Panduan untuk Memutuskan Apakah Bisnis Anda Membutuhkan CDN

neuCentrIX - 10/01/2022 10:00

Semakin lama CDN semakin populer dan sudah banyak bisnis yang menerapkannya ke dalam operasional mereka. Pertanyaannya, apakah bisnis Anda perlu menggunakan CDN? Berikut panduan yang sudah kami rangkum untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Beberapa Bisnis yang Mendapat Manfaat dari Penerapan CDN
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami apakah Anda benar-benar membutuhkan CDN. Meskipun CDN menawarkan sejumlah manfaat, tidak setiap perusahaan membutuhkannya. Di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis yang mendapatkan manfaat CDN.

1. Platform e-commerce
Untuk platform e-commerce, pengalaman pengguna adalah kunci kesuksesan mereka. Itulah mengapa bisnis ini harus memastikan bahwa pengguna mereka tidak perlu menunggu lama atau mengalami gagal transaksi selama melakukan penelusuran, pencarian, perbandingan, hingga akhirnya melakukan pembelian produk yang mereka inginkan. Dengan CDN, platform e-commerce dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan tanpa hambatan, bahkan saat lalu lintas sedang meningkat.

2. Lembaga keuangan
Keamanan dan keandalan sangat penting bagi lembaga keuangan. CDN membantu lembaga keuangan dengan menjamin metode yang lebih cepat, aman, dan andal bagi pengguna ketika mengirim dan menerima informasi keuangan yang bersifat sensitif.

3. Platform media
Untuk platform media, pengiriman konten adalah segalanya. Website dan aplikasi yang Anda gunakan biasanya berisi banyak konten. Konten-konten ini perlu terus diperbarui untuk memastikan pengiriman informasi dilakukan tepat waktu. Terlebih lagi, lalu lintas Anda dapat meningkat sewaktu-waktu. Dengan kemampuannya, CDN dapat membantu meningkatkan kinerja situs dan waktu buka halaman.

4. Lembaga pemerintah
Saat ini, sejumlah lembaga pemerintah modern memiliki website dan aplikasi seluler yang besar dan sarat konten untuk menyampaikan informasi dan layanan penting kepada masyarakat. CDN membantu lembaga pemerintah untuk melayani masyarakat dengan lebih cepat dan efisien.

5. Aplikasi seluler
Aplikasi seluler dituntut untuk cepat dan responsif. Dengan CDN, aplikasi seluler mampu mempercepat waktu muat halaman dan meningkatkan respons.

6. Teknologi dan SaaS
Untuk perusahaan teknologi dan penyedia SaaS, performa menjadi hal yang sangat penting. Jutaan pengguna mengandalkan layanan perusahaan dan setiap harinya ada miliaran permintaan yang dibuat. CDN membantu perusahaan di bidang teknologi menjaga performa tetap stabil bahkan, saat lalu lintas meningkat.

Pertanyaan yang Perlu Anda Jawab Saat Mempertimbangkan Penggunaan CDN
Sudah cek daftar bisnis di atas tapi masih ragu? Kini saatnya Anda bertanya pada diri sendiri tiga pertanyaan berikut sebelum berinvestasi di CDN.

Pertanyaan 1: Mengapa saya membutuhkan CDN?

Tentukan pokok permasalahan bisnis Anda dan tanyakan alasan mengapa CDN adalah jawaban yang tepat untuk permasalahan tersebut. Ada empat alasan utama mengapa Anda mungkin memerlukan CDN: situs Anda tumbuh secara signifikan, lalu lintas Anda terus meningkat, pengguna Anda mulai meluas ke seluruh dunia, dan file besar serta konten statis (gambar besar, skrip, CSS, dll.) membuat performa situs Anda turun.

Pertanyaan 2: Apakah CDN akan berfungsi untuk developer saya?

Melakukan penilaian apakah CDN tepat untuk tim operasional dan pengembangan Anda juga menjadi salah satu hal yang sangat penting. Diskusikan dengan tim teknis Anda apakah CDN dapat mendukung pekerjaan mereka, memecahkan masalah mereka, mengintegrasikannya ke dalam alur pengembangan mereka dengan mudah, dan apa saja fitur yang mereka cari.

Pertanyaan 3: Bagaimana dampak penggunaan CDN untuk rencana keuangan saya?

Setiap penyedia CDN menerapkan sistem pembayaran yang berbeda, bisa berdasarkan bandwidth, kinerja, fitur keamanan, sertifikat SSL, jumlah permintaan per halaman, dll. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda memiliki anggaran untuk CDN dan jenis CDN apa yang sesuai dengan anggaran Anda. Pastikan juga bahwa CDN adalah solusi yang benar-benar Anda butuhkan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Pada intinya, CDN sangat bermanfaat bagi bisnis yang melayani sejumlah besar pengguna di wilayah yang terdistribusi secara geografis. Melalui artikel ini, kami berharap dapat membantu Anda memutuskan apakah perusahaan Anda perlu mengadopsi CDN. Pastikan keputusan Anda tepat dan dapat menjamin keuntungan yang Anda harapkan.