Mengenal Data Center Tier 3 neuCentrIX

neuCentrIX - 17/12/2021 14:56

Ketika perusahaan mulai tumbuh dan berkembang, mereka membutuhkan data center yang lebih andal untuk mendukung operasional bisnis dan memastikan digital presence mereka. Jika Anda berencana untuk beralih dari data center Tier 2 ke Tier 3, ini saat yang tepat bagi Anda untuk memahami data center Tier 3 neuCentrIX.

Saat ini, neuCentrIX memiliki tiga data center Tier 3, yaitu neuCentrIX Batam Center, Jakarta Karet, dan Jakarta Meruya. Mari kita lihat lebih dalam apa saja yang ditawarkan data center Tier 3 neuCentrIX bagi bisnis Anda.

Fitur data center Tier 3 neuCentrIX
Data center Tier 3 neuCentrIX menerapkan desain arsitektur yang spesifik dan infrastruktur teknologi yang modern. Setiap fasilitas data center Tier 3 terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama, Anda akan menemukan ruang untuk NOC dan NER. Anda juga dapat menemukan sumber dayanya — sistem kelistrikan end-to-end yang terdiri dari transformator (1 MVA), genset (2x1000 kVA), UPS (250 kVA), dan baterai. Lantai dua merupakan IT Hall dengan luas sekitar 240 m2 dan 80 rak siap pakai yang lebih dari cukup untuk mendukung kebutuhan bisnis digital Anda, mulai dari keandalan, ketersediaan, hingga skalabilitas. Anda juga dapat menemukan ruang untuk MMR serta ruang staging, ruang serbaguna, dan ruang kerja. Selain itu, seluruh fasilitas data center Tier 3 neuCentriX dilengkapi dengan sistem pendingin modern dan lantai yang sudah ditinggikan.

Setiap fasilitas data center Tier 3 neuCentrIX memiliki komponen dengan kapasitas redundant dan beberapa jalur distribusi independen, sehingga diberi label concurrently maintainable. Setiap fasilitas memiliki N+1 redundancy yang berarti bahwa setiap komponen sistem memiliki cadangan, sehingga sistem dapat tetap online jika mengalami kegagalan atau sedang dalam pemeliharaan rutin. Sebagai contoh, untuk menghindari pemadaman listrik, setiap fasilitas dilengkapi dengan genset cadangan dan UPS cadangan. Fasilitas ini juga menggunakan sistem pendingin cadangan.

Manfaat yang ditawarkan data center Tier 3 neuCentrIX untuk bisnis Anda
Dengan spesifikasi dan kemampuan yang disebutkan di atas, data center Tier 3 neuCentrIX mampu menjamin uptime hingga 99,982% atau setara dengan downtime maksimum yang hanya mencapai 1,6 jam per tahun. Pertanyaannya, apakah tingkat uptime yang tinggi sangat penting?

Uptime merujuk pada waktu aktif yang memastikan bisnis dan saluran online Anda selalu tersedia. Tidak hanya penting bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka, uptime juga penting bagi karyawan Anda agar dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Jika Anda mengalami downtime (waktu henti) — atau tidak tersedia — pelanggan tidak dapat mengakses bisnis Anda. Hal ini tentu dapat mengakibatkan sejumlah kerugian, seperti kehilangan pendapatan, konversi, prospek, bahkan reputasi. Jika bisnis Anda sensitif terhadap data dan bergantung pada aplikasi berbasis cloud, downtime juga dapat mengurangi produktivitas karena karyawan Anda tidak akan dapat bekerja secara efektif. Itulah mengapa tingkat uptime yang tinggi sangat penting bagi bisnis Anda.

Tingkat uptime tertinggi adalah 99,982%. Dengan tingkat uptime ini, data center Tier 3 neuCentrIX sangat tepat bagi bisnis yang sangat bergantung pada aktivitas online dan tingkat digital presence yang tinggi dengan lalu lintas online yang terus tumbuh.

Mengapa data center Tier 3 neuCentrIX menjadi pilihan terbaik bagi bisnis Anda?
Ada tiga alasan utama mengapa Anda harus memilih data center Tier 3 neuCentrIX.

1. Lokasi
Semua data center Tier 3 neuCentrIX terletak di lokasi strategis dan sangat mudah diakses, yaitu di pusat kota Batam dan Jakarta, dua kota bisnis teratas di Indonesia. Lokasi-lokasi ini memiliki sumber daya dan konektivitas yang andal dengan tingkat pemadaman minimum. Lokasi tersebut juga sangat dekat dengan rute jalan paling populer di Tanah Air.

2. Keselamatan
Semua data center Tier 3 neuCentrIX telah dilengkapi dengan sistem pencegahan dan pemulihan untuk berbagai jenis ancaman, termasuk bencana alam, kebocoran air, dan kebakaran. Contohnya, setiap fasilitas menggunakan sistem pencegah kebakaran IG-55 dan pipa kering, sistem penyiram api pra-aksi. Ada juga sistem pendeteksi asap aspirasi VESDA (untuk peringatan dini) yang dipasang di bawah dan di atas lantai di setiap fasilitas.

3. Keamanan
Semua data center Tier 3 neuCentrIX dilengkapi dengan protokol keamanan tingkat tinggi, baik virtual maupun fisik. Sebagai contoh, untuk mencegah ancaman fisik, setiap fasilitas dijaga 24x7 oleh tim keamanan yang berpengalaman. Terlebih lagi, setiap fasilitas juga menerapkan Visitor Access Management (VAM) untuk memastikan bahwa setiap pengunjung yang masuk telah memenuhi syarat.

Poin-poin di atas menunjukkan bahwa neuCentrIX Batam Center, Jakarta Karet, dan Jakarta Meruya adalah pilihan data center Tier 3 terbaik jika Anda mencari keandalan dan keamanan tingkat tinggi bagi bisnis Anda.