Pentingnya Modernisasi Data untuk Maksimalkan Agilitas Bisnis di Cloud

neuCentrIX - 27/12/2021 16:30

Seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang melakukan migrasi ke cloud, peran data modernization atau modernisasi data kini semakin penting. Jika saat ini sistem database Anda tidak mampu lagi mendukung Anda untuk tetap relevan — memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, menciptakan peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan baru, dan membuat keputusan strategis — Anda dapat mengandalkan data modernization.

Apa itu data modernization?
Pada dasarnya, data modernization dapat diartikan sebagai proses memindahkan data dari database lama ke database yang telah berbasis cloud. Di era digital saat ini, sistem database lama sudah tidak lagi efisien untuk mendukung operasional bisnis karena sifatnya yang tertutup. Sementara itu, platform data berbasis cloud memiliki kemampuan untuk memberi Anda berbagai hal yang tidak dapat dilakukan oleh sistem lama, mulai dari migrasi data yang efisien, pemrosesan data yang cepat, skalabilitas ruang penyimpanan, hingga analisis interaktif yang mendekati real-time. Dengan melakukan migrasi data ke cloud, Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak lagi efisien, berisiko bottleneck, dan kerumitan sistem lama yang sudah usang, memungkinkan Anda untuk mewujudkan bisnis yang lebih agile.

Bagaimana cara menerapkan data modernization yang sukses?
Kami telah merangkum lima tahap yang merupakan langkah-langkah kunci menuju data modernization yang sukses.
 
Tahap 1: Perencanaan
Perencanaan merupakan tahap pertama yang diperlukan dalam proses data modernization. Pada tahap ini, Anda perlu melakukan beberapa langkah kunci; melakukan penilaian terhadap permasalahan data dan tujuan Anda; menilai status dan arsitektur data Anda saat ini; menentukan strategi dan roadmap berdasarkan hasil temuan Anda.

Tahap 2: Migrasi
Tahap kedua adalah melakukan migrasi data. Ketika memasuki tahap ini, Anda harus mengakhiri ketergantungan Anda pada sistem lama dengan memindahkan solusi database Anda ke cloud.

Tahap 3: Modernisasi Data dan Aplikasi
Setelah memindahkan data ke cloud, tahap selanjutnya adalah melakukan modernisasi terhadap data dan aplikasi. Modernisasi menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih relevan yang tidak dimiliki oleh sistem lama Anda, seperti kolaborasi digital secara real-time pada pembuatan konten, berbagi data yang dapat diakses dengan lebih mudah, kemampuan untuk mengimplementasikan DevOps, dll.

Tahap 4: Analytics Modernization
Manfaat paling besar yang bisa Anda dapatkan dari data modernization adalah kemampuan untuk mendapatkan wawasan yang lebih berharga dari data yang Anda miliki. Melakukan analisis dengan cara yang modern memungkinkan Anda memperoleh pandangan yang lebih menyeluruh tentang pelanggan Anda, mengidentifikasi tren atau perilaku yang sebelumnya belum pernah terpikirkan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih akurat.

Tahap 5: Inovasi Berbasis AI dan Machine Learning
AI dan Machine Learning dapat membantu mengatasi berbagai tantangan bisnis, seperti pengoptimalan rantai pasokan, prediksi terhadap permintaan, dan pengurangan limbah. Tak hanya itu, AI/ML juga dapat digunakan untuk mempelajari lebih jauh tentang pelanggan Anda — membuat profil pelanggan dan memprediksi perilaku pelanggan — dan mendapatkan rekomendasi pemasaran berdasarkan profil dan prediksi.

Mengapa data modernization menjadi penting?
Ada tiga alasan utama mengapa Anda perlu menjadikan data modernization sebagai prioritas Anda.

1. Visibilitas Data
Arsitektur database yang kompleks dan ketinggalan zaman tak jarang membuat perusahaan kesulitan dalam menemukan informasi ketika mereka membutuhkannya dengan cepat. Proses modernisasi memberikan Anda kesempatan melakukan audit untuk menemukan informasi sensitif dan kritis yang ada dalam data, serta menyusun manajemen data di lingkungan baru.

2. Kontrol akses
Dalam sistem lama, manajemen keamanan data dapat merupakan sebuah tantangan karena sifatnya yang tertutup dan tidak terintegrasi. Dalam lingkungan cloud, Anda perlu memikirkan kembali bagaimana aset rahasia dan data sensitif Anda dapat diakses dan mengidentifikasi siapa saja yang diizinkan untuk memiliki akses tersebut.

3. Fleksibilitas
Sistem lama Anda tidak dirancang untuk dapat saling terhubung sehingga proses berbagi data dan pemrosesan data harus dilakukan secara manual. Cara ini tidak efisien dan membutuhkan waktu yang lama. Dengan melakukan migrasi data ke database modern, Anda dapat menyusun kerangka kerja serbaguna yang memungkinkan Anda untuk bisa memaksimalkan potensi data yang dimiliki.

Untuk mewujudkan bisnis yang agile dan relevan, Anda harus terus mengembangkan arsitektur data dan melihat tren terkini dari perkembangan industri dan teknologi. Oleh karena itu, data modernization perlu menjadi salah satu prioritas utama Anda dalam perjalanan transformasi digital yang lebih baik.