Belajar dan Berbagi melalui CDN

neuCentrIX - 10/06/2022 10:00

Belajar online terus berkembang dan banyak organisasi bermunculan yang ingin memenuhi kebutuhan para pelajar. Perusahaan perlu menemukan cara agar kegiatan belajar menjadi lebih baik untuk para murid. Sekarang content delivery network (CDN) telah menjadi semakin baik.

Para pengguna dapat menikmati banyak manfaat seperti transmisi data yang lebih cepat dari server. CDN juga menyanggupi banyaknya permintaan belajar online dengan menyediakan materi belajar yang terbaik. Di artikel ini, kami akan fokus membahas bagaimana CDN memberikan materi belajar online dan manfaatnya bagi pelajar.

Bagaimana CDN Mengirimkan Materi Belajar
CDN membawa belajar online ke level yang lebih tinggi melalui cara-cara berikut:

❖ Ruang Kelas Virtual: Ruang kelas ini memiliki jaringan dan browser virtual. Murid dan pengajar bisa mengadakan waktu dan tempat meeting. Metode belajar online untuk pengguna adalah sesi tanya-jawab, percakapan, kerja kelompok dan polling.

❖Lab Virtual: Para pelajar mendapatkan sesi praktek real-time. Pelajar bisa memilih waktu terbaik untuk mempelajari skill tertentu dalam satu waktu.

❖Video yang Sesuai Permintaan: Murid dan pengajar di platform belajar online bisa melihat pengajar dari tempat manapun dengan koneksi internet. Pengajaran ini dalam bentuk perpustakaan.

❖Live Broadcast: Pelajar bisa menanyakan pertanyaan melalui “Question Manager” selama kelas digital. Hal itu membuat pelajar menikmati sesi live.

❖Alat Penilaian: Melalui alat ini, organisasi Anda bisa mengetahui kesenjangan skill pelajar dan level kompetensi. Hal itu membuat pengajar agar bisa lebih mudah membantu pelajar.

Keuntungan CDN dalam Pembelajaran Online
Berikut keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan CDN untuk pembelajaran online.

1. Meningkatkan Performa
Sistem belajar online akan memiliki performa lebih baik dan lebih cepat. CDN mengurangi tekanan di server bahkan jika terdapat banyak pengguna.

Latensi akan tidak akan menjadi masalah. Pengguna akan lebih mudah untuk mengakses konten belajar dari server.

2. Meningkatkan Keamanan
CDN mengoperasikan cache di banyak platform. Memungkinkan Anda untuk mengamankan data pengguna. Disini, CDN menggunakan pendeteksi otomatis yang menyaring ancaman setiap waktu.

Dengan menggunakan CDN, Anda dapat terlindung dari serangan siber yang bergantung pada lonjakan lalu lintas internet untuk menyerang server. CDN membantu menghindari kelebihan muatan server melalui distribusi konten di server tepi.

3. Meningkatkan Ketersediaan dan Skalabilitas
Percayakan CDN untuk memungkinkan jaringan perusahaan Anda menampung banyak orang lebih lama. Anda bisa mengintegrasi server cloud untuk membantu pengguna mengakses konten bahkan ketika ada kemacetan.

4. Redundansi
Dengan adanya CDN, platform Anda akan lebih jarang error. Masalah seperti itu datang karena hilangnya paket saat info berpindah dari situs web ke pengguna akhir. CDN menjaga paket tetap utuh dan menurunkan latensi jaringan bahkan tanpa perangkat keras lain.

5. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Pengguna akan menyukai pembelajaran online karena CDN. Jaringan ini membantu navigasi menuju URL baru yang lebih cepat. Hal itu terjadi ketika CDN melakukan cache konten di server paling dekat dengan pengguna.
 
CDN merupakan jawaban terbaik untuk masalah platform belajar online. Pelajar dan pengajar menikmati keamanan dan respon cepat dari server. Selain itu, pelajar juga bisa mendapatkan banyak hal seperti lab virtual, ruang kelas, dan live broadcast, dan lainnya. Jadi, organisasi harus menggunakan CDN sebagai solusi jika situs web belajar online mereka lambat.