Manfaat Teknologi Cloud bagi Pertumbuhan Bisnis Anda

neuCentrIX - 10/10/2022 10:00

Teknologi Cloud lebih dipilih di dunia bisnis karena lebih menguntungkan. Sistem TI tradisional tidak dapat menandinginya, untuk itu banyak bisnis yang sudah beralih. Anda pasti tidak ingin perusahaan Anda ketinggalan karena perusahaan lain sudah merangkul teknologi luar biasa ini.

Menurut studi gobal tahun 2021, nilai pasar komputasi dunia akan tumbuh dari $445,3 miliar menjadi $947,3 di tahun 2026. Selain itu, terdapat alasan lain mengapa banyak pihak berpindah ke teknologi cloud. Artikel ini akan membahas mengenai fitur teknologi cloud dan bagaimana teknologi tersebut membantu bisnis Anda untuk terus bertumbuh.

Apa Saja Keuntungan dari Penggunaan Teknologi Cloud untuk Bisnis Anda?
Teknologi cloud dapat beroperasi pada segala macam bisnis. Berikut merupakan aspek mengagumkan yang membuat perusahaan tertarik pada teknologi cloud : 

1. Mengurangi Biaya Manajemen
Menggunakan teknologi cloud membuat manajemen Anda bekerja dengan mudah. Anda tidak harus membeli dan mengganti infrastruktur penyimpanan data. Bahkan, jika bisnis Anda terus tumbuh, Anda hanya butuh meningkatkan perangkat lunak, bukan perangkat kerasnya.
Perlu diingat bahwa penyedia layanan cloud akan bekerja sangat gesit. Anda bisa mengalihkan pengeluaran Anda untuk investasi lain dan memungkinkan perusahaan untuk berkembang.

2. Akses Data yang Mudah
Anda dapat menggunakan aplikasi cloud untuk mengakses data perusahaan kapan saja dengan kecepatan internet yang memuaskan. Penyedia layanan hanya akan mengizinkan pengguna yang diizinkan untuk mengakses data. Aksesibilitas merupakan keinginan besar bagi perusahaan karena Anda akan bekerja sama dengan baik dengan karyawan Anda.

3. Cadangan Data yang Layak
Cloud akan melindungi data Anda dari kejadian bencana aplikasi internet manapun. Hal itu terjadi melalui dukungan yang tepat serta melalui Service Level Agreements (SLAs). SLAs membuat penyedia layanan cloud membayar kecepatan data di bawah 99,99%. Perjanjian ini membuat Anda lebih berfokus pada pertumbuhan bisnis.

4. Jaringan Cloud Lebih Fleksibel
Aplikasi cloud dapat diakses bahkan ketika sedang di upgrade perangkat lunaknya. Penskalaan kembali menjadi mudah, bahkan selama waktu henti perangkat lunak. Untuk itu, Anda akan merasakan kemudahan ketika sedang menjalankan aktivitas bisnis Anda karena lebih fleksibel.

5. Anda Akan Memiliki Analisis dan Wawasan Data yang Lebih Baik
Data Anda akan memberikan keuntungan ketika Anda mengerti trennya. Bisa jadi soal kepentingan pelanggan, tren, atau kinerja bisnis. Kemudian, Anda akan merencanakan dan memutuskan pilihan penting yang akan membantu pertumbuhan perusahaan. Mendapatkan data statistik tak jadi sulit jika Anda memiliki aplikasi cloud.

6. Sangat Mudah untuk Mengotomatiskan Aplikasi Cloud
Terkadang, Anda ingin memiliki lebih banyak aplikasi untuk mengelola data. Sebagian besar penyedia layanan cloud membuat hal ini jadi mudah. Anda bisa memilih alat yang Anda rasa akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Hal ini membuat Anda akan lebih berfokus pada kinerja perusahaan Anda.

7. Lebih Aman
Teknologi cloud memiliki salah satu langkah keamanan terbaik guna melindungi data Anda. Dengan cara ini, contohnya seperti firewall yang lebih baik, merupakan kewajiban hukum di sebagian besar negara. Hal tersebut menghemat sumber daya yang akan Anda gunakan untuk penjagaan keamanan.

Fitur Teknologi Cloud
Anda akan melihat bahwa teknologi cloud membantu perusahaan berkembang ketika membandingkannya dengan sistem tradisional TI. Hal itu terjadi karena beberapa fitur seperti di bawah ini :

● Cloud Lebih Murah
Sebagian besar aplikasi cloud bekerja berdasarkan apa yang Anda gunakan. Lebih murah dibandingkan dengan teknologi tradisional, dimana Anda akan membutuhkan pengaturan yang mahal.

● Dapat Diakses
Anda dapat mengakses layanan aplikasi cloud selama Anda memiliki perangkat dengan koneksi internet yang stabil. Teknologi tersebut berbeda dengan mode TI tradisional dimana Anda harus masuk ke jaringan perusahaan, yang terkadang membuat stres.

● Terukur
Mudah untuk mengukur aplikasi cloud Anda, baik itu naik atau turun. Tak seperti sistem tradisional, Anda tidak akan butuh pengaturan atau sumber tambahan.

● Cadangan Data yang Tepat
Mencadangkan data Anda untuk tujuan keamanan bisa dilakukan dengan cepat. Hal tersebut merupakan tugas para penyedia layanan yang dikerjakan melalui SLAs. Namun, dengan sistem tradisional, Anda akan butuh lebih banyak waktu dan sumber daya untuk membuat cadangan.

Setiap perusahaan dengan visi yang jelas mengerti bahwa teknologi cloud memberikan lebih banyak kesempatan untuk berkembang dibandingkan dengan sistem TI tradisional. Seiring berkembangnya teknologi, bisnis yang menggunakan cloud akan tetap berjalan dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana teknologi cloud bisa membantu bisnis Anda berkembang, hubungi kami di WhatsApp (+62) 811-3900-2626).