Teknologi Pendinginan untuk Efisiensi dan Kinerja Data Center yang Lebih Baik

neuCentrIX - 12/08/2020 21:06

Dari sekian banyak hal teknis yang kompleks dalam pengelolaan data center, penghilangan suhu panas atau pengelolaan temperatur adalah aspek yang kurang dihiraukan kendati merupakan salah satu yang paling penting. Meskipun signifikan, manajemen sistem pendingin pusat data cenderung rumit dan banyak tuntutan. Padahal, sistem pendinginan data center yang andal adalah aspek utama yang dapat memastikan penyebaran anggaran efektif dan konsumsi energi menjadi efisien. 

Tak dapat dimungkiri, seiring meningkatnya jumlah data yang dikumpulkan dan disimpan di server, suhu di dalam data center juga akan meningkat. Ketika suhu dan kelembapan naik ke tingkat yang melampaui batas, muncul risiko overheat dan malfungsi yang dalam jangka panjang dapat berdampak ke banyaknya jumlah penggantian komponen—sesuatu yang dihindari perusahaan dengan cara apa pun. Untuk terhindar dari kondisi ini, dibutuhkan sistem manajemen suhu yang dari awal dirancang baik dan tahan lama. Memang, infrastruktur sistem semacam ini membutuhkan anggaran tinggi dan lebih banyak sumber daya untuk beroperasi.

Inilah sebabnya, agar bebas dari berbagai kerumitan dan mampu memfokuskan sumber daya mereka pada hal yang diprioritaskan, banyak perusahaan lebih memilih layanan colocation daripada on-premises data center (pusat data di tempat). Penyedia colocation data center telah memiliki kemampuan tidak hanya untuk membangun sistem pendingin yang modern, tetapi juga hemat energi dan hemat biaya.


Desain Lorong Panas/Lorong Dingin
Dalam infrastruktur sistem pendingin, rak server disusun menjadi barisan “lorong panas” yang terdiri dari pembuang udara panas di bagian belakang rak, dan “lorong dingin” yang terdiri dari pipa penyedot udara dingin di bagian depan rak. Lorong panas menyalurkan udara panas ke pipa penyejuk udara untuk didinginkan, kemudian setelah terkontrol, udara dingin diedarkan kembali melalui lorong dingin. Tujuan konfigurasi ini adalah untuk menghemat energi dan menurunkan biaya pendinginan dengan mengelola aliran udara.

Prosedur Penangkaran
Untuk mendukung konfigurasi lorong panas dan lorong dingin, prosedur penangkaran lebih lanjut diterapkan melalui pemasangan dinding dan pintu. Dinding dan pintu ini mengarahkan aliran udara, serta menjaga udara panas tetap di lorong panas dan udara dingin tetap di lorong dingin. Prosedur penangkaran yang efisien memungkinkan data center bekerja dengan baik dalam menjalankan kepadatan rak yang lebih tinggi namun mampu mengurangi konsumsi energi.

Inspeksi dan Pencegahan Kebocoran
Kebocoran udara dan air di data center dapat terjadi karena lantai yang terangkat, kabel yang terbuka, serta lubang di panel, kolom pendukung, dan perimeter. Setiap kebocoran dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari debu, kelembapan, hingga kehilangan data dan downtime (penghentian sementara) yang tidak efisien. Oleh karena itu, deteksi pra-perencanaan menggunakan berbagai metode diperlukan untuk antisipasi dan pencegahan.

Sinkronisasi Titik Kontrol Kelembapan
Kontrol kelembapan adalah pengukuran peningkatan atau pengurangan uap lembap/embun menggunakan unit pengaturan suhu dan udara, karena udara di data center tidak boleh terlalu lembap atau terlalu kering. Berhubung dua tugas ini saling bertentangan, sistem harus dibuat sejak awal untuk menyelaraskan pekerjaan dari masing-masing unit dan mencegah inefisiensi dan konsumsi energi yang terlampau tinggi.


Sebagai penyedia colocation data center yang andal, NeuCentrIX menyediakan kebersihan rak yang tepat melalui pengaturan rak dan ruang server yang dirancang dengan baik, sistem pendinginan dan penangkaran yang efisien, dan pemantauan operasi yang berkelanjutan. Dengan menerapkan hal-hal tersebut secara menyeluruh, NeuCentrIX memastikan kinerja terbaik dari sistem penghilangan suhu panas sambil tetap mengendalikan konsumsi energi dan biaya, sekaligus memberi perusahaan Anda kemudahan dan manfaat menggunakan layanan colocation data center.