Pentingnya Peran Data Center di Sektor Finansial dan Perbankan

neuCentrIX - 30/09/2020 14:41

Jalannya operasional bisnis modern saat ini sangat bergantung pada data dan konektivitas. Berbagai perusahaan, terutama yang menangani layanan keuangan dan telekomunikasi memproses sejumlah besar informasi setiap hari, dan kegagalan dalam memberikan layanan yang baik dapat berimbas pada hilangnya klien dan keuntungan. Karena usaha-usaha ini terus-menerus menghasilkan dan memanfaatkan data, tak pelak mereka membutuhkan akses data yang cepat dan aman, dan tak heran mereka membutuhkan data center yang dapat diandalkan agar dapat berfungsi dengan baik.

 

Karena sektor ini menyediakan bisnis yang berjalan cepat, memungkinkan otomatisasi, memberikan keamanan yang lebih baik, dan meningkatkan efisiensi di semua aspek, data center selalu menjadi aset penting dalam perbankan dan keuangan sejak lama. Namun, prioritas ini sekarang jadi lebih penting dari sebelumnya, dan ada dua hal esensial yang menjadi alasannya.

 

Data Center Memungkinkan Pemulihan Data

Perusahaan yang bergerak di sektor perbankan dan keuangan mengandalkan pemrosesan dan penyimpanan data untuk memberikan layanan terbaik, sehingga semua jenis ancaman terhadap data yang disimpan harus dihindari dengan segala cara karena secara langsung hal ini dapat memengaruhi operasi mereka dan bisa menimbulkan risiko kehilangan klien. Bencana, baik faktor alam maupun kesengajaan, adalah salah satu penyebab utama hilangnya data. Namun, tidak seperti aset fisik yang dapat dihidupkan kembali melalui asuransi jika terjadi kebakaran atau bencana alam, data yang hilang tidak dapat diperbaiki kecuali Anda memiliki cadangannya. Inilah mengapa back-up data menjadi langkah pertama perlindungan dan antisipasi yang harus dimiliki bisnis untuk memastikan operasionalnya berjalan lancar.

 

Data center off-premise, baik milik sendiri atau layanan colocation, telah menjadi pilihan populer di kalangan perusahaan perbankan untuk melindungi data mereka dari kerusakan, pencurian, kegagalan perangkat lunak, dan bencana. Opsi ini memungkinkan perusahaan untuk menyimpan datanya jauh dari area yang tidak aman dan rawan bencana, serta mengambil ulang data jika rusak atau hilang sebagian. Selain itu, menggunakan colocation data center memberi perusahaan peluang yang lebih baik untuk menghindari pelanggaran data perusahaan karena penyedia colocation saat ini menerapkan protokol keamanan terbaru, ekstensif, dan ketat, baik di infrastruktur fisik dan keamanan siber.

 

Data Center Sangat Penting untuk Kepatuhan Regulasi

Kepatuhan regulasi mengacu pada pemenuhan syarat terhadap kebijakan, aturan, dan prosedur yang menciptakan regulasi yang harus diikuti perusahaan selama menjalankan usaha mereka. Di Indonesia, peraturan menjaga lembaga keuangan tetap jujur, transparan, dan fokus pada kesejahteraan pelanggan dan tidak sekadar mementingkan profitabilitas mereka sendiri. Oleh karena itu, penting bagi lembaga di sektor keuangan untuk memperhatikan kepatuhan terhadap regulasi ini. Lembaga keuangan diharuskan merancang dan menerapkan langkah-langkah pengelolaan data berbasis risiko dengan perlindungan data pelanggan sebagai prioritas utamanya. Ini berarti bahwa bank dan bisnis serupa harus mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan mengirimkan pemberitahuan tentang penipuan, kejahatan dunia maya, dan jenis kerugian pelanggan lainnya sedekat mungkin secara real-time untuk melakukan penilaian risiko berkelanjutan.

 

Selain itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) telah mengatur kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik pada umumnya dan Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik. Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik antara lain wajib menyediakan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia, dan harus memperoleh Sertifikasi Kelayakan Sistem Elektronik dari Menteri, serta harus terdaftar pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan, di bidang komunikasi dan informatika. Kepatuhan terhadap persyaratan peraturan ini adalah alasan lain mengapa data center dan keahlian mengelola data center sangat penting dalam industri perbankan modern.


 

Dunia bisnis, termasuk perbankan dan keuangan bergerak dengan sangat cepat sesuai dengan tuntuntan permintaan informasi yang luar biasa. Dengan persyaratan yang selalu berubah mengikuti perkembangan ini, banyak perusahaan menaruh kepercayaan mereka pada data center yang memiliki fasilitas aman dan terjamin, karena hal ini memainkan peran penting untuk mencapai kepuasan pelanggan yang diharapkan.