3 Cara Content Delivery Network dalam Mendukung SEO Anda

neuCentrIX - 30/12/2021 11:32

Saat ini, Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi bagian mendasar dari pemasaran digital. Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu berharap situs Anda terlihat di halaman pertama Google untuk memastikan pelanggan dapat dengan mudah menemukan penelusuran produk atau layanan yang terkait dengan bisnis Anda. Inilah sebabnya, SEO Anda harus bekerja secara maksimal.

Di antara berbagai cara untuk meningkatkan SEO Anda, memanfaatkan CDN (Content Delivery Network) adalah salah satu cara yang paling efektif. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana CDN dapat mendukung SEO Anda.

Bagaimana SEO bekerja?
SEO adalah proses memperbaiki situs Anda untuk meningkatkan visibilitas dan peringkatnya di mesin pencari seperti Google. Visibilitas yang lebih besar dan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian membantu Anda menempati posisi di puncak persaingan, mendapatkan lebih banyak perhatian, menarik lebih banyak pelanggan, dan meraih lebih banyak pendapatan serta keuntungan bisnis.

Jika mengutip Semrush, SEO diartikan sebagai praktik untuk membuat mesin pencari lebih yakin dalam merekomendasikan konten Anda sebagai solusi paling baik, tepercaya, dan komprehensif untuk menjawab persoalan pengguna pelanggan. Bot mesin pencari akan melakukan “crawl” website untuk mengumpulkan informasi dan membuat indeks. Algoritma mesin pencari kemudian meninjau indeks berdasarkan berbagai faktor untuk menentukan halaman akan muncul di search engine results pages (SERPs).

Terkait SEO, konten adalah kunci untuk meningkatkan situs Anda. Oleh karena itu, upaya meningkatkan SEO yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten berkualitas tinggi dan menyebarkannya dengan cepat dan lancar. Jika situs Anda menawarkan konten yang menjawab pertanyaan orang, konten tersebut akan muncul di bagian atas SERPs. Hal ini memungkinkan situs dan bisnis Anda menjadi lebih menarik di antara pelanggan.

Bagaimana CDN membantu SEO Anda?
Berbicara tentang pengiriman konten berarti berbicara tentang Content Delivery Networks (CDN). CDN dapat membantu SEO Anda melalui tiga cara.

1. CDN meningkatkan kecepatan dan performa situs Anda.
Kecepatan memuat halaman website selalu menjadi faktor SEO yang penting, terutama karena hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna saat mereka menikmati konten Anda. Terlebih, sejak tahun 2018, kecepatan halaman secara resmi menjadi faktor peringkat untuk pencarian seluler Google.

CDN memiliki distribusi geografis dan kemampuan caching konten yang membantu Anda mengurangi waktu muat halaman dan meningkatkan performa situs, memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, mengurangi tingkat bounce, dan meningkatkan rasio konversi.

2. CDN mencegah duplikasi konten.
Dari perspektif SEO, duplikasi konten harus dihindari dengan cara apa pun karena algoritma peringkat Google diketahui dapat memberikan hukuman kepada website karena konten duplikat. Sebagian besar kasus duplikasi konten disebabkan oleh sesuatu yang disebut Scraping Bots. Bot ini menelusuri situs Anda, menyalin teks Anda dan menerbitkannya dengan nama domain yang berbeda, terkadang mengacaknya dalam proses. Intinya, mereka akan mencuri konten Anda, dan kemungkinan besar Anda tidak akan mengetahuinya.

CDN menggunakan algoritma caching dan canonical headers untuk membantu Anda menolak konten duplikat. Fitur-fitur ini dapat membantu meningkatkan SEO website Anda.

3. CDN membantu meningkatkan kepercayaan dan peringkat otoritas situs Anda.
Ada beberapa faktor yang dapat merusak kepercayaan terhadap situs Anda, dua di antaranya adalah pengalaman pengguna yang buruk dan spam tautan. Pengalaman pengguna yang kurang menyenangkan, yang dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk website mogok selama lalu lintas yang padat dan serangan DDoS, dapat membuat situs Anda terlihat kurang menarik – lemah, tidak terkelola dengan baik, dan tidak profesional.

CDN memiliki kemampuan untuk mendistribusikan dan menyeimbangkan beban di antara server di jaringannya. Fitur ini membantu Anda mencegah kerusakan dan kelebihan server selama waktu puncak dan lonjakan lalu lintas, seperti peluncuran produk, periode promosi, atau viral campaigns. CDN juga membantu mencegah serangan DDoS.

Haruskah Anda menggunakan CDN untuk meningkatkan SEO Anda?
Tentu! CDN menawarkan sejumlah keuntungan besar bagi SEO Anda. Namun, kami memahami bahwa Anda mungkin bertanya apakah ada kekurangan dalam menggunakan CDN. Jawabannya adalah iya. Memang terdapat beberapa masalah umum dalam implementasi CDN yang perlu Anda waspadai, seperti konfigurasi yang sulit dan pengaturan kustomisasi yang menantang, ketidakcocokan dengan ISP Anda, dan biaya tambahan. Untungnya, masalah ini cukup sederhana untuk dipecahkan jika Anda mampu menjaga komunikasi dengan baik dan memiliki alokasi anggaran yang tepat dengan kebutuhan implementasi CDN dalam bisnis Anda. Ketahui lebih lanjut bagaimana layanan CDN dari  neuCentrIX dapat membantu bisnis Anda di link berikut Keunggulan Neucentrix sebagai penyedia layanan cdn terbaik bagi bisnis anda