di area Regional IV, dan telah dibangun khusus untuk memenuhi kebutuhan usaha kecil dan menengah, pelanggan perusahaan, dan instansi pemerintah.

 

Acara peluncuran dipimpin oleh Bapak Dian Rachmawan, Direktur Wholesale & International Service (“WINS”) Telkom, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Djatmiko (Executive Vice President Telkom Regional IV), dihadiri oleh Bapak Priyo Suyono (Chief dari APJII di Jawa Tengah), perwakilan dari GMEDIA (ISP/penyedia layanan internet), perwakilan dari DigiTiket (perusahaan rintisan), dan perwakilan dari Dinas Kominfo Semarang. Dalam sambutannya, Bapak Dian Rachmawan menekankan potensi pasar di Jawa Tengah dan bagaimana neuCentrIX Candi dapat memberikan manfaat bagi pengguna dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital lokal. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya 118 STU di Jawa Tengah (mencapai 90% kapasitas) yang sudah beralih ke metode baru.

 

Beliau menyatakan, “Mari kita ubah neuCentrIX menjadi 'rumah' yang memberikan 'Anything as a Service (XaaS)', tidak hanya rak kolokasi, daya, dan konektivitas. Semua (bisnis dan penyedia layanan): CAP, OTT, pemain digital, dan start-up yang membutuhkan akses ke eyeball (pengguna internet) harus menjadi bagian dari pusat data. "

 

Adapun Bapak Djatmiko mengungkapkan harapan atas pemberdayaan start-up company terhadap masa depan ekosistem digital di Indonesia.

 

“Ini sangat penting karena menyangkut masa depan Telkom, lebih khusus lagi the future of Indonesian digital ecosystem,” tegas Djatmiko.

 

Dengan 20 rak siap jual, neuCentrIX Candi menawarkan berbagai layanan utama yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, termasuk kolokasi, konektivitas, dan layanan cloud. Selain itu, untuk memastikan performa dan penyampaian (delivery) yang optimal, layanan utama ini didukung oleh sejumlah layanan dan fasilitas tambahan seperti sistem manajemen keamanan, IP publik, lintas konektivitas, teknologi sistem pendingin, ruang Meet-Me, dan kontrol operasi jaringan. Semua layanan berstandar internasional ini dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia yang dapat disesuaikan untuk memenuhi permintaan yang berbeda dan menjamin kenyamanan bagi setiap kliennya.

 

Sebagai pusat data ke-11, neuCentrIX Candi hadir sebagai bagian dari rencana besar Telkom Indonesia untuk membangun 14 pusat data di seluruh negeri. Sejak 2019, neuCentrIX telah mendirikan 11 data center yang berlokasi di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan sekarang Semarang. Tiga pusat data lagi akan berlokasi di Meruya, Pekanbaru, dan Banjarmasin, serta dalam rencana akan diluncurkan pada 2021. Selain itu, sebagai data center kedua di Telkom Region IV Jawa Tengah, setelah yang pertama di Kotabaru, Yogyakarta, neuCentrIX Candi dipercaya dapat membawa transformasi yang lebih besar dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya.

 

Keberadaan data center neuCentrIX di lokasi-lokasi strategis di seluruh Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi bagi kebutuhan kelincahan digital Indonesia dan ekosistem digital yang kuat. Karena mengumpulkan layanan, jaringan, dan penyedia konten dari seluruh dunia untuk menjangkau lebih dari 265 juta orang Indonesia melalui jaringan yang mulus, aman, dan andal, neuCentrIX diarahkan untuk menjadi global digital hub untuk menghadirkan potensi terbesar Indonesia dan meningkatkan daya saing digital bangsa, sehingga dapat memajukan Indonesia.