4 Peran Penting Cloud Computing dalam Manajemen HR

neuCentrIX - 24/02/2022 10:00

Cloud computing telah mengubah cara banyak perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Hampir setiap departemen dapat ditingkatkan oleh cloud, termasuk departemen HR. Saat ini, cloud computing di departemen HR telah menggantikan proses konvensional dan hal-hal manual dengan sistem otomatis yang lebih efisien dan produktif, mendorong nilai sebuah bisnis.

Namun, apa sebenarnya yang dapat dilakukan cloud computing untuk membantu manajemen HR perusahaan Anda? Mari kita lihat lebih dekat empat cara yang dilakukan cloud computing dalam mempengaruhi manajemen HR Anda.

Membantu menyederhanakan proses rekrutmen.

Saat ini, cloud computing mampu membantu departemen HR memberikan pengalaman kandidat yang lebih baik. Pertama, cloud computing menawarkan kenyamanan serta efektivitas dalam hal data perusahaan dan kolaborasi. File dan dokumen yang disimpan di cloud dapat dengan mudah diklasifikasikan, dibagikan, diambil, dan diperbarui—dengan setiap tindakan yang dilakukan direkam dan diberi stempel waktu untuk memudahkan pelacakan.

Hal ini memungkinkan tim HR Anda merekrut orang-orang terbaik untuk perusahaan. Proses rekrutmen bisa memakan waktu lama dan berorientasi pada detail. Oleh karena itu, proses yang membingungkan dapat membuat kandidat menunggu lama dan merasa tidak puas. Cloud computing mampu menyederhanakan proses rekrutmen dan memudahkan semua orang yang terlibat untuk merujuk pada data untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Membantu merampingkan tugas-tugas data-heavy.

Percaya atau tidak, HR adalah departemen data-heavy. Para perekrut mungkin harus menangani ratusan lamaran setiap hari. Mereka harus menyaring dan memindai setiap resume untuk membuat shortlist. Ada juga data karyawan, pengajuan absen, informasi penggajian, permintaan hari libur, tinjauan kinerja, umpan balik karyawan, dan tugas lain yang melibatkan volume data yang sangat besar.

Di masa lalu, tugas-tugas data-heavy itu harus dilakukan secara manual. Sementara di zaman sekarang ini, cloud computing telah memungkinkan tugas-tugas itu dilakukan secara otomatis. Dengan sistem otomatisasi HR berbasis cloud, karyawan Anda bahkan dapat memperbarui formulir data karyawan mereka sendiri. Sistem akan secara otomatis menyimpan perubahan dan memperbarui data yang disimpan di cloud. Karyawan Anda juga dapat menandatangani berbagai dokumen secara virtual, seperti kode etik perusahaan dan buku pegangan karyawan.

Mengotomatiskan proses rekrutmen mampu menghilangkan sejumlah besar dokumen. Hal ini memudahkan tim HR Anda untuk memfokuskan waktu dan sumber dayanya pada tugas yang lebih strategis dan produktif.

Membantu meningkatkan fleksibilitas dan kegesitan proses HR.

Memindahkan proses inti HR ke cloud memungkinkan perusahaan Anda menjadi lebih fleksibel, terutama jika karyawan Anda bekerja jarak jauh. Cloud computing memungkinkan tim HR menjadi lebih responsif dan gesit dengan memastikan data terintegrasi sekaligus menghilangkan batasan tumpukan dokumen yang ada sebelumnya. Anggota tim HR Anda sekarang dapat mengakses data dengan lebih mudah, menanggapi permintaan karyawan dengan cara yang lebih praktis, dan menyelesaikan tugas harian mereka dengan lebih cepat kapan saja dan dari mana saja.

Ketika data menjadi lebih mudah diakses oleh mereka, karyawan dapat memiliki lebih banyak keterlibatan dalam pekerjaan mereka sendiri, termasuk dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih bahagia dan lebih terlibat dengan perusahaan yang dapat meningkatkan retensi karyawan Anda.

Membantu memfasilitasi pembelajaran dan pengembangan karyawan

Saat menerapkan model kerja jarak jauh, perusahaan mulai beralih dari metode manual dan pelatihan tatap muka ke metode e-learning. Perangkat lunak HR modern berbasis cloud memfasilitasi proses pelatihan Anda dengan menyediakan pusat materi pelatihan dalam bentuk pelajaran online, video, presentasi, file audio, dan masih banyak lagi. Selain itu, video VR juga semakin populer di industri pembelajaran.

Dengan fleksibilitas ini, perusahaan Anda dapat menarik pelamar yang diinginkan dan meningkatkan produktivitas karyawan dengan menghargai kinerja dan mendukung karyawan dengan peralatan yang dapat mendukung perusahaan untuk tumbuh.

Itulah empat peran cloud computing dalam meningkatkan manajemen HR Anda. Karena cloud akan tetap ada, memanfaatkannya di departemen HR akan membantu Anda mengembangkan bisnis secara strategis dalam jangka panjang.