Memanfaatkan Cloud untuk Strategi Marketing Perusahaan

neuCentrIX - 10/01/2023 10:00

Internet adalah bagian dari kehidupan kita saat ini, dan ada begitu banyak cara untuk membuktikannya. Ini penting bagi banyak bisnis karena membantu memberikan layanan pelanggan yang lebih baik seperti belanja cepat dan kenyamanan. Karena itu, kita tidak bisa menutupi betapa besarnya peranan internet.

Bentuk tradisional seperti radio, TV, dan iklan cetak tidak lagi digunakan untuk menjangkau khalayak potensial. Media digital meningkat, dan sebagian besar perusahaan mengadopsi strategi pemasaran baru. Dan di situlah cloud marketing berperan. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari arti cloud marketing, penerapannya di industri, dan keuntungannya. Mari kita mulai!

Apa itu Cloud Marketing?
Meskipun pemasaran cloud dikaitkan dengan penyimpanan dan berbagi digital, pemasaran cloud lebih berfokus pada periklanan. Jadi, cloud marketing adalah proses yang menggunakan platform digital untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial. Ini juga memberi mereka pengalaman yang dipersonalisasi.
Anda dapat menggunakan pendekatan ini untuk menjangkau calon pembeli secara online. Anda dapat menggunakan email, media sosial, dan situs web untuk mempromosikan layanan atau produk Anda.

Implementasi Cloud Marketing di Industri
Ada begitu banyak cara platform berbasis cloud dapat membantu bisnis meningkatkan produktivitasnya. Di bawah ini adalah aplikasi cloud marketing yang dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya:

Mengumpulkan metrik kinerja promosi: Analisis pemasaran cloud dan mencatat data tentang pelanggan dari semua saluran melalui proses yang dikenal sebagai data mining. Dengan demikian, Anda tidak harus bergantung pada komentar media sosial konsumen.

Mengintegrasikan alat e-niaga dengan pemasaran digital: Tidak ada cara efektif lain untuk menarik lebih banyak pelanggan selain dengan mengintegrasikan situs web e-niaga Anda dengan pemasaran digital. Itu membuat belanja online lebih mudah dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

● Menerbitkan konten pada platform pemasaran digital yang berbeda: Dengan pemasaran berbasis cloud, Anda dapat menjangkau lebih banyak prospek dengan lebih cepat karena ketersediaan saluran digital yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengandalkan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, situs web, email, dan YouTube untuk mengiklankan produk atau layanan Anda. Ini akan membantu Anda menghemat waktu dan uang karena Anda mempromosikan di banyak saluran.

Keuntungan Pemasaran Cloud
Pemasaran cloud bukan hanya cara yang efektif untuk terlibat dengan pelanggan, tetapi sebagai pemilik bisnis, Anda akan menikmati beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penerapan cloud marketing:

1. Materi pemasaran yang lebih efektif: Setelah Anda mengiklankan layanan atau produk Anda, materi pemasaran Anda tidak sepenuhnya terbuang atau dihapus dari internet. Sebaliknya, mereka digunakan kembali untuk mengiklankan konten lain yang relevan dengan pelanggan Anda.

2. Peningkatan saluran distribusi: Karena banyak peluang pemasaran saat menggunakan web, Anda tidak akan terbatas pada surat kabar, radio, atau TV selama kampanye berlangsung.

3. Mengurangi biaya iklan: Anda tidak lagi harus membayar biaya pencetakan. Strategi pemasaran ini menghemat banyak uang untuk perusahaan Anda. Selain itu, dengan pemasaran cloud, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk platform iklan digital seperti Jumbotron karena akan sangat mahal. 

4. Meningkatkan penyesuaian metode periklanan: Dengan alat online seperti situs web, Anda dapat menargetkan dan berinteraksi dengan audiens tertentu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan konten untuk memenuhi minat sekelompok orang tertentu. Anda juga dapat memutuskan untuk mempersonalisasi materi promosi seperti email berdasarkan riwayat online pengguna Anda.

5. Meminimalkan biaya pendistribusian materi iklan: Tidak seperti cara tradisional, Anda tidak perlu mengirim buletin atau katalog ke pelanggan Anda melalui pos. Anda sekarang akan membuat katalog dalam format digital. Dengan melakukan itu, Anda akan menawarkan metode komunikasi yang murah dan cepat dengan pelanggan Anda.

Jika Anda membutuhkan cloud marketing untuk membantu menjangkau calon klien, sekaranglah waktunya untuk bertindak! NeuCentrIX menawarkan produk cloud yang dapat mencakup semua kebutuhan bisnis Anda. Terhubung dengan kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut.