Digitalisasi Proses Bisnis dengan Solusi Cloud neuCentrIX

neuCentrIX - 18/08/2021 18:23

Dengan semakin bergantungnya aktivitas bisnis pada teknologi, tidak ada perusahaan yang dapat menghindari digitalisasi. Meskipun demikian, perubahan tidak pernah datang tanpa tantangan. Untuk memastikan keberhasilan transformasi digital, perusahaan perlu mengadopsi teknologi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Cloud computing, sebagai salah satu inovasi teknologi paling penting dalam satu dekade terakhir, memungkinkan bisnis untuk tetap gesit, produktif, dan kompetitif dengan memberikan mereka berbagai manfaat, seperti skalabilitas, keamanan data, kemampuan otomatisasi tugas, dan efektivitas biaya.

 

Sebagai wujud komitmennya untuk memfasilitasi bisnis di Indonesia dengan kemampuan dan infrastruktur digital terbaik, neuCentrIX telah menjadi salah satu penyedia cloud terkemuka di negara ini. Dimulai pada tahun 2016 sebagai data center kecil, neuCentrIX kini telah mampu memperluas kapasitasnya menjadi empat jenis layanan yang berbeda, yaitu colocation data center, konektivitas, CDN, dan cloud computing. Muhammad Rifqi, Account Manager Telkom Tribe, mengatakan bahwa sejak diluncurkan pada tahun 2019, solusi cloud neuCentrIX, yaitu neuCloud, telah mendorong perusahaan dari berbagai ukuran dan industri untuk mewujudkan transformasi digital dan mengembangkan bisnis mereka di era digital saat ini.

 

Setelah mengikuti virtual meetup dan workshop dari Telkom Indonesia, Jatim Dev, dan DILo  yang bertajuk Digitize Business Process through Cloud Solutions, mari kita lihat lebih dekat solusi cloud neuCentrIX dan bagaimana solusi tersebut telah berhasil membantu sejumlah perusahaan dalam melakukan proses digitalisasi mereka.

 

Mengapa Bisnis di Indonesia Sulit Menciptakan Pengalaman Digital yang Superior bagi Pengguna?

 

Dalam virtual workshop tersebut, Rahardianto Seno Wibowo, Digital Solution and Partnership Manager Telkom DWS, menyebutkan bahwa memberikan pengalaman digital yang sangat baik kepada pengguna dapat menjadi tantangan bagi banyak perusahaan di Indonesia. Latensi yang tinggi dan infrastruktur yang tidak merata menjadi penyebab terjadinya penundaan, buffering, dan waktu page loading yang lambat. Meskipun cloud computing telah menjadi solusi andalan untuk mengatasi kedua masalah tersebut, tidak semua bisnis — terutama skala kecil dan menengah — mampu membeli solusi cloud karena beberapa penyedia di Indonesia masih menawarkan skema yang mahal dan tidak dapat disesuaikan.

 

Apa Perbedaan antara neuCloud dengan Penyedia Cloud Lainnya?

 

Rahardianto Seno Wibowo atau yang sering dipanggil Seno menyebutkan bahwa selain kemampuan dasar cloud computing, neuCloud menawarkan sejumlah keunggulan yang mungkin tidak ditawarkan oleh penyedia lain. Pertama, neuCloud tidak hanya menjamin ketersediaan jaringan tetapi juga menyediakan berbagai jaringan alternatif yang dapat dipilih, termasuk jaringan Telkom sebagai opsi konektivitas bawaan. Kedua, untuk dapat memenuhi persyaratan tertentu dari perusahaan, neuCloud menawarkan skema dan kebijakan bisnis yang dapat disesuaikan. Ketiga, neuCloud menawarkan skema white label khusus yang memungkinkan kliennya menjadi reseller cloud. Keempat, neuCloud juga menyediakan berbagai aplikasi SaaS dan solusi nilai tambah lainnya untuk melengkapi layanan cloud, seperti platform Antares IoT, platform konferensi video Umeetme, platform manajemen keamanan siber Cyber ​​Army, dan platform big data analytics BigBox serta layanan API dan container atau opsi komputasi tanpa server. Sebagai keuntungan tambahan, neuCloud memastikan bahwa kliennya akan mendapatkan internet 6TB secara gratis, lebih dari yang ditawarkan AWS dan Google.

 

Faktor lain yang membuat neuCloud berbeda adalah jenis layanannya yang luas. Untuk memenuhi beragam permintaan yang berbeda, neuCloud menyediakan tiga solusi: dediCa, elastiCa, dan multiCa. neuCloud dediCa adalah layanan cloud computing bare-metal yang dikhususkan hanya untuk satu klien. Sementara itu, neuCloud elastiCa menawarkan keunggulan sumber daya bersama dan kualitas yang sebanding dengan penyedia besar lainnya, seperti AWS, Google Cloud, dan AliCloud. Terakhir, neuCloud multiCa yang memungkinkan klien untuk mengintegrasikan neuCloud dengan layanan cloud dari penyedia lain dan mengatur beberapa pengembangan cloud. Untuk memastikan kenyamanan klien, neuCloud memungkinkan mereka untuk menyesuaikan penggunaan cloud melalui fitur layanan mandiri yang disediakan di website konsumen neuCloud.

 

Dalam sesi demo, Lucky Rachmadeni, Technical Sales Support dan Digital Solution Telkom DWS, menyebutkan bahwa neuCloud menawarkan dua metode pembelian, yaitu pascabayar (metode ini membutuhkan kerja sama khusus dengan Telkom neuCentrIX dan dilakukan melalui Account Managers mereka) dan prabayar (metode ini dapat disesuaikan dan dilakukan dengan mudah melalui fitur top-up di website konsumen neuCloud). Di dalam website tersebut, klien neuCloud dapat mengisi ulang paket cloud mereka mulai dari harga 5K dan membayar paket yang mereka pilih melalui e-wallet (LinkAja, OVO, dan GoPay), potongan pulsa, transfer bank, atau payment points di toserba.

 

Apa Peran neuCloud dalam Mendukung Bisnis di Indonesia?

 

Layanan neuCloud telah digunakan dalam berbagai kebutuhan penggunaan. Integrator sistem menggunakan neuCloud untuk mendukung aplikasi di industri transportasi umum. Karena aplikasi ini berisi fitur yang sensitif terhadap latensi, seperti pesanan perjalanan, pemindaian kode QR, dan pembaruan lokasi, penerapan cloud hybrid neuCloud, skema distribusi cloud+edge, dan ketersediaan DC-DRC sangat penting. neuCloud juga telah digunakan oleh salah satu platform telemedicine terkemuka di Indonesia. Penyebaran cloud sangat penting untuk memungkinkan go-to-market yang lebih cepat. Selain dua industri populer tersebut, neuCloud juga telah digunakan oleh game publisher dan platform pencarian bakat.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Wasito Adi, Senior Manager Operasional Telkom RWS 5, mengatakan bahwa pandemi telah memaksa setiap bisnis untuk mengadopsi teknologi ke dalam proses dan fungsi bisnis mereka. neuCentrIX pun turut mengambil bagian dalam meningkatkan kemampuan digital perusahaan. Sementara itu, neuCloud, sebagai salah satu layanan utama neuCentrIX, telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan berbagai bisnis di Indonesia.