Cara Meningkatkan Pengelolaan Data Center Anda

neuCentrIX - 02/09/2022 10:00

Data center merupakan fasilitas yang sangat penting untuk penyimpanan dan pengelolaan sistem komputer. Komputer-komputer tersebut diperlukan untuk operasi harian bisnis modern dan transmisi data. Banyak bisnis yang memindahkan solusi TI mereka ke data center kolokasi untuk pengelolaan yang lebih baik. Sebuah penelitian dari Gartner menunjukkan bahwa pada tahun 2025, hampir 80 persen bisnis modern akan bergeser dari data center tradisional menjadi data center kolokasi.

Semua ini bertujuan untuk mengurangi biaya penyimpanan dan transmisi data, serta membuat pengelolaan informasi menjadi lebih lancar. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengelolaan data center, kelalaian manusia yang terlibat pada data center, dan juga beberapa peralatan yang bisa meningkatkan efisiensi pengelolaan data center.

Apa itu Pengelolaan Data Center?

Pengelolaan data center adalah pengaturan strategis mengenai aktivitas dan informasi yang disampaikan dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Mengoperasikan data center bisa saja sulit. Oleh karena itu, harus ada sumber daya yang memadai untuk perangkat lunak, perangkat keras, layanan cloud, serta pengelolaan infrastruktur fisik yang efektif.

Untuk perangkat keras, data center berisi berbagai peralatan seperti perangkat komputasi dan perangkat penyimpanan yang harus diawasi agar dapat melanjutkan operasi. Aktivitas pengelolaan data center juga mencakup perangkat lunak dan beban kerja digital yang beroperasi pada palet server fisik di data center.

Mengawasi peralatan fisik merupakan tugas penting lainnya pada pengelolaan data center. Infrastruktur data center membutuhkan energi dan pendingin untuk kegiatan sehari-hari. Serta membutuhkan kesiagaan untuk mencadangkan file, pemadaman listrik, perlindungan data center dan kontrol akses.

Kelalaian Manusia pada Pengelolaan Data Center

Pengelolaan data center yang tidak tepat kerap kali terjadi karena adanya kelalaian manusia. Banyak penelitian mengatakan hampir sepertiga dari gangguan yang dialami data center disebabkan oleh kelalaian manusia. Meskipun terlihat sepele, data center yang berhenti berjalan karena gangguan bisa memakan biaya yang tinggi.

Faktanya, data center yang besar sering melaporkan kehilangan pendapatan lebih dari $120.000 permenit waktu hentinya. Jika waktu henti berlangsung selama satu jam, maka bisa membuat kerugian besar sampai membuat perusahaan bangkrut. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelalaian manusia harus diatasi, dan berikut caranya :

  • Gunakan indikator yang benar
  • Menggunakan pedoman operasi data center yang ketat
  • Pengawasan tingkat tinggi
  • Analisis berkala

Peralatan untuk Meningkatkan Pengelolaan Data Center

Sekarang setelah mengetahui pentingnya pengelolaan data center yang benar agar tidak menimbulkan kerugian yang besar, simak penjelasan mengenai peralatan data center untuk performa yang lebih baik.

  • Penegakan layanan berjenjang: Bisa membantu data center meningkatkan pendapatan dengan menawarkan berbagai macam layanan dengan harga yang berbeda-beda.
  • Analitik jaringan: Analitik jaringan yang baik membantu mengurangi waktu serta biaya perbaikan, membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang bisa muncul di kemudian hari.
  • Kebersihan jaringan: Memiliki alat kebersihan lalu lintas jaringan bisa mengurangi serangan VPN dan Torrent yang bisa menyebabkan sistem macet.
  • Perlindungan DDoS: Serangan DDoS sudah umum terjadi di data center. Menggunakan perlindungan DDoS membantu melindungi dari serangan dan menjaga privasi data pengguna.

Pengelolaan data center sangat penting, namun bisa menjadi sulit tanpa sumber daya yang memadai. Telkom menawarkan banyak layanan pengelolaan data center yang bisa digunakan untuk perusahaan Anda.