Jenis Perusahaan yang Perlu Menggunakan CDN

neuCentrIX - 06/12/2021 10:00

Beberapa tahun yang lalu, konten dianggap sebagai pendekatan pemasaran strategis dan menjadi bagian penting dari bisnis serta komunikasi pelanggan. Melalui konten, pelanggan dapat menemukan, mengonsumsi, dan pada akhirnya bertindak sesuai dengan pesan, tujuan, dan nilai sebuah brand. Seiring dengan berjalannya waktu, konten menjadi jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Saat ini, konten bukan hanya sekadar “bagian dari pengalaman sebuah brand”, melainkan menjadi pengalaman itu sendiri.

 

Secara bertahap, konten berubah menjadi industri yang sama sekali baru. Kita dapat melihat berbagai penyedia konten muncul dan semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, terlepas dari meningkatnya jumlah penyedia konten, penerbitan konten sebenarnya masih belum terlepas dari berbagai tantangan, terutama dalam hal performa dan skalabilitas. Performa konten berkaitan erat dengan latensi yang sering kali disebabkan oleh jarak, khususnya jarak antara pengguna yang membuat permintaan dan server yang menanggapi permintaan tersebut, dan konsistensi jaringan. Tantangan lain adalah menjaga keandalan website jika terjadi lonjakan traffic yang dapat disebabkan berbagai situasi, seperti kampanye yang sukses atau video viral. Pada saat-saat seperti itu, mengandalkan server asal bukan pilihan yang tepat karena dapat membuat server overload dan menyebabkan website tidak dapat diakses.

 

Untuk menjawab tantangan tersebut, CDN hadir sebagai solusi yang dapat diandalkan. CDN bekerja dengan cara menyimpan konten melalui beberapa points of presence (PoPs) yang ditempatkan di lokasi berbeda di seluruh dunia. Dengan menghilangkan jarak antara server asal dan pengguna akhir, CDN membantu penyedia konten mempertahankan kualitas pengiriman konten, terlepas dari perbedaan bandwidth yang digunakan pengguna mereka. CDN juga memiliki fitur penyeimbang beban yang memungkinkan pengunjung mengakses konten dari setiap server dalam jaringan. Ketika server terdekat gagal, mereka akan dialihkan ke server terdekat berikutnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelebihan beban dan memastikan server tetap stabil meskipun mengalami lonjakan traffic.

 

Berkat fitur-fitur tersebut, perusahaan dapat memperoleh sejumlah manfaat dari penggunaan CDN. Walaupun hampir setiap bisnis saat ini menggunakan konten untuk berbagai tujuan bisnis, CDN secara khusus ditargetkan untuk perusahaan yang fokus di sekitar penerbitan konten seperti berikut.

 

Penyedia Konten Online

Penyedia konten online mencakup berbagai kategori; platform konten buatan pengguna (biasanya situs jejaring sosial) seperti TikTok, Instagram, dan Facebook; platform e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee; layanan streaming audio dan video (biasa disebut platform OTT), seperti Netflix dan Spotify; game publishers, seperti Tencent Games, Nintendo, dan Sony Interactive Entertainment; dan penyedia layanan OTT, seperti aplikasi ride sharing (Gojek dan Grab), dompet digital (OVO, Dana, dll), dan aplikasi pemesanan perjalanan online (Traveloka, Tiket.com, dll). Platform-platform ini menangani konten berkualitas tinggi dengan berbagai format, termasuk video HD (dalam bentuk film, vlog, webinar, dan video live streaming) yang mungkin sulit untuk ditayangkan mengingat ukuran filenya yang cukup besar. Itulah sebabnya platform-platform ini membutuhkan CDN untuk membantu mengatasi masalah latensi dan skalabilitas sehingga dapat meningkatkan pengiriman konten dan performa website.

 

Penyedia Layanan Internet

Istilah ISP mengacu pada perusahaan yang menyediakan akses internet, baik untuk pelanggan pribadi maupun bisnis seperti Indihome di Indonesia. Dengan terhubung ke layanan CDN, ISP akan mendapatkan akses konten yang lebih baik dari penyedia konten.

 

CDN merupakan cara yang nyaman bagi penyedia konten dan ISP untuk dapat memberikan performa konten yang unggul kepada sebagian besar pengguna yang tersebar secara geografis tanpa perlu meningkatkan infrastruktur IT mereka. Oleh karena itu, berkolaborasi dengan penyedia layanan CDN menjadi langkah penting bagi setiap perusahaan untuk memastikan para pengguna mendapatkan pengalaman terbaik.