Perbedaan Jenis Data Center Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

neuCentrIX - 08/08/2022 10:00

Beberapa tahun yang lalu permintaan data telah meningkat. Hal ini menyebabkan peningkatan bisnis yang bergeser ke fokus memperbaiki kehadiran online dan lebih banyak orang yang bekerja di dalam rumah. Namun, penyimpanan, pengelolaan dan transmisi data tersebut tidak akan tersedia tanpa data center.

Data center menawarkan peralatan berteknologi canggih, firewall aman terbaik, dan sistem penyimpanan data yang efisien. Disini kita akan mengetahui jenis-jenis berbeda data center dan mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

1. Data Center Cloud

Data center cloud adalah tempat dimana penyedia cloud mengelola dan memelihara perangkat keras yang sebenarnya, dengan bantuan integrator sistem pihak ketiga. Hal tersebut memungkinkan klien mengoperasi aplikasi serta memantau situs web dan data dalam batasan jaringan virtual yang terletak di server cloud.

Data terfragmentasi secara instan dan disalin ke beberapa situs setelah diunggah ke server cloud. Pada kasus yang tak terduga, penyedia cloud memungkinkan Anda memiliki data cadangan.

Beberapa penyedia layanan cloud menyesuaikan layanan, memberi klien akses khusus ke infrastruktur cloud mereka, yang dikenal sebagai cloud pribadi. Di sisi lain, penyedia layanan cloud publik memungkinkan Anda agar mendapatkan sumber yang dibutuhkan untuk akses internet.

2. Data center terkelola

Data center ini merupakan jenis data center dimana pihak ketiga berperan untuk penyebaran, penyimpanan dan pengelolaan data. Jenis ini memiliki layanan platform dimana data bisa dikelola secara keseluruhan atau sebagian. Penyedia memantau semua informasi teknis – termasuk data back-end, jika data center dikelola secara keseluruhan. Untuk pengelolaan parsial, perusahaan akan menggunakan kontrol manajerial kepada penyebaran dan pelayanan data center.

Biasanya, penyedia layanan memelihara semua layanan jaringan mikro, termasuk sistem operasi dan peningkatan pemrograman tingkat sistem. Jika terjadi gangguan, data/layanan akan dipulihkan. Layanan tersedia dari situs hosting pusat data permanen dan situs kolokasi, termasuk data center berbasis cloud.

3. Kolokasi data center

Kolokasi data center merupakan fasilitas besar. Juga dikenal sebagai colo karena menyewakan ruang rak kepada organisasi untuk server mereka dan perlengkapan jaringan lainnya. Sering dimanfaatkan oleh perusahaan yang kekurangan kapasitas untuk menjalankan data centernya.

Fasilitas kolokasi menyediakan beberapa manfaat untuk server, termasuk ruang penyimpanan, listrik, pendingin dan perlindungan fisik. Juga bertugas untuk menghubungkan peralatan ke berbagai macam penyedia telekomunikasi dan internet. Perusahaan dengan lokasi geografis yang signifikan mungkin menyebarkan perlengkapan mereka ke banyak lokasi. Contohnya, ada server perusahaan yang mungkin ditempatkan di banyak data center kolokasi.

Kesimpulannya, data center merupakan tulang punggung internet – dan masing-masing berperan penting di akses data. Neu CentrIX adalah data center terkemuka di Indonesia, dengan kehadirannya di 13 kota. NeuCentrIX menawarkan konektivitas yang canggih, eyeball optimal dan suasana carrier-neutral untuk pengiriman konten yang lebih baik.