Solusi untuk 5 Masalah pada Ruang Server

neuCentrIX - 28/11/2022 10:00

Ruangan server merupakan inti dari data center. Bagi perusahaan, data center sangat penting terkait penyediaan daya dan pendingin untuk server serta menawarkan layanan TI.

Server adalah investasi yang menjanjikan bagi organisasi mana saja. Server menawarkan platform yang dapat diandalkan dan terukur guna menjalankan aplikasi bisnis yang sangat penting. Biasanya berlokasi terpisah dengan gedung perkantoran, tetapi juga bisa ditempatkan di dalam atau fasilitas lainnya. Ruangan server perlu dirancang dengan redundansi karena ketika salah satu sistemnya mengalami kerusakan, selalu ada cadangan untuk menggantikannya.

Oleh karena itu, ruangan server menghadapi banyak masalah. Silahkan lanjut membaca karena kami akan memberikan Anda solusi untuk mengatasi masalah ruang server ini.

Apa saja Bahaya Fisik yang Mengancam Server di Data Center?
Ruang server dirancang agar server tetap dingin dan aman dari potensi bahaya. Beberapa ancaman fisik, server bisa rentan terhadapnya.

1. Ancaman Kebakaran
Jika tidak cukup didinginkan atau jika temperatur di ruang server terlalu tinggi, server bisa rusak karena kebakaran, yang bisa terjadi jika ada korsleting listrik di luar ruangan atau jika listrik padam terlalu lama.

2. Kerusakan karena Air
Air bisa menyebabkan banyak kerusakan ruang server karena malfungsi atau bahkan berhenti berjalan. Air juga bisa menyebabkan ruang server tak bisa dioperasikan dan harus dimatikan dalam jangka waktu tertentu ketika sedang diperbaiki.

3. Panas Berlebihan
Panas berlebihan bisa menjadi ancaman bagi ruangan server data center. Ruang server adalah bagian penting data center dan rentan terhadap panas yang berlebih. Hal ini karena ruang server biasanya tak memiliki ventilasi yang baik yang menyebabkan panas meningkat di dalam ruangan.

4. Gangguan Listrik
Bagi data center, gangguan listrik merupakan resiko besar. Hal itu bisa menyebabkan server mengalami kegagalan atau kehilangan data yang belum memiliki cadangan. Jaringan listrik stabil hanya dalam beberapa waktu yang bisa mengancam stabilitas data center. Para operator harus mengerti bagaimana gangguan listrik berdampak pada server, sehingga mereka bisa melakukan tindakan pencegahan serta melindungi diri dari resiko di masa mendatang.

5. Getaran Intens
Biasanya server diletakkan di rak yang bisa diatur ketinggian dan kerendahannya. Getaran pada server bisa menyebabkan peralatan juga ikut bergetar, memberikan dampak pada kinerjanya, juga mempengaruhi peralatan lain di data center.

Apa Saja Dampaknya pada Bisnis?
Ruang server biasanya berlokasi di ruang bawah tanah atau di beberapa tempat aman yang jauh dari publik. Alasan utamanya adalah karena ruang server memiliki informasi dan perangkat keras penting yang dapat dicapai dengan peretasan atau serangan siber lainnya.

Dampak masalah ruangan server pada bisnis bervariasi, tergantung pada besar dan lamanya pemadaman. Hal itu juga bergantung pada apa yang disimpan data pada server-server tersebut. Namun, tetap saja mencakup hilangnya pemasukan, gangguan bisnis, hilangnya kepercayaan pelanggan juga kepercayaan diri, serta denda dari badan pengatur seperti FTC.

Apa Saja Solusi untuk Mengatasinya?
Agar bisa mengeluarkan panas berlebih di dalam ruangan, ruangan server perlu ventilasi yang cukup. Ruang server membutuhkan sistem pendingin dan pemanas yang akan membantu menjaga kestabilan temperatur untuk peralatan di dalamnya serta mencegah terjadinya panas berlebih atau pembekuan. Ruangan juga harus dilindungi dengan sistem pemadam kebakaran karena terdapat peralatan penting yang mudah terbakar jika tidak dijaga dengan baik. Anda juga bisa menghindari kerusakan yang disebabkan oleh air dengan memasang dehumidifier di ruang server, yang akan menghilangkan kelembaban berlebih dari udara sebelum semuanya terdampak. Memiliki cadangan daya yang dapat diandalkan membantu mencegah masalah pemadaman, sementara rak yang kuat mengurangi getaran.

Ruang server adalah penopang bagi perusahaan. Ruang tersebut merupakan tempat dimana data disimpan dan diproses dan juga komponen yang sangat penting bagi bisnis. Itulah mengapa memeliharanya dengan baik dan mengamalkan solusi agar terhindar dari kerusakan merupakan hal yang sangat penting. NeuCentrIX memiliki ruang server terbaik dengan manajemen yang baik pula untuk menawarkan solusi data center seamless. Silahkan kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut.