Pertumbuhan Komputasi Cloud untuk Industri Kesehatan

neuCentrIX - 22/08/2022 10:00

Seperti sektor lainnya, industri kesehatan berada di antara industri yang mendapatkan manfaat terbesar komputasi cloud. Komputasi cloud merupakan inovasi teknologi tinggi yang membantu menyimpan, mengelola dan memproses data yang berhubungan dengan kesehatan melalui jarak jauh yang dapat diakses dengan internet. Teknologi ini merupakan alternatif terbaik untuk membangun data center di tempat dengan server atau menyimpan data di komputer pribadi.

Disini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana komputasi cloud telah tumbuh di sektor kesehatan dan bagaimana teknologi tersebut telah membantu di berbagai macam kesulitan.

Pertumbuhan Pasar Komputasi Cloud di Sektor Kesehatan Global

Pasar komputasi cloud kesehatan di seluruh dunia bernilai 48,1 juta USD di tahun 2021 dan diprediksi meningkat di tingkat pertumbuhan tahunan terbesar sebesar 16,7 persen di antara tahun 2022 dan 2030.

Berikut beberapa alasan peningkatan kapitalisasi pasar infrastruktur komputasi cloud kesehatan.

  • Tren yang berkembang di industri kesehatan
  • Penggabungan analitik AI/ML tingkat lanjut
  • Pengadopsian cloud dari sistem perawatan kesehatan
  • Meningkatkan pengeluaran kesehatan
  • Layanan pemeliharaan yang tidak efisien
  • Sistem kesehatan yang terbebani

Dengan penggunaan komputasi cloud, lembaga kesehatan bisa menghubungkan dan mengoptimalkan operasinya serta mendorong hasil organisasi dan fungsional. Juga akan membantu memperbaiki pengelolaan dan keamanan data serta menyediakan perawatan terbaik.

Lembaga kesehatan diprediksi meningkatkan penerimaan dan permintaan sistem komputasi cloud, mengendalikan perkembangan pasar.

Manfaat penggunaan komputasi cloud di industri kesehatan

Seperti yang sudah kita ketahui, pasar komputasi cloud sedang berkembang dan terdapat peningkatan permintaan untuk infrastruktur tersebut di dalam industri kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari penggunaan komputasi cloud untuk industri kesehatan.

1. Meningkatkan rekam medis elektronik yang efisien

Rumah sakit dan lembaga medis lainnya diamanatkan untuk menjaga dan menyediakan rekam medis elektronik yang dapat diandalkan. Hal ini bisa dicapai dengan menyimpan informasi pasien, termasuk interaksi penyedia kesehatan. Komputasi cloud bertujuan untuk menawarkan layanan medis yang lebih aman, berkualitas tinggi serta efisiensinya yang lebih baik.

2. Mempersingkat perawatan kolaboratif untuk pasien

Komputasi cloud merupakan teknologi yang baik yang telah membantu rumah sakit agar bisa lebih mudah membagi informasi tentang rekam medis pasien. Awalnya, pasien biasa membawa banyak dokumen yang berisi tentang rekam medis mereka untuk diserahkan ke departemen atau dokter yang mereka kunjungi. Namun, dengan komputasi cloud, praktisi medis bisa lebih mudah berkolaborasi dan memperbaiki kualitas layanan kesehatan yang mereka sediakan untuk pasien.

3. Mengurangi biaya penyimpanan data

Mendirikan data center di tempat bisa sangat mahal untuk fasilitas kesehatan. Hal itu merupakan investasi yang membutuhkan banyak perangkat keras, server untuk menyimpan data dan lebih banyak infrastruktur IT yang sangat penting untuk menjaga agar data aman dan dapat diakses dengan mudah.

Memiliki solusi berbasis cloud yang dapat diandalkan mengurangi biaya menyimpan data kesehatan. Penyedia layanan cloud mengelola konstruksi, administrasi dan pemeliharaan data cloud untuk mendapatkan biaya penyimpanan data yang lebih baik.

4. Meningkatkan keamanan data

Selama beberapa tahun, ilmuwan kesehatan sudah menggunakan lemari penyimpan untuk menjaga data rekam medis pasien. Hal ini disertai dengan banyak resiko, termasuk pencurian dan berpotensi kerusakan. Dokumen kertas bisa hilang dengan mudah atau hangus terbakar, juga hancur karena bencana alam seperti banjir. Komputasi cloud menjamin data selalu aman dan hanya bisa diakses oleh pihak yang berwajib.

Kesimpulannya, komputasi cloud adalah teknologi yang memiliki banyak manfaat bagi banyak industri. Sektor kesehatan merupakan penerima manfaat terbesar penemuan ini, yang membantu meningkatkan penyimpanan data, keamanan dan mengurangi biaya.