Pendapat Para Pemimpin Teknologi Global Tentang Tren Teknologi di Tahun 2022

neuCentrIX - 26/10/2022 14:16

Industri teknologi telah menjadi bagian besar dari perekonomian dunia. Kemajuan teknologi semakin membaik seiring dengan berkembangnya tren yang ada. Seperti tahun sebelumnya, pada tahun 2022 tidaklah berbeda. Semakin banyak para pemimpin teknologi global yang membicarakannya.
 
Hal ini berarti lebih dari 90% model bisnis teknologi pasti berkembang pada tahun mendatang. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa 22% bisnis teknologi berencana menanamkan operasinya pada teknologi digital, sementara sebesar 64% lainnya ingin sepenuhnya beralih ke bekerja secara digital. Simak ulasan lengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut.
 
Dampak Pandemi pada Evolusi Digital TI
Pandemi COVID-19 membawa banyak pengaruh ke banyak sektor ekonomi. Industri teknologi global pun tak ketinggalan merasakan dampaknya. Ketika sebagian besar bisnis biasanya beroperasi dari kantor, kebanyakan perusahaan sudah memulai gagasan bekerja dari rumah. Hal ini telah menjadi salah satu tren teknologi paling signifikan yang masih berlanjut hingga tahun 2022.

Banyak pemimpin TI yang mempercepat evolusi digital sebagai dampak langsung dari pandemi. Berikut beberapa cara mereka melakukannya.

Lebih bergantung pada komputasi cloud dan kolokasi data center daripada memiliki data center pribadi yang kecil dengan beberapa server.
● Wawancara dengan bantuan komputer.
● Otomatisasi proses dan transaksi finansial.
● Pengenalan token yang tak dapat dipertukarkan.
● Lebih banyak pengembangan dan penggunaan teknologi keamanan intelijen.
● Peningkatan vendor keamanan siber.
● Penggunaan Artificial Intelligence dan solusi kesehatan jarak jauh.

Supply Chain dan Ancaman Lain yang Mempengaruhi Virtualisasi
Virtualisasi berada di antara tren yang paling signifikan yang diadopsi oleh perusahaan teknologi di seluruh dunia. Meskipun telah berhasil di banyak bidang, namun di beberapa sektor, seperti rantai pasokan atau yang lebih dikenal dengan istilah supply chain, tak merespon dengan baik. Hal ini bisa menimbulkan pengembangan mekanisme virtualisasi yang tepat untuk membantu memudahkan pengiriman barang dan jasa.

Kekhawatiran Utama Keamanan Siber bagi Pemimpin Teknologi Global
Pada industri teknologi, keamanan siber adalah tantangan penting yang dihadapi oleh perusahaan. Meskipun langkah-langkah signifikan telah diambil untuk mengatasi tantangan ini, beberapa kekhawatiran masih perlu dipertimbangkan, yaitu:
Respon serangan siber yang lama: Saat ini internet berkecepatan tinggi dan banyak informasi dapat tersedot hanya dalam sepersekian detik. Berarti perusahaan harus cepat dalam melawan serangan ini untuk mengurangi ancaman data tercuri.

● Keamanan siber terintegrasi: Harus ada integrasi keamanan siber yang meningkat dan lebih baik yang memungkinkan perusahaan memiliki perlindungan data berlapis. Para pemimpin teknologi harus memiliki tujuan yang sama dan mencari cara yang lebih baik untuk mengatasi keamanan siber.

● Pembajakan kripto: Mata uang kripto adalah salah satu tren teratas di industri teknologi dan disertai dengan banyak persoalan keamanan siber. Pemimpin teknologi harus mencari cara untuk menangani ancaman ini secara efektif.

● Daya komputasi yang lebih kuat: Para pemimpin teknologi harus memiliki daya komputasi yang bagus untuk melawan serangan siber. Jika penyerang siber menggunakan komputer canggih, berarti perusahaan teknologi harus menggunakan perlindungan yang lebih baik.

Industri teknologi terus berkembang, dan pemimpin teknologi global memiliki banyak hal untuk dibahas mengenai tren teknologi teratas di tahun 2022. Meskipun beberapa tantangan seperti virus COVID-19 memberi dampak pada industri, para pemimpin masih membutuhkan kerja sama untuk mengatasi masalah keamanan siber.