Ubah Data Center Anda dengan Memaksimalkan Interkoneksi

neuCentrIX - 03/08/2022 10:00

Interkoneksi telah menjadi transformasi digital yang mengubah cara data center beroperasi. Seiring meningkatnya kebutuhan aplikasi digital, organisasi terpaksa membuat ulang strategi data center, menggantikan peralatan lama yang lamban, mahal dan tidak terukur. Jadi, data center tradisional akan tertinggal dalam waktu dekat ini, dengan laporan memproyeksikan bahwa pada tahun 2025, 80% bisnis akan menutup data center tradisionalnya.

Kolokasi data center telah menjadi pilihan yang menarik dalam hal penghematan biaya dan fleksibilitas di dunia digital dinamis sekarang ini. Terlebih lagi, data center menawarkan lebih dari sekedar tempat mewah untuk menyimpan perlengkapan untuk penyimpanan data, aplikasi komersial, atau cadangan dan pemulihan.

Artikel ini menjelaskan lebih banyak kepada anda tentang interkoneksi data center serta alasan yang menjadikannya penting untuk masa depan.

Apa itu Interkoneksi Data Center? 

Interkoneksi data center merupakan bagian dari industri jaringan yang menghubungkan dua atau lebih data center untuk membagi sumber daya secara mudah. Terdapat beberapa pilihan untuk konektivitas data center, dan memilih yang terbaik bergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, kedekatan antar data center, bandwidth dan ketersediaan, kemampuan ISP lokal dan pertimbangan keamanan.

Sebagian besar data center di masa lalu menggunakan interkoneksi hanya untuk keberlangsungan bisnis dan pemulihan data. Namun, interkoneksi kini menjadi lebih dibutuhkan sehari-hari untuk operasi dalam membantu data center mengelola data dan mendukung sistemnya. Interkoneksi data center sangat penting untuk membantu bisnis dalam penskalaan peralatan saat lalu lintas internet meningkat dan komputasi cloud menjadi lebih penting.

Penggunaan cloud pribadi juga telah meningkatkan arus lalu lintas. Ketika sebagian besar perusahaan pada mulanya harus mengendalikan informasi dari luar data center, interkoneksi membuatnya lebih mudah melacak transfer data dari satu data center ke data center lain. Hal ini telah mengurangi jumlah koneksi eksternal yang dibutuhkan untuk pengendalian lalu lintas dan meningkatkan interkoneksi data center.

Layanan transfer aplikasi kepada pihak ketiga mendorong permintaan interkoneksi data center untuk pemasok cloud publik. Penyedia layanan cloud sekarang mengetahui kebutuhan untuk mulai mengembangkan skala hiper data center, yang menawarkan bandwidth yang lebih tinggi dan efisiensi untuk melayani lalu lintas.

Mengapa Interkoneksi Penting bahkan di Masa Depan? 

Interkoneksi data center tampaknya menjadi jalan masa depan – dan semakin banyak perusahaan menggunakannya karena keuntungan yang didapat. Berikut beberapa alasan mengapa interkoneksi data center penting.

  • Menjaga kenetralan: Hal ini merupakan salah satu aspek paling penting data center. Kenetralan memungkinkan data center untuk menginterkoneksi di kolokasinya dan mendorong fleksibilitas bisnis.
  • Kepadatan ekosistem: Kepadatan ekosistem sangat penting bagi data center manapun karena pembeli ditawarkan berbagai macam penyedia operator internet yang tersedia.
  • Latensi: Interkoneksi data center membantu mengurangi latensi dan meningkatkan kecepatan dan daya tanggap terhadap permintaan data.


NeuCentrIX merupakan data center terdepan di Indonesia, menawarkan lingkungan netral yang memungkinkan Anda memilih solusi konektivitas dari berbagai macam ISP. NeuCentrIX menawarkan solusi internet berbasis cloud kelas atas dan tersedia di 13 kota. NeuCentrIX juga memiliki Internet Exchange untuk membantu data center terhubung ke seluruh wilayah dan kota.