Lingkungan yang Tepat untuk Menyimpan Data Anda

neuCentrIX - 14/11/2022 10:00

Data center merupakan inti dan kekuatan dari internet. Berfungsi untuk menyimpan, memproses, serta mendistribusikan data. Data center juga bertanggung jawab untuk hosting, serta menjalankan aplikasi, dan layanan infrastruktur internet.

Para penyedia data center harus menyiapkan lingkungan yang tepat untuk penyimpanan data guna memastikan semua data aman dari serangan siber. Dikarenakan data center sangatlah penting, maka sistem keamanannya harus dikuatkan agar teknologi tersebut terlindungi dari potensi serangan yang bisa menimbulkan kerugian besar. Baca lebih lanjut mengenai data center dan standar lingkungan yang wajib dipenuhi.

Data Center Sangat Penting bagi Bisnis
Data center penting bagi bisnis karena teknologi tersebut menyimpan data dan menyediakan akses. Data center membantu perusahaan pada operasi sehari-hari dengan menyimpan data, yang mana merupakan hal krusial bagi bisnis manapun. Data center juga menyediakan infrastruktur untuk mengakses data milik perusahaan atau data dari cloud.

Data center telah berkembang selama bertahun-tahun untuk mengakomodasi teknologi dan inovasi baru yang telah muncul. Hal ini menimbulkan terciptanya rancangan data center yang lebih hemat biaya, hemat energi, juga terukur untuk memenuhi permintaan ruang penyimpanan yang terus meningkat.

Standar Lingkungan Data Center yang Harus Dipenuhi oleh Penyedia Bermutu Tinggi
Standar lingkungan data center bukan tercipta dalam beberapa tahun terakhir saja. Standar tersebut sudah ada sejak lebih dari dua dekade dan telah berkembang seiring berjalannya waktu. Kesadaran para penyedia data center meningkat dengan adanya standar ini, tetapi tetap harus memperbaikinya.

Agar menghasilkan operasi yang baik, berikut beberapa standar yang harus dipertahankan data center:
Keandalan: Data center harus menjaga waktu aktif 99,999% per tahun.
Keamanan: Data center harus memiliki sistem keamanan di tempat agar terlindungi dari serangan siber dan ancaman lainnya.
Kemampuan melayani: Data center harus mampu pulih dari kerusakan maupun pemadaman apapun tanpa gangguan layanan.
Efisiensi: Data center harus menggunakan teknologi dan praktik yang hemat energi, serta mempublikasikan pencapaian berkelanjutan mereka agar kepercayaan pelanggan meningkat.

Daftar Standar Lingkungan Data Center
Data center sering ditempatkan di daerah terpencil agar resiko kerusakan dari bencana alam bisa diminimalisir, juga untuk menyediakan akses yang mudah ke air pendingin. Data center perlu menjaga lingkungan tertentu agar berfungsi dengan benar. Teknologi tersebut membutuhkan seperangkat standar lingkungan tertentu yang harus dipenuhi.
Standar lingkungan data center merupakan pedoman untuk merancang dan mendirikan data center. Di bawah ini adalah daftar standar lingkungan data center :
● The International Standards Organization (ISO).
● The International Electro-Technical Commission (IEC).
● The Federal Trade Commission (FTC) Green Guides.

NeuCentrIX adalah penyedia layanan data center terkemuka dan sudah resmi bersertifikat untuk beroperasi. Kami menawarkan layanan berkualitas tinggi dengan standar lingkungan internasional dan nasional. Silahkan kunjungi halaman kami untuk mempelajari lebih lanjut.