Memahami Rancangan Data Center dan Kesalahan yang Harus Diwaspadai

neuCentrIX - 23/11/2022 10:05

Data center merupakan penopang utama bagi setiap bisnis saat ini. Bagi sistem TI manapun, data center adalah komponen yang sangat penting, namun juga biayanya yang paling mahal. Rancangan data center sangat diperlukan karena hal itu menentukan sebaik apa teknologi tersebut bisa berfungsi dalam waktu yang lama. Rancangan data center tidaklah mudah karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti penggunaan daya, dan efisiensi pendinginan.

Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana rancangan data center diciptakan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang harus diwaspadai.

Apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih penyedia Data Center
Penyedia data center adalah perusahaan yang menyediakan perangkat keras, perangkat lunak dan layanan yang dibutuhkan guna menjalankan data center Anda. Infrastruktur yang terukur, pemulihan pasca bencana, keamanan dan layanan pelanggan bisa diberikan oleh penyedia data center yang baik. Perusahaan harus melakukan riset dalam waktu yang cukup lama sebelum memilih penyedia data center. hal ini merupakan kesalahan yang bisa menimbulkan persoalan di masa mendatang.

Ketika sedang memilih penyedia data center, hal paling penting yang harus dipertimbangkan adalah apakah mereka memiliki infrastruktur yang layak sesuai kebutuhan Anda. Anda juga harus mempertimbangkan langkah-langkah keamanan, layanan pelanggan dan support level mereka. Hal-hal seperti harga, jaminan, dan yang lainnya juga perlu dipertimbangkan guna memastikan Anda memilih keputusan terbaik.

Apa saja standar untuk perancangan data center yang optimal?
Pertama-tama kita harus memahami dasar data center jika ingin merancang desainnya. Data center terdiri dari server dan perangkat penyimpanan yang terhubung ke internet. Server dan perangkat penyimpanan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti menyimpan dan mengambil data.

Rancangan data center bisa bervariasi, tergantung perusahaan mana yang memilikinya. Contohnya, sebuah perusahaan menawarkan layanan hosting untuk situs web perusahaan lain. Pada kasus ini, data center perusahaan tersebut akan dirancang agar bisa lebih mudah diakses oleh server dan perangkat penyimpanan perusahaan lain.


Berikut adalah beberapa standar untuk perancangan data center yang optimal :
 ● Memiliki koneksi jaringan yang redundan.
 ● Memperimbangkan tujuan bisnis yang spesifik.
 ● Ketersediaan infrastruktur data center berkualitas tinggi.
 ● Lokasi berkualitas.
 ● Keamanan tingkat 1.
 ● Memiliki sistem pendinginan yang redundan.
 ● Keandalan layanan yang baik.
 ● Dukungan secara langsung.
 ● Solusi carrier neutrality.

Apa saja kesalahan yang sering terjadi pada rancangan Data Center?
Agar bisa menyediakan akses tanpa gangguan, data center harus dirancang sedemikian rupa. Banyak kesalahan yang bisa terjadi dalam rancangan data center.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh perancang data center:
 ● Tidak mempertimbangkan penggunaan daya ketika sedang merancang.
 ● Merancang bangunan dengan kapasitas pendingin yang tidak memadai.
 ● Tidak menyediakan cukup ruang untuk peralatan baru.
 ● Tidak mempertimbangkan pertumbuhan di masa mendatang.
 ● Kurangnya redundansi di sumber daya listrik dan sistem pendingin.
 ● Salah mengukur UPS atau generator.

Ketika menentukan efisiensi data center, rancangannya merupakan salah satu faktor yang paling penting. Para penyedia data center mampu menawarkan layanan yang lebih baik serta meningkatkan skalabilitas dengan cara menghindari  dan mengoptimalkan standar data center. NeuCentrIX adalah data center terdepan dengan rancangan terbaik guna menyediakan data center seamless dan layanan kolokasi. Kunjungi laman kami untuk lebih lengkapnya.