Peran Data Center di Dunia Interkoneksi

neuCentrIX - 27/04/2022 13:00

Teknologi terus berubah-ubah sejak lebih dari satu dekade yang lalu dan permintaan informasi melesat tinggi. Dulu, masyarakat merasa cukup dengan siaran televisi sederhana yang hanya menawarkan beberapa saluran saja. Bahkan perusahaan menggunakan komunikasi yang sederhana juga. Namun bukan hal ini yang menjadi masalah sekarang.
Sejak internet muncul, sekarang semua orang bisa terhubung online dengan smartphone atau komputer mereka. Perusahaan juga berinvestasi di teknologi informasi dan komunikasi (ICT), khususnya data center dan jaringan, karena mereka memiliki transformasi digital yang besar. Selain itu, data center  juga penting bagi fungsi perusahaan di dunia interkoneksi.

Apa itu Data Center?
Data center adalah sarana dimana perusahaan mengoperasikan semua sistem IT dan tiap bit data yang terkumpul. Data center beroperasi untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses dan mendistribusikan jumlah data yang besar. Data center juga mengoperasikan jaringan, data backup dan pemulihan.

Data center paling banyak ditemukan di Belanda karena negara tersebut merupakan negara kedua di dunia yang memiliki koneksi internet. Karena itu, tiap perusahaan di negara ini butuh berinvestasi di ICT, khususnya data center dan jaringan. Selama beberapa dekade hingga sekarang, Belanda masih menjadi negara nomor satu dalam industri infrastruktur digital, jaringan dan konektivitas.

Mengapa Data Center Penting?
Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di data center, berikut keuntungan yang akan perusahaan Anda dapatkan:

1.    Hub Konektivitas
Data center akan memberikan kemampuan komputasi yang kuat yang membantu menghubungkan Anda dengan klien dan staff. Spesifikasi yang akan membantu adalah aplikasi-aplikasi yang berbeda, email, pengelolaan database dan pembagian file.

2. Memastikan Berkelanjutan
Data yang akan Anda proses dan penyimpanan di data center menjaga sektor supply-chain agar tetap hidup di perekonomian digital modern. Jika terdapat koneksi dan aliran data, perekonomian akan aktif setiap waktu. Jadi, pandemi seperti COVID-19 dan yang lainnya tidak bisa menghentikan pengoperasian bisnis yang berjalan setiap hari. Data center memastikan keberlanjutan dengan dukungan cloud, penyedia layanan, layanan kolokasi dan perlengkapan data center lainnya.

3. Pintu Gerbang Digital 
Konsentrasi besar data center di Belanda bukan hanya sebagai pintu gerbang menuju Eropa namun juga bagian-bagian lain di dunia seperti Indonesia. Data center dapat menghasilkan kemampuan pekerjaan yang game-changing, keuntungan pajak komersial dan kesetaraan. Semua itu bisa menghasilkan dorongan perekonomian besar kepada negara dan warga negara lain.

4. Menghasilkan Lapangan Pekerjaan
Sekarang data center menjadi inti dari banyak platform digital. Perusahaan akan selalu membutuhkan orang-orang yang terampil untuk mengelola sistem. Pada akhirnya, semakin banyak penghasilan yang didapatkan, maka perekonomian akan semakin berkembang. Penelitian yang dilakukan oleh RTI Inc. menjelaskan bahwa setidaknya terdapat lima jenis pekerjaan yang dibuat oleh data center di setiap lokasinya.

Kesimpulannya, data center memegang peran penting di perekonomian digital, khususnya membantu berbagai macam bisnis menjalankan pengoperasiannya setiap hari. Data center menyediakan penyimpanan data, komunikasi dan transfer cepat. Karena itu, perusahaan butuh mempertimbangkan data center karena performanya, penggunaan energi dan kemampuannya melindungi data rahasia.