3 Manfaat Utama yang Ditawarkan Internet Exchange

neuCentrIX - 17/09/2021 14:02

Sebagai infrastruktur yang menaungi berbagai pelaku digital — penyedia layanan internet, penyedia operator, penyedia konten — untuk dapat terhubung dan bertukar lalu lintas, internet exchange (IX) telah menjadi bagian penting dari ekosistem internet global. Menurut Database IXP (IXPDB), per Januari 2021, terdapat 630 IX yang terdaftar di seluruh dunia dan 140 di antaranya berlokasi di kawasan Asia-Pasifik. Di Indonesia, jumlah internet exchange pun terus mengalami peningkatan. Saat ini, semua IX yang ada dimiliki oleh sejumlah penyedia andal, termasuk neuCentrIX Internet Exchange (NCIX).

 

Jadi, mengapa IX semakin penting? Mari kita simak tiga manfaat utama yang ditawarkan IX bagi bisnis terkini.

 

Penghematan OPEX untuk Peningkatan Profitabilitas

 

Salah satu manfaat utama yang ditawarkan IX adalah berkurangnya biaya operasional. Tanpa IX, koneksi harus dibuat langsung dari satu ISP (atau ISP upstream) ke ISP lainnya, bahkan secara internasional. ISP biasanya mengenakan biaya per megabit untuk data yang ditransfer. Jenis koneksi ini bisa memakan biaya yang tinggi dan berpotensi mengalami pertambahan seiring dengan peningkatan lalu lintas. Karena IX menyediakan interkoneksi langsung di antara setiap anggotanya, lalu lintas dapat dipertahankan secara lokal. Dengan demikian, anggota dapat dengan mudah bertukar konten dengan harga lebih rendah, yang memungkinkan para anggota menghemat biaya tanpa menurunkan kualitas layanan mereka. Selain itu, biaya pemeliharaan infrastruktur fisik dan sejumlah layanan terkait juga akan ditanggung bersama oleh para anggota. Dengan begitu, biaya operasional pun bisa menjadi lebih rendah. Hal ini memungkinkan bisnis mendapatkan lebih banyak pendapatan karena dapat mengalokasikan anggaran lebih untuk kebutuhan penting lainnya. 

 

Mengurangi Latensi untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

 

Latensi mengacu pada waktu yang diperlukan data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain dalam jaringan. Dengan kata lain, semakin jauh jarak yang harus ditempuh data, latensi akan semakin tinggi. Kemampuan IX untuk melokalisasi lalu lintas dan memperpendek jarak yang harus ditempuh data menghasilkan latensi yang lebih rendah dan meningkatkan waktu perjalanan data (pulang dan pergi) yang lebih baik. Latensi yang lebih rendah memungkinkan waktu muat halaman yang lebih cepat, meminimalkan jeda, serta mengurangi potensi gangguan, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Bahkan, IX dapat meningkatkan kecepatan di beberapa lokasi dengan kondisi jaringan jarak jauh yang belum terlalu berkembang.

 

Konektivitas Internet Lokal yang Lebih Kuat untuk Komunitas Lokal yang Lebih Baik

 

Alasan lain mengapa IX kini menjadi penting adalah kehadirannya yang membantu memperkuat konektivitas internet lokal. Latensi yang berkurang dan waktu pulang-pergi data yang ditingkatkan memungkinkan kecepatan dan keandalan akses yang lebih baik. Karena kemampuan ini, IX memiliki peran penting dalam pengembangan ekosistem internet lokal melalui dua cara, yaitu mendorong lebih banyak inovasi dan peluang bisnis dan meningkatkan daya saing. Koneksi yang stabil dan cepat akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi berbagai layanan, mulai dari operator, penyedia layanan, hingga penyedia konten. Jika layanan-layanan ini dibuat secara lokal, kebutuhan bandwidth pun akan meningkat. Dengan begitu, kecepatan dan keandalan akses internet bagi pengguna lokal pun akan ikut meningkat. Tingginya tingkat konsumsi digital akan menjadi motivasi bagi lebih banyak penyedia untuk memproduksi dan menghadirkan konten serta aplikasi yang relevan bagi pengguna lokal. Seluruh proses yang dipertimbangkan dengan baik akan menjadikan internet lebih bermanfaat bagi masyarakat lokal, baik secara sosial dan ekonomi.

 

Ketiga manfaat yang telah disebutkan di atas menjadi alasan mengapa saat ini bisnis harus menjadi anggota IX. Sebagai bagian dari Telkom Indonesia, NCIX tidak hanya menawarkan keunggulan-keunggulan tersebut, tetapi juga kualitas dan kapasitas lain yang hanya dapat disediakan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di tanah air. Itulah mengapa NCIX kini menjadi solusi paling andal untuk memenuhi kebutuhan internet exchange bisnis Anda.