Perkiraan Pertumbuhan Data Center

neuCentrIX - 12/09/2022 10:00

Kecepatan akses informasi yang berasal dari sebagian besar pengguna internet mendorong permintaan kebutuhan data center. Saat ini, nilai pasar teknologi meningkat cepat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, media sosial membuat data center semakin efisien.

Pada masa mendatang, tiap perusahaan akan membutuhkan data center modern guna membantu menjalankan aktivitasnya. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai data center secara global, perkembangannya di Asia dan mengapa perusahaan-perusahaan harus menggunakannya di masa depan.

Tinjauan Pasar Data Center di Global

Pasar data center telah mengalami banyak perkembangan sejak pandemi COVID-19. Ditambah lagi, sebagian besar pemerintah telah menggunakan teknologi berbasis cloud. Hal tersebut meningkatkan nilai pasar data center hingga $206,2 miliar di tahun 2021.

Hal ini menyebabkan nilai pasar teknologi tumbuh pada CAGR 10,20% pada penutupan tahun 2022. Data center diperkirakan akan mendapatkan penghasilan sebanyak $404,9 miliar di akhir tahun 2022.

Pada tahun 2021, jumlah pemakaian data center telah meningkat di berbagai belahan dunia. Terdapat lebih dari 8.000 data center yang digunakan pada skala dunia. Sebagian besar penggunanya berasal dari enam negara berikut; Amerika Serikat memiliki 33% saham, Britania Raya memiliki sebesar 5,7%, Jerman sebesar 5,5%, Tiongkok 5,2%, Belanda 3,4% dan Kanada memiliki 3,3%.

Perlu diketahui bahwa pelaku pasar data center tersebut berinvestasi pada solusi mutakhir yang membuat mereka dapat bersaing dengan baik. Prioritas seperti itu datang dari permintaan tinggi bisnis untuk kepadatan yang lebih tinggi dan fasilitas penyimpanan data yang efisien. Naiknya permintaan data center oleh SME juga berkontribusi pada ekspansi nilai pasar.

Bagaimana Perkembangannya di Asia, khususnya Indonesia?

Banyak negara di Asia telah merasakan manfaat dari data center modern. Pada tahun 2021, pasar data center Indonesia memiliki nilai sebesar $1,67 miliar. Jumlah ini akan meningkat menjadi $3,43 miliar pada 2027, dengan CAGR 13,15%.

Nilai data center tersebut akan naik jika kekuatan internet juga berkembang. Indonesia sendiri memiliki nilai lebih dari $100 miliar pada perkembangan ekonomi di bidang internet. Angka tersebut diprediksi meningkat menjadi $300 miliar pada tahun 2025. Hal ini dikarenakan permintaan pengguna layanan serta infrastruktur data yang berkualitas tumbuh cepat selama beberapa periode terakhir.

Perlu diingat, bahwa pasar e-commerce di Indonesia saat ini serupa dengan pasar online Tiongkok pada awalnya. Terdapat banyak pengusaha menjual barang melalui media sosial. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak menggunakan Facebook di Asia. Hal itu meningkatkan pertumbuhan data center juga pada akhirnya. 

Mengapa Perusahaan Harus Mengadopsi Data Center untuk Masa Depan

Berikut alasan mengapa perusahaan harus berinvestasi lebih ke data center di masa mendatang. Tanpa data center, perusahaan akan kesulitan untuk mencapai profit yang berakibat pada kerugian perusahaan.

1. Mengurangi Biaya

Data center membantu perusahaan menghemat biaya pada daya dan infrastruktur. Teknologi ini membutuhkan sedikit ruang dan Anda bisa membayar sesuai kebutuhan.

2. Membuat Pekerjaan Efisien

Penggunaan data center sangat cepat, maka karyawan akan lebih mudah dalam bekerja. Hal ini berdampak pada perusahaan yang akan mengirim layanan berkualitas untuk pelanggannya secara cepat dan tepat waktu.

3. Hemat Energi

Menggunakan data center pada perusahan Anda akan menghemat lebih banyak biaya. Saat ini biaya energi meningkat dan tidak bisa beroperasi tanpa daya. Data center tidak akan menyerap banyak kemampuan Anda sehingga Anda bisa lebih berhemat.

4. Manajemen Data yang Aman dan Mudah

Data center adalah sarana terbaik untuk menyimpan, mengamankan dan mengelola data pada bisnis dan usaha Anda. Data center bekerja menggunakan cloud yang membantu melindungi data dari peretas. Anda juga dapat melihat risiko yang ada pada data serta mengetahui bagaimana cara mencegahnya.

Data center bisa menjadi bagian dari kesuksesan suatu bangsa di masa depan. Nilai pasar global meningkat cepat dari perkiraan hingga tahun 2027. Di Indonesia, nilai teknologi meningkat karena tingginya jumlah penjual di media sosial. Sebagian besar perusahaan harus berinvestasi lebih ke data center karena mereka akan memperoleh lebih banyak manfaat.