Manajemen Kabel: Bagaimana Praktik Terbaik Bermanfaat bagi Perusahaan Anda

neuCentrIX - 11/08/2020 11:02

Kinerja sebuah data center (pusat data) bergantung pada banyak faktor. Terlepas dari berbagai kompleksitas di dalamnya, salah satu aspek yang paling penting dari data center adalah manajemen atau pengelolaan kabel. Sistem manajemen kabel yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik adalah kunci untuk kinerja unggul, aksesibilitas tinggi, dan biaya operasional lebih rendah. Sebuah artikel Forbes yang ditulis oleh Kolton Andrus menekankan bagaimana downtime (penghentian sementara) dan pemadaman di pusat data dapat membuat banyak perusahaan mengeluarkan lebih banyak biaya dan sumber daya. Padahal sistem manajemen kabel yang tepat dapat membantu perusahaan menghemat biaya dengan mencegah downtime yang tidak diinginkan yang berisiko sangat mahal.

Sistem manajemen kabel yang baik dapat menjadi langkah investasi bagi perusahaan yang sangat bergantung pada kinerja data center mereka. Itu sebabnya, menggunakan layanan dari penyedia data center dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan manfaat dari sistem manajemen kabel yang dirancang dengan baik dan diimplementasikan dengan benar. Penyedia data center yang andal dan bertanggung jawab, seperti NeuCentrIX, menerapkan praktik terbaik sistem manajemen kabel ini dalam menjalankan layanannya.


Perencanaan yang Teliti dan Cermat
Sistem manajemen kabel yang efektif dimulai dengan desain yang jelas, dari struktur jaringan kabel dan rencana pengelolaan. Desain yang baik dapat memenuhi kebutuhan saat ini, sekaligus dapat ditingkatkan untuk kebutuhan masa depan, termasuk mengantisipasi perubahan atau relokasi untuk menjaga keandalan dan kesiapan jangka panjang. Cetak biru desain berfungsi sebagai panduan dan arahan, tidak hanya selama proses instalasi tetapi juga pada tahap pemeliharaan dan pemecahan masalah. Penyedia data center yang mumpuni memastikan masalah terselesaikan dengan cepat dan akurat tanpa mengabaikan tahap ini.

Arah Perancangan yang Terperinci
Ada banyak hal perlu dipertimbangkan ketika merancang jaringan, sehingga sangat penting untuk merinci dengan saksama rancangan sistem kabel sebelum masuk ke instalasi. Tahap ini adalah ketika preferensi diatur untuk memastikan sistem dan lingkungan dibangun sesuai kebutuhan. Termasuk menentukan penggunaan kabel serat atau tembaga, jenis dan ukuran apa yang dibutuhkan, berapa lama kabel harus bebas dari kabel yang longgar dan mengurangi pemborosan, hingga bagaimana seharusnya mereka dikelompokkan dan diorganisasi. Penyedia data center memikirkan perincian ini untuk menciptakan sistem yang aman dan dan memastikan tidak ada sumber daya yang terbuang selama proses instalasi agar kinerja terpantau optimal.

Pengelolaan Tekanan pada Kabel
Tekanan atau stress dapat berdampak buruk untuk kabel, dan seorang teknisi tidak akan membiarkan hal ini banyak terjadi dalam sistem. Aspek penting untuk mengatur tekanan pada kabel adalah menggunakan alat yang tepat, yang biasanya terasa seperti biaya tambahan; tetapi mengelola tekanan kabel dapat menghemat biaya dalam jangka panjang. Penyedia data center mampu memanfaatkan dan mengelola alat secara efisien. Misalnya, memasang label dan kode warna untuk mengatur dan mengategorikan kabel dengan rapi agar memudahkan pelacakan. Peletakan gantungan secara horizontal dan vertikal juga digunakan untuk menjaga kabel sensitif berada pada tempatnya untuk menghindari kerusakan.

Dokumentasi Lengkap dan Terperinci
Dokumentasi terperinci tentang jenis, lokasi, dan koneksi masing-masing kabel sangat berguna untuk pemeliharaan di masa mendatang. Sistem dokumentasi yang lengkap memungkinkan penyedia dan pengguna data center untuk mengefektifkan usaha dan waktu dalam memelihara dan memasok peralatan baru, dan memecahkan masalah konektivitas.


Penerapan praktik-praktik terbaik ini adalah kunci data center yang efektif dan andal. NeuCentrIX mengimplementasikan hal ini di fasilitas Meet-Me Room (MMR) untuk memastikan lingkungan yang aman, eksekusi yang efisien, dan kinerja server maksimum. Standar ini juga secara konsisten dipertahankan untuk mendapatkan hasil terbaik dari prosedur perawatan dan pemecahan masalah yang tepat. Dengan menerapkan sistem ini, NeuCentrIX dapat diandalkan sebagai penyedia data center yang memadai untuk kebutuhan pengguna.