Apa yang Harus Dimengerti Tentang Pusat Data Kolokasi alias Colocation Data Centers

neuCentrIX - 23/09/2020 16:03

Sekarang ini sebagian besar perusahaan dari berbagai industri telah beralih menjadi digital, dan sepertinya jalan putar untuk kembali seperti dulu bukanlah sebuah pilihan. Seiring makin pentingnya digitalisasi, pusat data alias data center tanpa diragukan telah menjadi kebutuhan dasar setiap perusahaan. Namun, apakah setiap perusahaan harus menempatkannya secara on-site di setiap kantor?

 

Selain pusat data on-premise, sebenarnya saat ini kita semakin familiar dengan model colocation data center. Pusat data kolokasi atau colocation data center adalah jenis pusat data yang menyewakan fasilitasnya, termasuk gedung, peralatan, listrik, pendingin, dan keamanan fisik ke banyak perusahaan. Sebagian besar server colocation bersifat carrier-neutral sehingga bersifat independen dan terhubung ke lebih dari satu penyedia jaringan. Hal ini memungkinkan penyewa menghindari batasan untuk hanya mengandalkan satu jaringan tertentu dan bersikap fleksibel dalam memilih berbagai opsi konektivitas.

 

Kini telah banyak pusat data colocation yang menawarkan layanan yang dapat disesuaikan dan harga fleksibel untuk mengakomodasi berbagai jenis klien. Pusat-pusat data ini menyediakan banyak pilihan konfigurasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Selain itu, sebagai cara untuk bekerja ekstra, kebanyakan data center juga telah memperluas jangkauan layanan dan menyertakan layanan terkelola yang mendukung inisiatif bisnis pelanggan, seperti pemeriksaan peralatan, analisis inventaris, pengujian dan verifikasi sistem, serta konsultasi. Menggunakan layanan colocation data center sesungguhnya memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan.

 

Efektivitas Biaya

Dalam menjaga jalannya bisnis sehari-hari, pengelolaan data internal dapat menjadi beban. Mengelola semua variabel dan pengeluaran utamanya secara mandiri telah terbukti memakan waktu. Sebagai jawaban untuk masalah ini, colocation data center menawarkan layanan yang mencakup manfaat bawaan seperti dukungan, keamanan, redundansi, dan konektivitas dengan biaya yang terencana atau lebih efisien dibandingkan dengan hosting di situs.

 

Menggunakan layanan colocation juga memungkinkan perusahaan untuk menghilangkan variabel operasional yang tidak dapat diprediksi, seperti pemeliharaan peralatan, staf keamanan tambahan, migrasi kantor, atau pemadaman listrik, namun tetap memastikan data dan informasi mereka disimpan dalam lingkungan yang andal dan tangguh. Bebas dari kerumitan, bisnis akan dapat secara efisien fokus pada inisiatif dan sumber daya inti.

 

Konektivitas yang Lebih Baik

Manfaat utama lain dari colocation data center adalah netralitas operator dan kemampuan untuk menyediakan pilihan opsi konektivitas bagi pelanggan mereka. Ketersediaan beberapa penyedia layanan internet, layanan jaringan, dan platform cloud yang dapat dipilih memudahkan pelanggan pusat data colocation untuk membangun infrastruktur jaringan berdasarkan kebutuhan, kriteria, dan kenyamanan yang mereka pilih.

 

Keamanan yang Ditingkatkan

Seiring meningkatnya pelanggaran data perusahaan, penyedia colocation saat ini senantiasa menerapkan protokol keamanan terbaru, ekstensif, dan ketat di infrastruktur fisik dan keamanan siber. Protokol keamanan fisik mereka terdiri dari berbagai ukuran mulai dari hal-hal mendasar yang besar seperti pilihan lokasi dan tim dukungan teknis, hingga administrasi seperti kartu akses elektronik, penghalang akses kendaraan, deteksi dan pengendalian kebakaran, pemantauan kamera, dan pemantauan berkelanjutan. Untuk menyelesaikan langkah-langkah keamanan, protokol keamanan siber yang mutakhir juga digunakan, termasuk firewall generasi terbaru dan layanan cadangan terkelola untuk memastikan pemulihan data fisik dan virtual jika terjadi bencana atau kehilangan.


 

Seiring pertumbuhan perusahaan, ekspansi dan migrasi infrastruktur teknologi informasi tidak bisa dihindari. Layanan colocation memberi perusahaan kemampuan untuk memperluas infrastruktur mereka dengan cepat dan mulus dengan biaya yang lebih terkontrol. Selain itu, jika perusahaan tertarik dengan migrasi cloud untuk mendukung inisiatif dan persyaratan bisnis mereka, layanan colocation memberikan transisi yang lancar dengan memungkinkan mereka memindahkan peralatan mereka ke fasilitas di luar lokasi dengan kapasitas dan kinerja yang lebih besar. 

Singkatnya, layanan colocation memberi perusahaan kesempatan berfokus pada inti bisnis mereka, menghilangkan tantangan manajemen data internal, dan mendapatkan semua manfaat dari pusat data yang ditingkatkan: biaya pemeliharaan yang lebih rendah, peningkatan skalabilitas, dan keamanan yang lebih baik.