Komputasi Cloud untuk Pertanian

neuCentrIX - 19/10/2022 10:00

Kegiatan pertanian merupakan aktivitas utama yang menjadi inti dalam banyak sektor ekonomi dan faktor penting dalam pendukung kehidupan di bumi ini. Para petani selalu bekerja keras demi menghasilkan panganan untuk konsumsi sehari-hari, baik untuk komersial maupun penggunaan domestik. Meskipun demikian, studi dari PBB mengatakan bahwa kegiatan pertanian merupakan sektor yang berkontribusi tinggi pada pemanasan global. Studi tersebut menjelaskan bahwa kontribusi sektor agrikultur menyumbang hingga 12% gas rumah kaca secara global.

Hal ini dikarenakan kegiatan pertanian seperti penebangan hutan umumnya menggunakan pestisida, herbisida, dan pupuk sintetis. Komputasi cloud kini hadir untuk menyelamatkan fenomena tersebut, dengan menawarkan pemantauan tanaman demi presisi pertanian yang lebih baik. Simak ulasan lengkapnya! 

Apa itu Pertanian Presisi?
Kegiatan pertanian kerap kali menggunakan zat yang berbahaya bagi lingkungan. Akan tetapi, hal ini dapat ditangani dengan menerapkan teknik agrikultur yang lebih baik seperti kegiatan pertanian organik. Hal ini dapat mengurangi energi dan polusi daripada kegiatan pertanian biasanya yang melibatkan penyerapan karbon.

Pertanian presisi merupakan salah satu alternatif terbaik yang lebih ramah lingkungan dan sama efektifnya dengan pertanian organik. Pertanian presisi melibatkan teknologi untuk mendapatkan informasi dan memantau parameter seperti peralatan, fertilisasi dan air dalam tanah. Pertanian presisi menggunakan komputasi cloud untuk menghasilkan, menyimpan dan menganalisa data pertanian. Sensor nirkabel disebarkan di sawah untuk mengumpulkan data dan informasi tersebut langsung dianalisis menggunakan pembelajaran mesin.

Melalui teknologi komputasi cloud, para petani dapat mengetahui kondisi ladangnya dan mengawasi kondisi tanah seperti kelembaban, temperatur, pH dan nutrisi lainnya yang terkandung. Algoritma dari komputasi cloud dapat memprediksi bagaimana perubahan tertentu akan memberi dampak kepada ladang. Contohnya, seorang petani akan mengetahui berapa banyak air atau pupuk yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Aplikasi Komputasi Cloud di Pertanian
Komputasi cloud adalah aset penting bagi banyak sektor, termasuk pertanian. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengaplikasiannya di sektor pertanian :

1. Manajemen Tanaman yang Lebih Baik
Komputasi cloud membantu para ahli mendapatkan informasi lebih dalam tentang tanaman, guna membantu mereka mengetahui apa yang harus ditanam selanjutnya. Selain itu, terdapat data cuaca untuk area tertentu dan perkiraan untuk hari yang akan datang. Hal ini dapat membantu para petani untuk membuat keputusan berdasarkan informasi pada masalah yang berkaitan dengan tanaman.

2. Menyediakan Informasi Mengenai Tanah
Pada kegiatan pertanian mengetahui gambaran tentang tanah merupakan faktor penting dalam menentukan hasilnya. Komputasi cloud dapat menganalisis beberapa parameter, seperti keasaman, kebasaan dan kualitas tanah.

3. Pelacakan Pertumbuhan
Komputasi cloud dapat mengawasi tingkat pertumbuhan tanaman di wilayah berbeda secara berkala. Informasi ini bisa digunakan untuk mengembangkan rencana pertanian di masa depan karena memberikan tren dalam pola pertumbuhan.

4. Pasar Belanja Online
Sebelumnya para petani cenderung dieksploitasi oleh ketamakan perantara atau makelar karena kurangnya koneksi antara petani dan pengguna langsung. Komputasi cloud membantu dan memberi kesempatan bagi para petani untuk mendapatkan koneksi langsung ke pedagang dan ke konsumen untuk menjual produknya. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan sistem informasi berbasis cloud, sehingga para petani mendapatkan data pasar, cuaca, pupuk dan lain-lain.

Komputasi cloud telah menjadi alat efektif untuk pertanian yang lebih baik. Teknologi tersebut membantu melawan pemanasan global dengan memberikan informasi yang dibutuhkan kepada petani, demi mengurangi zat berbahaya bagi tanah. neuCentrIX merupakan data center terdepan yang menawarkan solusi komputasi cloud terbaik untuk pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi melalui WhatsApp di +62 811-3900-2626.