Composable Infrastructure untuk Aplikasi Berperforma Tinggi

neuCentrIX - 02/06/2022 10:00

Memiliki aplikasi berperforma tinggi dan situs web bertujuan untuk bisnis online yang ingin unggul dan meningkatkan pendapatannya. Namun, aplikasi bisa saja lamban dan memiliki rasio naik-turun secara signifikan tanpa teknologi tepat dan perawatan yang baik.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata pengguna internet tidak mau menghabiskan waktu lebih dari 4 detik untuk menunggu memuat situs web. Jadi, jika aplikasi Anda responnya lamban, ada kemungkinan Anda akan kehilangan pengguna. Namun, masalah ini bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan composable infrastructure.

Apa itu Composable Infrastructure ? 
Composable infrastructure adalah cara membuat dan menyusun sumber yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi di cloud. Metode desain infrastruktur ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk membuat sebuah aplikasi dengan jumlah komputasi, penyimpanan dan sumber jaringan yang tepat.

Merupakan sebuah pola struktur software yang memisahkan aplikasi menjadi lebih kecil, juga komponen yang lebih mudah dikelola. Pendekatan ini memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan dan disebarkan lebih bertahap dibandingkan dengan arsitektur monolitik tradisional.

Keuntungan Composable Infrastructure untuk Bisnis
Composable infrastructure  disertai dengan keuntungan untuk bisnis, dengan peran penting untuk memperbaiki produktivitas dan mengoptimasi aset IT. Berikut merupakan keuntungan teratas yang dapat diberikan untuk industri IT.

1. Meningkatkan Kelincahan
Kelincahan merupakan elemen penting di sektor teknologi, khususnya ketika Anda ingin memiliki aplikasi berperforma tinggi. Ruang teknologi sangat kompetitif dan gangguan tak bisa dihindari.

Karenanya, penting untuk menggunakan composable infrastructure agar bisa dengan cepat memunculkan lingkungan baru atau menghancurkan lingkungan yang lama hanya dalam beberapa detik. Secara signifikan juga bisa melampaui batas target perusahaan dan memastikan nilai-nilai inti yang mengendalikan bisnis yang tersimpan.

2. Lebih handal dan gesit
Arsitektur didesain untuk menjaga data agar tetap aman dengan menyimpannya di tempat-tempat berbeda dan menyediakan redundansi di tiap levelnya. Composable infrastructure juga memberikan perhitungan yang tepat, penyimpanan atau sumber riwayat yang diperlukan di keadaan apapun.
Metode ini memungkinkan infrastruktur untuk disusun dan direkonstruksi agar sesuai dengan kebutuhan spesifik beban kerja yang bervariasi.

3. Peningkatan Otomatisasi
Memungkinkan perusahaan untuk mengotomatiskan penyebaran, konfigurasi, penskalaan, tugas manajemen melalui alat yang ditentukan oleh perangkat lunak. Pemrograman intelijen dalam composable infrastructure memungkinkan pengelola untuk mengidentifikasi sumber mana yang dapat diakses dan apakah perangkat keras sudah diatur dengan tepat.

Selain itu, sistem yang composable mempekerjakan diagnostik otomatis untuk mengidentifikasi kesalahan perangkat keras dan menyederhanakan manajemen data center. Tingkat manajemen yang bisa melakukan tugas sendiri ini bisa mengurangi kebutuhan keterlibatan manusia secara signifikan, khususnya pada aktivitas menghafal. Hasilnya, meningkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan manusia pada waktu yang bersamaan.

4. Lebih hemat biaya
Composable infrastructure adalah masa depan infrastruktur teknologi karena menyediakan biaya yang lebih hemat serta solusi terukur untuk penskalaan data center. Pendekatan baru ini membutuhkan lebih sedikit energi dibandingkan sistem saat ini, yang berarti lebih efisien dan efektif.

5. Mengurangi kompleksitas
Kebutuhan komposisi dalam infrastruktur merupakan masalah penting. Sumber jaringan, penyimpanan dan perhitungan saat ini disesuaikan dengan beban kerja tertentu. Ketika ada perubahan aplikasi, infrastruktur harus direkayasa ulang untuk mengakomodasi perubahan tersebut. Composable infrastructure merupakan paradigma baru yang memecahkan silo komputasi, penyimpanan dan jaringan dengan mengaktifkan lapisan aplikasi untuk mendapatkan sumber seperti menghitung daya, penyimpanan dan jaringan bandwidth pada dasar sesuai kebutuhan.

6. Lebih mudah untuk membuat perubahan masa depan
Era komputasi cloud membuat bisnis lebih mudah dalam mencari keamanan, kenyamanan dan solusi ekonom untuk kebutuhan IT. Composable infrastructure menawarkan platform bagus untuk membuat perubahan  masa depan tanpa mengalami restrukturisasi total.

Industri teknologi mempunyai banyak tantangan mengenai hal-hal seperti otomatisasi dan biaya yang efektif. Namun, composable infrastructure telah mengubah naratif dan membuat data center lebih gesit dan ramah kantong untuk dijalankan.