Pentingnya Efisiensi dan Dukungan Platform Digital bagi Bisnis Anda

neuCentrIX - 26/07/2021 16:00

Industri adalah ruang yang kompetitif. Itulah mengapa setiap bisnis terus berupaya untuk tetap terdepan dalam persaingan dan relevan dalam jangka waktu yang panjang, meskipun pelanggan terus berubah dengan cepat. Untuk mengikuti perkembangan zaman, perusahaan perlu menerapkan berbagai strategi, termasuk menjadi lebih efisien. Bagi sebuah perusahaan, efisiensi berarti menggunakan sumber daya seefisien mungkin untuk meningkatkan produksi. Berdasarkan webinar yang diadakan oleh Tech in Asia x Telkom DWS, mari kita lihat mengapa efisiensi bisnis penting dan bagaimana platform digital saat ini menjadi pendorong utama yang memainkan peran kunci.

 

Mengapa Efisiensi Bisnis Penting?

Ada tiga alasan utama mengapa efisiensi sangat penting bagi bisnis, yaitu meminimalkan anggaran, memastikan pertumbuhan konstan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Operasional harian yang efisien membantu bisnis meningkatkan produktivitas, output (produk dan layanan), dan menghapus tugas yang memakan waktu. Efisiensi yang tepat menghilangkan kebutuhan untuk mempekerjakan banyak pihak ketiga, menerapkan banyak sistem dan peralatan, dan mempekerjakan banyak orang, sehingga menghasilkan biaya yang lebih rendah. Dengan lebih sedikit biaya dan lebih banyak waktu, perusahaan dapat fokus pada modal, sumber daya, dan perhatian mereka pada kompetensi penting bisnis lainnya dan melihat lebih banyak peluang untuk berkembang. Pada akhirnya, semua faktor ini akan menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.

 

Bagaimana Mengukur Efisiensi Bisnis yang Tepat?

Ada beberapa cara dan metrik untuk mengukur efisiensi bisnis, seperti pendapatan per karyawan, perputaran persediaan, atau perputaran aset. Namun, bagi Fanny Limassa, VP Product (Marketplace, Logistics, dan Core Platform) Bukalapak, semuanya mengarah pada Return on Investment (ROI). ROI menunjukkan bahwa setiap investasi yang dilakukan sebanding dengan manfaat yang diperoleh, semuanya harus masuk akal. Sementara bagi Dhenu Wiarsandi, Head of Payment Product Group LinkAja, semuanya mengarah pada dampak. Bisnis harus berdampak, terutama bagi para stakeholder yang tak lain adalah pengguna mereka. Penting juga bagi perusahaan untuk mengukur dan mengetahui produk mana yang efektif dan bagaimana pengaruhnya sehingga mereka dapat fokus pada peningkatan produk tertentu atau membuat yang baru sesuai kebutuhan. Hal ini tentu lebih baik daripada membuang waktu untuk mengembangkan produk yang tidak terlalu berkesan bagi pengguna. Dengan cara inilah perusahaan dapat melakukan efisiensi bisnis.

 

Apa Tantangan dalam Memastikan Efisiensi Bisnis?

Beberapa tantangan dalam memastikan efisiensi bisnis telah ada sejak lama. Namun, di era ketika perusahaan sangat bergantung pada teknologi dan internet, tantangan baru muncul. Salah satu masalah yang paling umum namun paling mahal saat ini adalah downtime. Menurut Gartner, biaya rata-rata downtime bisa mencapai $5.600 per menit. Downtime membuat bisnis tidak dapat memberikan layanan secara maksimal kepada pelanggan dan juga tidak dapat berfungsi dengan baik secara internal. Hal ini tentu menyebabkan hilangnya pendapatan, reputasi, pelanggan, dan produktivitas.

 

Bagaimana Platform Digital — Terutama Layanan Cloud dan Data Center — Meningkatkan Efisiensi Bisnis?

Layanan cloud dan data center dapat meningkatkan efisiensi bisnis dalam beberapa cara. Dengan konsep fasilitas bersama dan harga yang fleksibel, kedua layanan ini menawarkan cara bagi perusahaan untuk mengurangi biaya modal dan biaya operasional sekaligus mendapatkan semua manfaat pada saat yang bersamaan. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, kedua layanan ini memungkinkan skalabilitas yang lebih baik. Selain itu, dengan langkah-langkah keamanan berlapis, kedua layanan ini juga memastikan perlindungan data dan meminimalkan risiko serangan dan pelanggaran. Terakhir, dan yang terpenting, penyedia layanan cloud dan data center yang tepat membantu perusahaan meminimalkan downtime. Seperti yang dikatakan Anton Timur, Executive Account Manager Tribe Digital Platform Telkom DWS, downtime harus minimal; bahkan jika memungkinkan, seharusnya tidak pernah terjadi. Untuk memitigasi downtime, sebagian besar penyedia menerapkan komponen berlapis yang telah diperkuat, termasuk bandwidth, konektivitas, sumber daya, dan sistem pendingin, yang memastikan lebih dari 99% uptime dan ketersediaan yang lebih baik. neuCentrIX Telkom Indonesia, misalnya, mengandalkan 14 fasilitas data center yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, jika satu data center down atau tidak dapat diakses, fasilitas di lokasi lain dapat mengambil alih tanggung jawab dan menjadi recovery data center. Bahkan selama pemadaman listrik, klien neuCentrIX tidak akan mengalami downtime, lanjut Anton.

 

Bagaimana Memilih Penyedia Platform Digital yang Tepat?

Fanny Limassa dan Dhenu Wiarsandi berbagi sedikit tips dalam memilih penyedia platform digital yang tepat. Sebelum mempertimbangkan pilihan, perusahaan harus menetapkan persyaratan berdasarkan situasi mereka terkini, mulai dari produk/layanan, nilai yang mereka tawarkan kepada klien, hingga rencana masa depan. Setelah menetapkan segala kebutuhan, bisnis dapat mulai mencari penyedia dengan portofolio dan rangkaian produk terbaik. Hal ini penting untuk melihat komitmen dan fokus penyedia serta inovasi yang mereka lakukan.

 

Efisiensi selalu penting untuk bisnis dan setiap perusahaan memiliki strategi mereka sendiri. Meskipun demikian, saat ini platform digital telah menjadi syarat utama agar sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik. Berkat kemampuannya dalam mengoptimalkan aktivitas digital perusahaan, platform digital telah menjadi alat fundamental yang dapat meminimalkan anggaran, meningkatkan pendapatan serta kepuasan pelanggan.