Peran Internet Exchange di Industri Keuangan

neuCentrIX - 17/12/2021 10:12

Kemajuan teknologi yang berkelanjutan seiring dengan perilaku konsumen yang terus berkembang telah mendorong evolusi industri keuangan. Pelanggan saat ini mengharapkan setiap layanan keuangan dapat diakses melalui saluran digital. Mereka juga mengharapkan pengalaman digital yang dipersonalisasi dan disesuaikan — produk yang dipersonalisasi, rekomendasi yang dipersonalisasi, dan bahkan antarmuka pengguna yang dipersonalisasi. Dengan ekspektasi ini, muncul ekspektasi tinggi lainnya: mereka tidak lagi mentolerir produk inferior atau pengalaman digital yang buruk. 

Bangkitnya Layanan Keuangan Bertenaga Teknologi
Kabar baiknya adalah, teknologi saat ini semakin maju untuk membantu perusahaan jasa keuangan meningkatkan layanan. Peran teknologi mutakhir seperti komputasi awan dan AI telah membantu mereka untuk berinovasi dengan produk, memodernisasi sistem, menganalisis data untuk memahami pelanggan dengan lebih baik, dan menetapkan strategi bisnis terkini.

Untuk dapat mengintegrasikan bagian-bagian teknologi ini ke dalam operasi bisnis mereka, penting bagi perusahaan untuk memiliki infrastruktur yang tepat. Namun, kunci dari infrastruktur yang tepat adalah memiliki konektivitas yang tepat. Saat ini, hanya mengandalkan konektivitas point-to-point saja tidak cukup untuk mendukung penerapan teknologi modern, terutama karena jumlah pengguna yang terhubung meningkat pesat. Perusahaan keuangan saat ini membutuhkan interkonektivitas.

Peran Pertukaran Internet di Industri Keuangan
Di sinilah IX datang sebagai solusi. Sebagai fasilitas yang memungkinkan pemain digital — perusahaan, ISP, operator konektivitas, penyedia konten, dll. — untuk saling terhubung dan bertukar langsung satu sama lain, IX memainkan peran penting dalam memungkinkan konektivitas yang kuat dan tidak terputus. Mari kita lihat tiga cara perusahaan jasa keuangan dapat memanfaatkan IX untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan mereka.

IX membantu perusahaan jasa keuangan memaksimalkan ketersediaan dan ketahanan.

Karena besarnya volume transaksi yang harus mereka proses setiap hari, sangat penting bagi perusahaan jasa keuangan untuk memiliki infrastruktur yang sangat tersedia dan responsif. Tanpa IX, sebuah perusahaan biasanya hanya bekerja dengan satu ISP untuk memenuhi kebutuhan konektivitas mereka. Sayangnya, hanya mengandalkan satu penyedia tunggal dapat membuat mereka tidak memiliki pilihan lain ketika mereka mengalami masalah bandwidth dan gangguan konektivitas, yang bisa berisiko menyebabkan pengalaman pengguna (UX) yang buruk.

Dengan IX, perusahaan dapat meningkatkan ketahanan mereka dengan memanfaatkan beberapa penyedia konektivitas sebagai cadangan daripada hanya mengandalkan satu koneksi. Memiliki akses ke berbagai penyedia konektivitas memungkinkan perusahaan untuk memastikan mereka memiliki bandwidth tambahan yang mereka butuhkan untuk mendukung transaksi puncak yang tinggi serta membuat cadangan jika terjadi masalah konektivitas. Dengan kata lain, IX membantu perusahaan menjamin bahwa pelanggan akan menerima pengalaman mulus yang mereka harapkan.

IX membantu perusahaan jasa keuangan meningkatkan kinerja.

Untuk dapat mempertahankan pelanggannya, perusahaan jasa keuangan harus dapat diandalkan. Jika konsumen memiliki pengalaman negatif — apakah mereka tidak dapat mengakses rekening bank mereka, melihat aktivitas yang tidak dikenal di dompet digital mereka, atau gagal menggunakan aplikasi pembayaran seluler, mereka akan memilih penyedia lain.

Dengan akses ke beberapa ISP melalui IX, perusahaan dapat meningkatkan kinerja layanan mereka dengan mengirimkan konten melalui titik kehadiran yang terletak paling dekat dengan tempat pelanggan mereka berada, meningkatkan waktu pulang pergi, dan mengoptimalkan kinerja mereka. Selain itu, melalui peering langsung dengan jaringan pelanggan mereka melalui IX, perusahaan jasa keuangan dapat mengurangi jumlah jaringan perantara dan memotong jarak antara mereka dan pelanggan mereka, mengurangi latensi dan meningkatkan pengiriman konten.

IX membantu perusahaan jasa keuangan bersiap-siap untuk kesuksesan di masa depan.

Dengan IX, perusahaan jasa keuangan akan memiliki kapasitas untuk menangani peningkatan volume transaksi seiring dengan perkembangan industri mereka. Ini berarti bahwa IX membantu perusahaan mempersiapkan diri untuk masa depan dengan memastikan mereka memiliki kapasitas untuk tumbuh dan ruang untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan kata lain, dengan meningkatkan kinerja layanan mereka dan meningkatkan pengalaman pengguna yang mereka berikan sekarang, perusahaan jasa keuangan menyiapkan bisnis mereka untuk sukses di masa depan.

Dengan memfasilitasi peering langsung antar jaringan, IX telah memainkan peran kunci dalam memastikan pertumbuhan bisnis di berbagai industri. Industri keuangan merupakan salah satu industri besar yang akan diuntungkan dengan adanya IX.